Jalur Masuk Kuliah S1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

By | April 30, 2019

Teman-teman berminat ingin masuk kuliah S1 di jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) tetapi masih bingung jalur apa saja untuk masuk jurusan tersebut?. Melalui artikel ini penulis menjelaskan beberapa jalur masuk kuliah di jurusan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus, semoga dapat menjawab rasa penasaran teman-teman.

Ilustrasi suasana kampus via uni-bonn.de

Namun sebelumnya penulis menjelaskan bahwa dalam artikel ini jalur masuk dikelompokkan menjadi dua antara lain untuk jalur masuk masuk jurusan PLB di perguruan tinggi Negeri maupun perguruan tinggi swasta, bergantung teman-teman ingin masuk kampus yang mana.

Jalur masuk pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

1. Jalur SNMPTN

Apabila anda ingin masuk jurusan Pendidikan Luar Biasa di kampus Negeri, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau orang biasa menyebut jalur undangan merupakan salah satu pilihan. Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada perhitungan nilai rapor, prestasi baik akademik maupun non akademik, serta akreditasi sekolah juga menjadi pertimbangan, jadi tanpa ujian tertulis.

Bagi anda yang tertarik ikut seleksi pada jalur ini dapat mendaftarkan diri pada panitia SNMPTN di sekolah masing-masing. Selanjutnya menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Informasi tambahan, bahwa jalur ini dapat diikuti bagi anda yang lulus pada tahun yang sama dengan pelaksanaan SNMPTN.

2. Jalur SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dahulu dinamakan SNMPTN tulis merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi Negeri dimana anda harus bersaing melalui ujian atau tes berbasis komputer, kemudian baru memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terdapat jurusan Pendidikan Luar Biasa bila anda menginginkan masuk jurusan tersebut.

Bila anda tertarik mengikuti pada jalur ini dapat memantau pelaksanaan SBMPTN di internet. Sekedar menambahkan untuk mengikuti seleksi pada jalur ini anda diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan.

Baca Juga  Evaluasi Atau Penilaian RPP Tematik K13 Sekolah Luar Biasa (SLB)

3. Jalur Seleksi Mandiri

Jalur seleksi mandiri dapat menjadi pilihan jika anda ingin masuk PTN selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi mandiri dilaksanakan secara mandiri sesuai kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Sekedar berbagi pengalaman penulis dahulu masuk jurusan PLB di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga melalui jalur ini.

Pada seleksi mandiri anda diharuskan bersaing dengan orang lain dengan ujian dan untuk masuk melalui jalur ini anda juga harus membayar biaya pendaftaran sesuai kebijakan masing-masing PTN. Yang perlu diperhatikan bila anda ingin masuk PLB pilihlah PTN yang membuka jurusan tersebut.

Baca juga Universitas yang membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Jalur masuk pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Untuk jalur masuk perguruan tinggi swasta mempunyai istilah bermacam-macam bergantung kebijakan kampus masing masing. Tetapi biasanya jalur masuknya antara lain sebagi berikut: 1. jalur minat, 2. jalur prestasi, 3. jalur reguler. Untuk detail pelaksanaan bergantung pada kampus masing masing, sehingga informasi-informasi dapat anda akses langsung ke website kampus yang menjadi tujuan anda.

Baca juga Perguruan tinggi swasta yang membuka S1 Pendidikan Luar Biasa  

Demikianlah artikel mengenai jalur masuk kuliah S1 Pendidikan Luar Biasa, semoga bermanfaat bagi anda yang tertarik masuk jurusan tersebut.

Sumber:

quipper.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *