4 Pengertian Pendekatan BCCT Menurut Para Ahli

By | Mei 10, 2019

BCCT atau Beyond Center and Circle Time menurut Nidar (2009: 53), terjemahan dalam bahasa Indonesia “sentra dan lingkaran”. Merupakan suatu pendekatan dalam pendidikan anak usia dini dimana dalam pelaksanaannya anak dituntut aktif dan kreatif dalam kegiatan disentra-sentra, artinya anak aktif mencoba dan bereksperimen sendiri sehingga anak belajar dari pengalaman yang diperolehnya.

Ilustrasi Foto Anak Sedang Bermain via freepic.com

Menurut Depdiknas, (2006: 2), menguraikan pendekatan sentra dan lingkaran merupakan suatu pendekatan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang fokus pada anak, yang pada proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan menggunakan empat jenis pijakan antara lain: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main.

Berdasarkan pendapat Yuliani & Bambang (2010: 81), menjelaskan sentra merupakan pusat kegiatan belajar atau pusat sumber belajar yang merupakan suatu wahana yang sengaja didesain untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan pada anak usia dini.

Berdasarkan pendapat Suyadi. (2010: 306), menjelaskan bahwa dalam pendekatan Beyond Center and Circle Time (BBCT) anak distimulasi untuk secara aktif dan kreatif melakukan kegiatan bermain dengan berbagai benda dan orang disekitarnya. Sedangkan pendidik lebih berperan sebagai motivator, fasilitator, serta pemberi pijakan.

Anda dapat membaca jurnal berjudul “Menerapkan Beyond Centers And Circle Time Untuk Kecerdasan Linguistik Anak Tunarungu Usia Dini” yang ditulis oleh Hariski Agung Nugroho yang membahas pendekatan BCCT pada anak berkebutuhan khusus (ABK) usia dini dalam hal ini kekhususan tunarungu.

Daftar Pustaka

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Harizki Agung Nugroho, Suparno. 2018. Menerapkan Beyond Centers And Circle Time Untuk Kecerdasan Linguistik Anak Tunarungu Usia Dini. Tesis, PPs-UNY.

Nidar Yusuf. 2009. Pengembangan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain. Tesis, PPs-UPI

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi (BiPA).

Yuliani Nuraini Sujiono, Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Demikianlah pengertian pendekatan sentra dan lingkaran atau disingkat BCCT menurut beberapa tokoh ahli, semoga bermanfaat . Terima Kasih,

Baca Juga  Kajian Teori: 6 Pengertian Tunalaras Berdasarkan Pendapat Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *