4 Tips Lolos Diterima CPNS Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

By | Mei 14, 2019

CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil yang mana memiliki pengertian pegawai yang baru diterima seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahap pertama. CPNS yang telah menjalani masa percobaan nantinya bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ilustrasi ASN via setkab.go.id

Hampir semua guru ingin diterima menjadi CPNS. Termasuk guru Pendidikan Luar Biasa (PLB), namun untuk mencapai impian tersebut tentu tidaklah mudah. Perlu berbagai persiapan, upaya dan usaha untuk meraihnya.

Melalui artikel ini penulis membagikan tips lolos diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dari seorang teman yang telah diterima menjadi CPNS PLB. Ia menyampaikan beberapa tips antara lain:

Mencari informasi tentang tes

Langkah pertama agar diterima menjadi CPNS adalah mencari tahu informasi penerimaan seleksi. Teman-teman wajib tahu proses tahapan seleksi, serta jadwal pada tahapan-tahapanya. Apabila anda lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) pastikan memilih instansi atau lembaga yang membutuhkan tenaga dari jurusan PLB.

Untuk tahapan seleksi CPNS berkaca pada tahun lalu dibagi menjadi beberapa tahapan antara lain: seleksi administrasi, Seleksi Kopetensi Dasar (SKD), seleksi kopetensi Bidang (SKB).

Belajar setiap hari secara teratur

Tips kedua agar diterima CPNS PLB adalah mempersiapkan diri belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal secara teratur setiap hari agar materi dapat dikuasai. Saat ini telah banyak buku-buku dijual yang memuat soal-soal latihan CPNS di toko buku yang bisa membantu teman-teman dalam persiapan seleksi CPNS.

Berdoa sebelum tes

Bila persiapan teknis sudah dilakukan, jangan lupa pula pada persiapan non teknis yakni berdoa. Berdoa meminta petunjuk Tuhan sebelum mengerjakan agar apa yang akan kita kerjakan dimudahkan dan diberikan hasil yang terbaik.

Baca Juga  Kursi Roda Elektrik dan Manual: Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Meminta restu orang tua

Persiapan non teknis selain berdoa yakni meminta restu orang tua agar kita mendapat berkah, selain itu dengan restu orang tua kita akan lebih mantab dalam melangkah melakukan segala sesuatu.

CPNS PLB

Demikian tips agar lolos diterima CPNS PLB atau Pendidikan Luar Biasa. Anda juga dapat membaca 5 hal yang dipelajari di jurusan PLB. semoga bermanfaat.

Sumber:

Muhammad Farid Abraham – CPNS Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *