Beranda Dunia Kampus Biaya kuliah farmasi kampus swasta di Indonesia, Simak Rinciannya
apoteker

Biaya kuliah farmasi kampus swasta berikut ini bisa menjadi pertimbangan, bila anda lebih tertarik kuliah di perguruan tinggi atau kampus swasta dibandingkan negeri. Ada beberapa pertimbangan bagi seseorang untuk memilih kampus swasta seperti jam kuliah yang lebih fleksibel hingga pertimbangan jarak tempat tinggal dan rumah.

apoteker
ilustrasi apoteker

Pada artikel ini diurakan secara lengkap mulai dari mengenal jurusan farmasi, apa yang dipelajari, kampus atau universitas yang membuka, hingga tentunya inti yang kita bahas yakni biaya yang diperlukan untuk kuliah farmasi kampus swasta di Indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Mengenal jurusan farmasi

Farmasi merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari tentang obat-obatan. Jurusan ini merupakan gabungan dari multidisiplin ilmu antara lain biologi, kesehatan, serta kimia. Umumnya jurusan farmasi berada di fakultas farmasi maupun FMIPA.

Apa yang dipelajari di jurusan farmasi

obat
gambar obat

Ketika kamu kuliah di jurusan farmasi nantinya akan menjumpai mata kuliah seperti diantaranya farmasetika dasar, biokimia, farmakologi dasar, toksikologi, anatomi dan fisiologi manusia, serta mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan obat-obatan.
Kampus swasta yang membuka jurusan farmasi

Ada banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang membuka jurusan farmasi. Namun pada artikel ini diuraikan beberapa kampus saja. Untuk referensi kampus lainnya yang membuka jurusan ini, anda bisa melihatnya langsung di internet.

Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA)

Universitas Pancasila

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Baca Juga: Jurusan yang banyak dicari di masa depan

Biaya untuk kuliah farmasi di kampus swasta

Untuk biaya kuliah jurusan farmasi di perguruan tinggi swasta berbeda-beda bergantung dengan kampusnya. 4-7 juta per semester dengan sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Sebagai pertimbangan, berikut ini beberapa rincian biaya di beberapa kampus yang membuka jurusan farmasi yang penulis dapatkan di situs kampus masing-masing.

Biaya kuliah farmasi di UAD

Biaya kuliah farmasi kampus swasta di universitas ahmad dahlan
Sumber: UAD

Biaya kuliah farmasi di Sanata Dharma

Biaya kuliah farmasi kampus swasta di sanata dharma
Sumber: USD

Biaya kuliah farmasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Biaya kuliah farmasi kampus swasta ums
sumber: UMS

Lulusan farmasi kerja dimana?

farmasi
ilustrasi apoteker

Seseorang yang telah lulus kuliah farmasi terbuka untuk bekerja di bidang yang berkaitan dengan obat seperti diantaranya:

Apotek

Laboratorium

Rumah Sakit

BPOM

Demikianlah informasi mengenai biaya kuliah farmasi kampus swasta yang ada di Indonesia. Semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi anda yang ingin masuk jurusan tersebut. Apabila anda terbantu dengan adanya artikel ini jangan lupa untuk membagikan kepada orang lain.

Baca Juga  5 Mindset Tentang Kuliah Yang Perlu Kamu Hindari
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search