BISINDO: Belajar Bahasa Isyarat Indonesia Yang Digunakan Tunarungu

By | Mei 16, 2019

BISINDO singkatan dari Bahasa Isyarat Indonesia merupakan salah satu dari dua bahasa isyarat yang berlaku di Indonesia disamping SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia). Bahasa isyarat ini biasa digunakan oleh penyandang tunarungu (orang yang mengalami hambatan pendengaran) untuk berkomunikasi antar satu dengan yang lain.

Ilustrasi tunarungu via ozy.com

Latar belakang adanya BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia)  sendiri karena bahasa isyarat satu tempat dan tempat lain di Indonesia berbeda-beda, sehingga timbul gagasan atau ide untuk menciptakan bahasa isyarat tersebut.

Pada penggunaanya, Bahasa Isyarat Indonesia banyak menggunakan kedua tangan hal ini dapat dilihat mulai dari isyarat abjad dan angka.  Baik untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh isyarat abjad dan angka pada BISINDO:

Abjad

Abjad Bisindo
Gambar isyarat Bisindo abjad via ypedulikasihabk.org

Gambar diatas merupakan abjad yang diterjemahkan kedalam Bahasa Isyarat Indonesia dari abjad A hingga Z.

Angka

Gambar isyarat Bisindo Angka via slb-negeri-baturaja.blogspot.com

Gambar diatas merupakan angka yang diterjemahkan kedalam Bahasa Isyarat Indonesia dari angka 0 hingga 10 kemudian ditambah anggka dari puluhan, ratusan hingga ribuan.

Belajar bahasa isyarat merupakan hal yang menyenangkan karena kita dapat berkomunikasi dengan penyandang tunarungu. Selain itu hal menyenangkan yang lain adalah kita dapat berkomunikasi tanpa harus menggunakan suara, jadi seperti terkesan pesan rahasia.

Banyak praktek dan berlatih dapat meningkatkan kemampuan kita dalam menguasai bahasa isyarat. Teman-teman juga dapat berlatih bahasa isyarat di komunitas-komunitas yang menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat.

Di dunia digital yang pesat saat ini juga memungkinkan bagi teman-teman semua untuk belajar isyarat BISINDO melalui aplikasi yang diinstall di gadget ataupun melihat video-video di situs berbagi video seperti youtube.

BISINDO abjad dan angka

Demikian artikel mengenai belajar bahasa isyarat Indonesia. Teman-teman dapat berbagi alasan kenapa ingin belajar bahasa isyarat maupun pengalaman selama berlatih mempelajari bahas isyarat pada kolom komentar.

Baca Juga  4 Jawaban Mengapa Memilih Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Apabila dirasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikan dengan disertai sumber. Anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai belajar bahasa isyarat dengan mudah, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *