Belajar Bahasa Isyarat Tingkat Dasar: Mengenal Huruf dan Angka

By | Desember 1, 2017

Bahasa merupakan kemampuan manusia yang digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia lain dengan tanda, baik ataupun gerakan.

Sedangkan bahasa isyarat merupakan bahasa yang menggunakan lebih kepada bahasa tubuh, gerakan bibir, maupun gerakan tangan ataupun jari.

Belajar bahasa isyarat

Praktek belajar bahasa menggunakan tangan via moulton.ac.uk

Bahasa isyarat umum digunakan pada orang tunarungu dikarenakan rusak atau tidak berfungsinya indera pendengaran sehingga perlu adanya bahasa non verbal berupa isyarat tangan ataupun jari agar dapat berkomunikasi baik sesama tunarungu, maupun dengan orang pada umumnya.

Kali ini penulis membagikan artikel mengenai bahasa isyarat tingkat dasar. Artikel ini ditulis bagi anda yang tertarik dan ingin belajar bahasa yang biasa digunakan oleh tunarungu atau orang dengan gangguan pendengaran.

Sebenarnya tidak ada aturan standar internasional yang disepakati mengenai bahasa ini, karena hampir di berbagai negara menggunakan bahasa isyarat yang berbeda-beda yang telah diadaptasi sedemikian rupa.

Apabila kita ingin mempelajari bahasa tersebut tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar, artikel ini hanya membahas dari tingkat paling dasar yakni mengenal huruf dan angka, apabila anda semakin tertarik, anda dapat mencari kamus di perpustakaan kampus-kampus ,toko buku ataupun menonton video-video di youtube.

Penulis kali ini juga hanya akan membahas dari beberapa negara saja antara lain versi Amerika (ASL), Inggris (BSL), dan tentunya Indonesia (SIBI dan BISINDO)

Baca Juga  5 Pengertian Cerebral Palsy (CP) Menurut Para Ahli

Versi Amerika

Huruf

Isyarat huruf versi Amerika (ASL)

Huruf versi Amerika (ASL)

Angka

Isyarat angka versi Amerika (ASL)

Angka versi Amerika (ASL)

Versi Inggris

Huruf

Isyarat huruf versi Inggris (BSL)

Huruf versi Inggris (BSL)

Angka

Isyarat angka versi Inggris (BSL)

Angka versi Inggris (BSL)

Versi Indonesia

Di indonesia mengenal dua bahasa yang berlaku antara lain SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dan BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia).

Mungkin anda langsung bingung mau mempelajari yang mana, atau bertanya-tanya mana yang lebih baik?. Jawabanya adalah semuanya baik, terlebih apabila anda ingin menguasai keduanya tentu akan sangat luar biasa.

Perbedaan dari SIBI dan BISINDO adalah penggunaan tangan, apabila SIBI lebih menitikberatkan pada penggunaan satu tangan, sedangkan BISINDO menggunakan gerakan dua tangan.

Baca Juga  Jalur Masuk Kuliah S1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

SIBI

Huruf

Isyarat angka versi SIBI

Huruf versi SIBI

Angka

Angka via SIBI

Angka via SIBI

BISINDO

Huruf

Isyarat huruf versi BISINDO

Huruf versi BISINDO

Angka

Isyarat angka versi BISINDO

Angka versi BISINDO

2 thoughts on “Belajar Bahasa Isyarat Tingkat Dasar: Mengenal Huruf dan Angka

  1. Sarjono

    Artikel yang sangat bermanfaag, saya tertarik sekali bahasa isyarat dan semoga bsa menguasai. Terima kasih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *