Cara Sederhana Belajar Online Di Rumah yang Bisa Diterapkan Guru SLB

By | April 3, 2020

Mewabahnya virus corona (covid-19) di Indonesia berdampak pada berbagai aspek tidak terkecuali dunia pendidikan. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan peniadaan ujian Nasional dan belajar secara online atau daring untuk mencegah semakin bayaknya orang yang tertular virus corona. Keadaan tersebut membuat guru harus memberikan pembelajaran jarak jauh dengan melibatkan teknologi termasuk guru Sekolah Luar Biasa (SLB).

Berikut ini cara sederhana belajar online di rumah dan mudah untuk dipraktekkan oleh guru SLB untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau online pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Belajar online jarak jauh
Ilustrasi belajar jarak jauh via webanywhere.co.uk

Aplikasi Yang Digunakan Dengan Mudah

Saat ini banyak aplikasi ataupun media untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh hingga guru bisa berkomunikasi dengan banyak siswa. Cara tersebut sangat efektif namun yang kadang menjadi kendala bagi guru terutama guru yang sudah berumur yakni pengoperasian aplikasi tersebut. Sehingga perlu aplikasi yang sederhana dan biasa digunakan sehari-hari.

Lalu muncul pertanyaan, aplikasi apa yang sederhana dan mudah digunakan? Makan jawabanya salah satunya adalah aplikasi Whatsapp.Whatsapp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan dimana memiliki fitur yang sangan lengkap baik berkirim teks, foto, video, panggilan online, bahkan panggilan video atau video call. Karena lengkapnya fitur, whatsapp saat ini sangat populer dan banyak unduh oleh orang untuk berkomunikasi. Saat ini hampir semua guru juga menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dan untuk mengoperasikan sangat mudah.

Materi Yang Diajarkan Pada Siswa

Materi yang diajarkan untuk Sekolah Luar Biasa tentu berbeda-beda tentu anda (guru) yang memahami materi yang diajarkan semuai disesuaikan dengan tema dan subtema yang akan guru ajarkan. Namun pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tidak hanya berkaitan dengan akademik namun juga keterampilan kompensatoris.

Baca Juga  12 Tips Berkomunikasi Dengan Penyandang Tunarungu

Sebagai contoh penulis memberikan pembelajaran melalui tugas dengan jadwal bergantian baik akademik maupun keterampilan. Untuk akademik dengan sub tema tertentu dengan cara mengirim foto kemudian soal yang hanya 5 soal untuk dipecahkan anak.

Kemudian hari berikutnya penulis mengirim bentuk tugas keterampilan, karena anak mengamami kekhususan tunagrahita, maka tugas seputar bina diri yang penulis berikan seperti melaksanakan kegiatan yang harus dilakukan misal berjemur 5 menit dibawah sinar matahari, kemudian cuci tangan dan makan dengan bersih.

Pembelajaran tersebut menjalin kerjasama antara guru dan orang tua, selain itu orang tua juga semakin peduli pada anak. Lalu bagaimana pengumpulan tugasnya? Pengumpulannya dengan cara mengirim melalui whatsapp dengan bukti foto. Guru juga bisa melakukan video call pada anak untuk membimbing anak untuk belajar.

belajar online di rumah
Belajar Online di Rumah

Itulah tadi cara sederhana belajar online di rumah yang bisa dilakukan guru SLB untuk mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Semoga wabah corona (covid-19) semoga reda dan semuanya bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Anda bisa membagikan artikel ini bisa dirasa bermanfaat agar semakin banyak yang membaca, terima kasih. Salam.

One thought on “Cara Sederhana Belajar Online Di Rumah yang Bisa Diterapkan Guru SLB

  1. Pingback: Contoh Materi Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Siswa SLB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *