Suka Duka Menjadi Mahasiswa PLB (Pendidikan Luar Biasa)

By | Mei 3, 2019

Kali ini penulis membahas apa saja suka duka menjadi mahasiswa PLB (Pendidikan Luar Biasa). Artikel ini ditulis untuk sekedar berbagi pengalaman ketika menjadi mahasiswa PLB di salah satu kampus di Yogyakarta selama kurang lebih empat tahun. Semoga bermanfaat bagi anda yang merasa tertarik dengan jurusan ini.

Pendidikan Luar Biasa via southeastpolk.org

Mengenal lebih dalam mengenai anak berkebutuhan khusus.

Ketika kuliah menjadi mahasiswa pendidikan luar biasa anda akan mempelajari seluk beluk mengenai anak berkebutuhan khusus dari tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tundaksa, autis, tunalaras, anak berkesulitan belajar spesifik, maupun cerdas istimewa. Mempelajari berbagai hal tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Mengunjungi berbagai SLB ketika melaksanakan observasi.

Banyaknya tipe-tipe kekhususan anak berkebutuhan khusus tidak dipungkiri bahwa mahasiswa biasanya mendapat tugas observasi atau pengamatan tentang anak berkebutuhan khusus tertentu, hal yang demikian membuat mahasiswa pendidikan luar biasa melaksanakan observasi di berbagai SLB yang terdapat anak berkebutuhan khusus yang dimaksud.

Kita merasa bisa lebih bersyukur.

Mengenal anak berkebutuhan khusus membuat kita merasa bersyukur. Dengan kondisi mereka yang mengalami hambatan namun tetap bertahan bahkan mampu membuktikan kemampuan yang unggul di bidang tertentu.

Bertemu teman baru dari berbagai daerah.

Kampus yang membuka PLB saat ini belum banyak, saat ini hanya beberapa universitas dan institut yang membuka jurusan ini. Anda dapat membaca universitas yang membuka PLB dan Kampus Swasta yang membuka PLB.

Belum banyaknya kampus yang membuka pendidikan luar biasa sehingga biasanya dalam satu kelas di kampus tertentu diisi mahasiswa dari berbagai daerah. Hal tersebut menyenangkan karena dapat bertukar budaya dan pengalaman.

Prospek kerja sangat baik

Lulusan PLB dipersiapkan untuk menjadi guru sekolah luar biasa (SLB). Tetapi selain itu dapat pula menjadi GPK atau guru pembimbing khusus di sekolah-sekolah inklusi.

Baca Juga  RPP ABK Tunadaksa SMPLB Tema Tata Surya Kelas VIII (8) di SLB

Dari berberapa hal membuat kita suka pada jurusan PLB, namun tetap ada sedikit duka yang dirasakan seperti pengalaman penulis berikut ini:

Ada saja orang yang bertanya “itu jurusan apa”

Belum setenar jurusan-jurusan yang banyak kita jumpai, membuat banyak orang belum familiar dengan jurusan PLB. Sehingga seringkali mahasiswa pendidikan luar biasa ketika menjelaskan jurusan PLB ditanya “itu jurusan apa?” sehingga kita harus menjelaskan pada orang tersebut. Tetapi jurusan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus ini saat ini sudah semakin dikenal karena mulai banyaknya kampus-kampus yang membuka jurusan ini.

Mempelajari disiplin ilmu yang cukup banyak

Pendidikan luar biasa adalah multidisiplin ilmu. Didalamnya terdapat ilmu-ilmu yang harus dipelajari oleh mahasiswa untuk mendukung penanganan bagi anak berkebutuhan khusus, contohnya saja seperti statistika, psikologi umum, BK ABK, Tumbuh kembang dan kesehatan anak, dan ilmu lainnya.

Melatih kesabaran disaat praktek pengalaman mengajar.

Ketika melaksanakan praktek mengajar akan terlatih kesabaran karena setiap siswa mengalami hambatan yang berbeda tingkah laku yang berbeda beda, baik yang tenang sampai yang hiperaktif. Namun itulah seni mengajar di sekolah luar biasa.

Suka duka menjadi mahasiswa PLB

Sekian terima kasih.

2 thoughts on “Suka Duka Menjadi Mahasiswa PLB (Pendidikan Luar Biasa)

  1. Pingback: Lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Kerja Apa? Simak 5 Peluang ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *