Kuliah Jurusan PLB Mudah Lulus? Inilah Jawabannya

By | April 5, 2020

Kali ini penulis berbagi pengalaman tentang kuliah di Jurusan PLB mudah dan cepat lulus tidak sih?. Artikel ini semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang ingin kuliah di Jurusan PLB tetapi belum mengetahui lebih dalam tentang jurusan tersebut.

Pendidikan Luar Biasa (PLB) merupakan jurusan di perguruan tinggi yang bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga profesional pada bidang layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Secara sederhana lulusan PLB jenjang S1 biasanya menjadi guru SLB atau sekolah inklusi. Penulis sendiri merupakan alumni lulusan PLB di perguruan tinggi di Jogja.

Saat ini mulai banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan PLB baik Negeri maupun Swasta. Hal tersebut berbanding dengan jumlah peminat yang semakin banyak pada jurusan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus ini. Lalu apakah kuliah di jurusan ini mudah dan bisa cepat lulus? Berikut ini penjelalasannya.

jurusan PLB mudah lulus
jurusan PLB mudah lulus?

Kuliah di jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) mudah dan bisa cepat lulus?

PLB merupakan multidisiplin ilmu di jurusan ini kita akan mempelajari berbagai ilmu yang menujang untuk layanan anak berkebutuhan khusus. Lalu apakah jurusan PLB mudah lulus? Maka jawabannya adalah tidak. Semua bergantung pada kita, bagaimana usaha kita untuk belajar sehingga bisa cepat lulus.

Namun bila kita belajar setengah-setengah maka bisa saja kita sulit untuk lulus dikarenakan kita tidak maksimal mengikuti perkuliahan. Kemudian bagaimana caranya agar kuliah di PLB bisa cepat lulus? Berikut ini tipsnya:

Rajin hadir di perkuliahan

Usahakan kita selalu rajin untuk hadir di perkuliahan dengan tandatangan presensi kehadiran. Jangan sampai kita tidak masuk kuliah hanya karena keperluan yang tidak penting. Presensi menjadi sangat penting apakah mahasiswa yang bersangkutan pantas mendapat nilai baik atau buruk.

Baca Juga  Contoh Rapor SLB Tunagrahita Kelas 1 SDLB Terbaru

Aktif bertanya ketika perkuliahan

Ketika perkuliahan berlangsung kita harus aktif bertanya. Dosen akan mengingat bila anda aktif bertanya sehingga bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi nilai tambah. Tidak usah mencari pertanyaan yang sulit, tetapi sederhana saja yakni berangkat pada rasa ingin tahu anda tentang materi yang disampaikan.

Mengerjakan tugas-tugas dengan maksimal

Dalam perkuliahan kita pasti akan menjumpai tugas-tugas yang diberikan dosen sebagai contoh makalah. Agar mendapat nilai yang baik kita harus mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Luangkan waktu anda untuk benar-benar memikirkan tugas. Yang banyak terjadi adalah mahasiswa mengerjakan tugas ketika mepet pada waktu pengumpulan. Hal tersebut akan membuat tugas tidak maksimal.

Memperhatikan materi kuliah yang disampaikan

Tips terakhir adalah memperhatikan dosen ketika menyampaikan materi. Kenapa kita wajib memperhatikan?, karena materi-materi tersebut akan ada yang keluar dalam ujian sehingga kita akan mudah menjawabnya karena tahu. Bila nilai ujian kita baik, maka tidak perlu mengulang. Berdasarkan pengalaman penulis orang yang lama lulus dikarenakan masih mengulang nilai-nilai mata kuliah yang jelek.

Demikian artikel tentang Kuliah Jurusan PLB Mudah Lulus? Semoga bisa menjawab apa yang apa yang ingin anda tahu sebelum kuliah di jurusan Pendidikan Luar Biasa, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *