11 PTN Yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Indonesia

By | Oktober 27, 2019

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) atau saat ini orang banyak juga menyebut Pendidikan Khusus di Indonesia saat ini masih terbatas. Tetapi bila dilihat peminat pada jurusan ini semakin meningkat setiap tahunnya.

PTN yang membuka jurusan PLB
Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Luar Biasa sendiri merupakan sebuah layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Bila anda berminat untuk masuk jurusan tersebut, tetapi masih bingung dimana saja PTN yang membuka, silahkan simak artikel ini.

PTN yang membuka jurusan PLB:

1. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) berlokasi di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Merupakan salah satu kampus yang sudah cukup lama membuka jurusan PLB di daerah Sumatera. Kampus ini dapat menjadi opsi bagi anda yang ingin menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus.

Akreditasi: B

Daya tampung: 64 (SBMPTN)

Situs resmi: unp.ac.id

2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Provinsi Banten. Nama kampus ini sendiri diambl dari nama Sultan Banten, dan merupakan salah satu kampus yang membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa. Bagi anda yang tinggal di Banten dan sekitarnya maka kampus ini bisa menjadi pilihan.

Akreditasi: B

Daya tampung: 32 (SBMPTN)

Situs resmi: untirta.ac.id

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta

Perguruan Tinggi Negeri selanjutnya yang membuka jurusan pendidikan luar biasa adalah Universitas Negeri Jakarta atau populer disingkat UNJ. Kampus ini berada di Jakarta tepatnya di Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Bila anda tinggal di Jakarta maupun sekitarnya dan menginginkan masuk ke jurusan PLB, maka Universitas ini dapat dijadikan pilihan.

Akreditasi: A

Daya tampung jurusan: 60 (SBMPTN)

Situs resmi: unj.ac.id

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu perguruan tinggi pendidikan top di Indonesia yang juga membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Berada di Isola, Sukasari, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat , Kampus ini dapat menjadi pilihan anda yang ingin masuk menjadi calon pendidik bagi anak berkebutuhan khusus sambil menikmati keindahan Kota Bandung dan sekitarnya.

Baca Juga  Contoh Rapor Peserta Didik Sekolah Luar Biasa (SLB)

Akreditasi: A

Daya tampung: 90 (Total)

Situs resmi: upi.edu

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus ini merupakan salah satu kampus favorit di Daerah Provinsi Yogyakarta. Berada di Sleman, tepatnya di Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, DIY. UNY memiliki banyak jurusan yang salah satunya adalah Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Di jurusan tersebut anda dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar bagi anak berkebutuhan khusus yang terampil. Bila anda ingin masuk ke jurusan PLB serta tertarik menikmati keindahan Kota Jogja, maka anda dapat mendaftarkan diri ke kampus tersebut.

Akreditasi: A

Daya tampung: 80 (Total)

Situs resmi: uny.ac.id

6. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret merupakan salah satu Kampus yang populer di Indonesia. Kampus ini berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan beralamat di Pucangsawit, Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Di Universitas ini terdapat banyak Fakultas dan jurusan, salah satunya adalah Pendidikan Luar Biasa.Di UNS selain anda belajar menuntut ilmu, bisa juga berwisata mempelajari budaya Jawa sembari menikmati keindahan di Kota Solo.

Akreditasi: A

Daya tampung: 80 (total)

Situs resmi: uns.ac.id

7. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Di sini banyak terdapat Jurusan, salah satunya Pendidikan Luar Biasa. Kampus ini dapat menjadi salah satu pilihan bila anda ingin masuk jurusan PLB utamanya jika anda tingga di daerah Jawa Timur disamping kampus lain seperti UNESA.

Akreditasi: A

Daya tampung: 54 (SBMPTN)

Situs resmi: um.ac.id

8. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya

UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yang membuka jurusan PLB. Terletak di Lidah Wetan, Lakarsantri, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Kampus ini dahulunya merupakan IKIP Surabaya. Bila anda tertarik pada jurusan PLB, maka kampus ini dapat dijadikan pilihan bila anda tingga di Daerah Jawa Timur atau sekitarnya.

Baca Juga  5 Toko Yang Menjual Alat Bantu Dengar Di Jakarta

Akreditasi: A

Daya tampung: 41 (SBMPTN)

Situs resmi: unesa.ac.id

9. Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Universitas Lambung Mangkurat

Bagi anda yang tinggal di Pulau Kalimantan dan ingin kuliah di jurusan Pendidikan Luar Biasa maka Universitas Lambung Mangkurat dapat menjadi pilihan anda.  Kampus ini merupakan salah satu kampus Negeri yang berada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Disini anda akan belajar berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus (ABK)

Akreditasi: B

Daya tampung: 18 (SBMPTN)

Situs resmi: ulm.ac.id

10. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar adalah salah satu kampus Negeri yang berada di Tidung, Rappocini, Tidung, Rappocini, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Merupakan salah satu kampus yang membuka jurusan PLB yang berada di kawasan timur Indonesia. Bagi anda yang tingga di daerah Sulawesi dan wilayah timur maka perguruan tinggi ini dapat anda jadikan pilihan.

Akreditasi: A

Daya tampung: 44 (SBMPTN)

Situs resmi: unm.ac.id

11. Universitas Negeri Manado (UNIMA)

Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado adalah salah satu Universitas yang berstatus Negeri yang berada di Koya, Tondano Selatan, Tondano Sel., Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Di UNIMA terdapat banyak jurusan, yang didalamnya juga terdapat jurusan PLB. Disini anda akan belajar untuk menjadi pendidik bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang profesional.

Akreditasi: B

Daya tampung: 16 (SBMPTN)

Situs resmi: unima.ac.id

Demikianlah deretan PTN yang membuka jurusan PLB atau Pendidikan Khusus. Anda Juga dapat membaca artikel lainnya tentang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang membuka Jurusan PLB. Semoga bermanfaat, terima kasih.

3 thoughts on “11 PTN Yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Indonesia

  1. Pingback: 5 Universitas Yang Membuka S2 PLB (Pendidikan Luar Biasa) di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *