Menjaga Kesehatan Anak Di Rumah: Lakukan 10 Tips Sederhana Ini Supaya Anak Anda Tetap Sehat

By | Juni 10, 2017

Anak merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga dan dirawat. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan tumbuh kembang dan kesehatan anak dengan mencoba untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuhnya guna menghindarkan dia dari penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa tips sederhana menjaga kesehatan buah hati berikut ini, sehingga dia tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Buah Hati

1. Pastikan rumah selalu bersih
Lingkungan rumah menjadi lokasi anak untuk bereksplorasi melakukan berbagai kegiatan bermainnya. Untuk itu, dalam tips sederhana Anda diminta untuk selalu menjaga kebersihan rumah, sehingga anak akan bisa beraktivitas pada lingkungan sehat dan terhindar dari penyakit.

2. Kebersihan tubuh pun juga perlu diperhatikan
Untuk menjaga kesehatan buah hati, maka hal penting yang perlu Anda ajarkan adalah dengan selalu membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas. Dengan cara ini, maka anak akan terhindar dari penyakit karena virus dan kuman yang ada di tangan selepas bermain.

3. Berikan makanan yang sehat
Sedangkan untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak, maka pastikan Anda memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Pastikan Anda tidak membiarkan anak Anda untuk selalu membeli jajan di luar, mengingat tidak semua makanan di luar sehat.

Baca Juga  Mirip tetapi berbeda: Perbedaan Guru dan Pendidik

4. Tingkatkan daya tahan tubuhnya
Kebutuhan vitamin dan nutrisi harian lainnya memang sangat penting untuk diperhatikan guna menjaga dia agar tidak mudah sakit. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan supplement vitamin ataupun buah dan camilan bergizi lainnya.

5. Pastikan dia istirahat yang cukup
Seorang anak memiliki energi yang berlebih dan akan sulit untuk diminta istirahat. Hal ini terbilang wajar dan untuk memastikan dia memiliki waktu istirahat cukup, pastikan dia untuk tidak melakukan aktivitas berlebih dan selalu pergi tidur tepat waktu di malam hari.

6. Berikan peralatan makan bersih
Untuk menjaga kesehatan anak, maka memastikan segala peralatan makannya dalam keadaan bersih merupakan suatu hal yang sangat penting. Pastikan Anda selalu mencuci peralatan makannya dengan sabun dan mengelapnya sebelum menggunakannya sebagai wadah makanan.

7. Perhatikan saat menyusui
Jika Anda masih melakukan kegiatan menyusui anak Anda, maka pastikan Anda selalu dalam kondisi bersih. Namun, jika masih menggunakan botol dot, pastikan botol tersebut dalam kondisi yang steril.

8. Sediakan obat-obatan untuk dirinya
Ketersediaan kotak P3K merupakan hal wajib untuk Anda miliki, karena anak selalu melakukan kegiatan yang terkadang membahayakan dirinya hingga terjatuh. Dalam tips sederhana ini pastikan Anda memiliki obat-obatan lengkap guna mengantisipasi hal tidak diinginkan.

9. Jadilah sosok yang siaga dan sigap
Hal yang semacam ini sudah selayaknya dilakukan agar anak tetap sehat. Jika tiba-tiba anak jatuh sakit, pastikan Anda memiliki dokter pribadi yang akan menjadi tujuan anak Anda berobat, sehingga secara tidak langsung kesehatan anak akan terpantau.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

10. Biasakan ajak dia berolahraga
Untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, ajaklah dia melakukan aktivitas olahraga ringan. Berlari di halaman belakang ataupun mengajak jalan-jalan di sekitar komplek bisa menjadi pilihan untuk anak Anda.

Memiliki anak, berarti Anda juga harus memberikan perhatian ekstra kaitannya dengan kesehatan anak. Cara ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips yang tersebut di atas. Dengan cara ini, maka anak akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

One thought on “Menjaga Kesehatan Anak Di Rumah: Lakukan 10 Tips Sederhana Ini Supaya Anak Anda Tetap Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *