10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

By | Juni 10, 2017

Anak kecanduan game via postemi.com

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, game menjadi trend permainan anak yang paling banyak diminati. Hal ini dikarenakan oleh menghilangnya eksistensi permainan tradisional yang kemudian marak munculnya game baik itu online ataupun offline. Dengan membiarkan anak terbiasa sering bermain game, maka hal ini justru menjadikan dia kecanduan game.

Untuk mengatasi hal itu, berikut tips menghindarkan buah hati dari perilaku bermain game yang berlebih.

Tips Menghindarkan Buah Hati Dari Perilaku Bermain Game Yang Berlebih

  1. Berlakukan batasan bermain game

Memberikan batasan waktu untuk bermain game merupakan cara yang tepat agar anak tidak berlama-lama berada di depan gadget untuk memainkan game. Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi durasi waktu bermain game dari hari ke hari.

  1. Berikan toleransi bermain game setelah tugas selesai

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindarkan kecanduan game adalah dengan memberikan izin kepada buah hati untuk bermain game dengan syarat tugas sekolah telah selesai. Hal ini akan mendidik buah hati menjadi disiplin.

  1. Larang anak menyimpan peralatan video game di kamar

Aktivitas tidur tidak boleh terganggu dengan permainan game. Hal semacam inilah yang menjadikan buah hati menjadi sosok game addict. Pastikan sebelum tidur meminta game tersebut dan menyimpannya di tempat terpisah.

Baca Juga  5 Hal Yang Sebaiknya Dihindari Guru Muda Dalam Mengajar Siswa
  1. Batasi pemberian uang jajan

Sering kali uang jajan yang diberikan akan digunakan untuk kepentingan bermain game. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengurangi jumlah uang jajan untuk buah hati, sehingga perilaku game addict bisa diminimalisir.

  1. Libatkan pada kegiatan ekstrakurikuler

Untuk membuat anak tidak kecanduan game, maka anda bisa mencoba membuat dirinya sibuk melalui keterlibatannya dengan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan cara ini, maka dia akan berfokus pada kegiatan positif.

  1. Kenalkan dampak buruk video game

Member nasihat kaitannya dengan dampak buruk video game pada buah hati akan menjadi solusi tepat. Cara ini bisa dilakukan ketika anda sedang memiliki waktu luang bersama dia.

  1. Cobalah mengalihkan perhatian buah hati

Seringnya bermain game membuat buah hati menjadi lebih terfokus pada kegiatan tersebut. akan jauh lebih baik jika anda mengalihkannya dengan mengajaknya untuk bermain bersama anggota keluarga lainnya.

  1. Berikan game edukatif

Sebagai proses mendidik buah hati, akan lebih baik jika anda memberikan game edukatif yang melatih kemampuan berfikirnya. Puzzle ataupun game sejenis lainnya bisa dijadikan sebagai alternative solusi untuk melatih kecerdasannya.

  1. Libatkan pada kegiatan bimbingan belajar

Perihal lain yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan fokus pikiran anak pada game adalah dengan melibatkan pada kegiatan bimbingan belajar. Cara ini diyakini akan membantu meningkatkan prestasi dibandingkan menghabiskan waktu sia-sia.

Baca Juga  5 Macam Metode Pembelajaran: Kelebihan dan Kekurangannya.
  1. Berikan perhatian lebih padanya

Membiarkan buah hati bermain sendiri akan memberikan peluang menjadi sosok yang kecanduan game. Untuk itu, pastikan anda memberikan perhatian lebih agar dia tidak merasa bosan dan beralih pada bermain game.

Permasalahan kecanduan game akan menjadi persoalan yang memprihatinkan ketika tidak ditangani dengan benar. Menjadi malas dan tidak bisa mengatur waktu merupakan dampak negatif atas kebiasaan ini. untuk itu, sebagai orang tua, pastikan anda selalu memberikan batasan dan perhatian pada buah hati dalam bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *