5 Cara Kuliah Dengan Biaya Murah: Ini Usaha Yang Bisa Dilakukan

By | Juni 21, 2021

Kuliah dengan biaya murah tentunya menjadi dambaan setiap orang. Dengan jaman yang semakin maju, banyak orang berlomba-lomba untuk kuliah setinggi-tingginya. Bukan tanpa alasan saat ini dalam dunia kerja banyak membutuhkan tenaga ahli dengan status pendidikan minimal tertentu.

Apabila dahulu masih banyak sektor pekerjaan yang mengisyaratkan calon karyawan bersekolah minimal SMA. Berbeda dengan sekarang yang rata-rata perusahaan membutuhkan karyawan minimal bergelar Sarjana, yang mana untuk mendapatkanya harus melalui bangku perkuliahan.

Kuliah memang bukan syarat utama agar seseorang dapat sukses. Namun dengan kuliah, seseorang dilatih untuk berfikir kritis dan menggunakan logika dengan baik. Disamping itu dengan kuliah dapat menambah jaringan rekan baru sangat bermanfaat.

Cara Kuliah Dengan Biaya Murah
Ilustrasi mahasiswa via npr.org

Pekerjaan-pekerjaan bergengsi seperti guru, dokter, arsitek, dan bidang profesional lainnya juga bisa kita raih bila kita sudah dapat gelar yang diperoleh di tingkat perguruan tinggi. Oleh sebab itu tidak ada jalan lain bila ingin bekerja menjadi salah satu profesi tadi harus kuliah terlebih dahulu.

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, tetapi terkendala dengan biaya atau keungan. Berikut ini langkah atau cara yang bisa dilakukan supaya kita dapat kuliah dengan biaya yang murah dan terjangkau.

Cara Kuliah Dengan Biaya Murah

1. Mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN

Langkah yang bisa kita lakukan agar bisa kuliah dengan biaya yang lebih murah adalah dengan mengikuti seleksi bersama yang dilakukan oleh Negara. Seleksi tersebut antara lain SNMPTN dan SBMPTN dimana sekarang sudah diberlakukan UKT dan setiap orang berbeda sesuai dengan kemampuan keuangan dan penghasilan keluarga masing-masing.

Baca Juga: Universitas yang membuka jurusan PLB

2. Masuk jalur prestasi

Jalur prestasi ini bisa dimanfaatkan supaya dapat kuliah dengan lebih hemat. Tetapi syarat untuk mengikuti seleksi jalur prestasi tidaklah mudah. Calon mahasiswa harus memiliki prestasi tertentu baik di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional yang dapat dibuktikan, bisa dibidang olahraga, kesenian, olimpiade, maupun bidang lain.

Baca Juga  Mengenal Pola Asuh Helicopter Parenting dan Dampak Buruknya

3. Pilih jurusan dengan biaya yang rendah

Di dalam perguruan tinggi terdapat banyak jurusan. Bahkan jurusan-jurusan tertentu untuk masuk kedalamnya membutuhkan biaya yang tinggi seperti contohnya saja kedokteran, teknik, atau jurusan yang membutuhkan biaya besar saat praktek. Maka dari itu kita bisa memilih jurusan dengan biaya yang rendah dengan melihat informasi di kampus.

4. Pilih kampus yang dekat dengan tempat tinggal

Cara yang selanjutnya adalah memilih kampus yang dekat dengan tempat tinggal. Kita tahu bahwa ketika berkuliah jauh dengan tempat tinggal perlu membutuhkan biaya tambahan seperti biaya sewa kost, transportasi, konsumsi, dan biaya lainnya. Oleh karena itu supaya lebih murah lebih baik berkuliah di dekat tempat tinggal misalnya masih berada dalam satu Kabupaten atau Provinsi.

5. Cari beasiswa

Langkah terakhir supaya bisa kuliah dengan biaya murah adalah dengan mencari beasiswa. Ada beasiswa yang bisa memangkas uang kuliah, bahkan ada beasiswa dimana kita bisa kuliah dengan gratis. Kuncinya kita harus rajin mencari informasi mengenai beasiswa ini.

Baca Juga: Tips diterima kuliah di jurusan PLB

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan di situs ini, terima kasih dan salam pendidikan.