5 Tips Agar Kamu Diterima Di Jurusan PLB (Pendidikan Luar Biasa)

By | Mei 14, 2020

Pendidikan luar biasa atau disingkat PLB adalah suatu layanan pendidikan bagi siswa anak berkebutuhan khusus. Sebagian besar lulusan jurusan PLB menjadi guru SLB, disamping itu ada yang menjadi guru pembimbing khusus di sekolah inklusi, maupun menjadi terapis bagi anak berkebutuhan khusus.

Sekarang jurusan ini mulai banyak dikenal masyarakat, sehingga lulusan dari jurusan PLB sudah cukup banyak. Universitas-universitas di Indonesia baik yang berstatus negeri maupun swasta yang membuka jurusan PLB juga mulai banyak.

diterima di jurusan PLB
Ilustrasi mahasiswa sedang kuliah via wesley.edu

Bila anda tertarik untuk masuk di jurusan ini anda bisa baca terlebih dahulu suka duka masuk jurusan PLB. Bila anda sudah mantab untuk kuliah di jurusan PLB, berikut ini adalah tips agar kamu diterima di jurusan PLB berdasarkan pengalaman penulis yang juga kuliah di jurusan ini.

Lakukan beberapa hal berikut agar kamu diterima di jurusan PLB

1. Belajar dengan giat saat di sekolah menengah atas

Ketika ingin masuk ke perguruan tinggi, kita harus belajar dengan giat di SMA maupun SMK, atau jenjang yang setara. Karena dahulu terdapat seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur undangan. Sehingga maksimalkan dirimu agar bisa diterima melalui jalur tadi. Untuk saat ini jalur masuk tersebut kurang tahu masih ada atau tidak atau diganti dengan istilah lain.

2. Mencari perguruan tinggi yang diinginkan

Dari jauh-jauh hari sebaiknya kita meluangkan waktu untuk melihat-lihat perguruan tinggi yang menjadi keinginan kita. Pertimbangannya bisa karena akreditasi, maupun letak kota dimana perguruan tinggi berada.

Pastikan universitas tersebut membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Sebagai pertimbangan berikut ini adalah daftar perguruan tinggi negeri yang membuka PLB maupun perguruan tinggi swasta yang membuka PLB.

Baca Juga  Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus ABK Untuk Konferensi Kasus

3. Daftar dengan memilih jalur yang tepat pada perguruan tinggi yang dipilih

Untuk diterima di perguruan tinggi terntunya adalah mendaftar terlebih dahulu. Namun sebelumnya tentukan dahulu jalur masuk yang kamu inginkan ataukan jalur seleksi bersama yang dilakukan oleh pemerintah, ataupun jalur mandiri yang dilakukan setiap perguruan tinggi masing-masing.

Kamu bisa mencoba dengan seleksi bersama terlebih dahulu, tetapi bila gagal segera mencari info di jalur seleksi mandiri yang dilakukan perguruan tinggi yang menjadi tujuanmu. Jangan pasif ya, kamu harus aktif mencari informasi dan jadwal biasanya di website-website sudah ada.

4. Persiapkan diri dengan belajar bila jalur masuk yang dipilih terdapat ujian

Jalur masuk perguruan tinggi ada beberapa macam dan setiap jalur berbeda-beda, penulis dahulu masuk ke jurusan PLB melalui jalur mandiri. Dimana universitas yang menjadi tujuan saya mengadakan ujian untuk menyeleksi. Disitu saya memerlukan persiapan belajar agar bisa mengerjakan soal ujian dengan lebih baik.

5. Berdoa pada Tuhan dan meminta restu orang tua

Bagian ini kadang sering lupa, namun doa dan restu orang tua merupakan hal yang sangat penting. Terus berdoa dan meminta restu orang tua supaya kita bisa menjalani setiap proses dengan baik dan dipermudah segala urusan kita. Dengan melakukan hal tadi akan membuat jiwa kita lebih tentram dan damai.

Itulah beberapa tips supaya kamu bisa diterima di jurusan PLB. Semoga apa yang kalian cita-citakan untuk mengembangkan anak berkebutuhan khusus bisa tercapai. Sekian artikel dari aku, semoga bermanfaat dan menjadi gambaran bagi kamu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *