Beranda Pendidikan 5 Gaya Hidup Positif Yang Perlu Dikenalkan Anak Sejak Dini

Beberapa gaya hidup positif ini bisa diterapkan anak sejak dini supaya mereka dapat hidup dengan lebih baik ketika menginjak dewasa. Apabila dikenalkan sejak kecil, gaya hidup ini akan membudaya pada diri anak.

Tantangan di masa depan dengan segala pola perilaku konsumtif maupun perilaku buruk yang merugikan di kemudian hari, untuk itu orang tua perlu memperkenalkan gaya hidup yang bermanfaat bagi anak.

Lalu gaya hidup positif apa saja yang perlu dikenalkan pada anak sedini mungkin? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda.

gaya hidup positif
gaya hidup positif via goodnewsfromindonesia.id

1. Minimalisme

Minimalisme merupakan gaya hidup yang sedang tren saat ini. Gaya hidup ini menekankan pada kehidupan yang sederhana yang mana kita hidup hanya menggunakan barang-barang yang kita butuhkan saja. Sehingga orang yang menganut gaya hidup ini akan menyingkirkan atau menjual barang yang sudah tidak terpakai dalam jangka waktu tertentu.

Segi positif dari menerapkan gaya hidup minimalis adalah tidak banyak barang yang mana kita akan lebih mudah dalam menanta dan produktifitas akan lebih meningkat. Karena banyak manfaat yang didapatkan untuk itu penting memperkenalkan anak sejak dini.

2. Frugal living

Frugal living merupakan gaya hidup yang dijalani seseorang untuk hidup secara hemat serta mengontrol keinginan demi mencapai tujuan tertentu. Frugal living memungkinkan seseorang secara sadar untuk memprioritaskan sesuatu yang menjadi kebutuhan.

Orang dengan gaya hidup ini biasanya sangat menghindari berhutang, membeli barang berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan, mereka sangat memperhatikan segala jenis pengeluaran demi tujuan yang lebih besar di masa depan. Karena banyak manfaat dengan menjalani frugal living, untuk itu juga penting dikenalkan pada anak.

3. Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat. Beberapa manfaat yang didapatkan ketika olahraga diantaranya suasana hati menjadi lebih baik, kondisi fisik menjadi bugar, dan olahraga juga membuat tubuh seseorang terjaga atau menghindari kegemukan.

Olahraga perlu dikenalkan sejak dini pada anak agar anak di kemudian hari terbiasa dengan kegiatan ini dan menjadi budaya untuk hidup sehat.

Ada banyak olahraga yang bisa dikenalkan, namun akan lebih baik bila olahraga tersebut yang disukai anak.

4. Membeli pengalaman daripada barang

Membeli pengalaman daripada barang bisa menjadi gaya hidup seseorang yang positif. Contoh membeli pengalaman misalnya pergi berwisata, mengikuti kursus maupun les untuk mengupgrade diri sendiri dari pada membeli barang yang mungkin tidak kita butuhkan.

5. Cinta alam

Kegiatan cinta alam bisa dikenalkan pada anak sejak dini dengan mengajak anak pergi ke tempat-tempat misalnya pantai, gunung, maupun hutan. Dengan begitu anak akan lebih belajar untuk menghargai alam.

Demikianlah gaya hidup positif dan modern yang baik untuk dikenalkan pada anak sejak dini. Apabila anda rasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan pada orang lain, terima kasih.

Baca Juga  6 cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan otak anak
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search