7 Mainan Untuk Melatih Keseimbangan Anak Di Rumah

By | April 9, 2021

Beberapa mainan berikut ini tepat digunakan untuk melatih keseimbangan anak di rumah. Orang tua bisa melatihkan sejak kecil karena kemampuan berkaitan dengan keseimbangan sangat penting bagi anak dalam berbagai aktivitas, hampir berbagai aktivitas berkaitan dengan kemampuan ini.

Keseimbangan merupakan kemampuan dalam mempertahankan tubuh supaya tetap stabil dalam berbagai posisi. Contoh aktivitas sederhana yang berkaitan dengan keseimbangan adalah berdiri, jongkok, berlari, maupun mulai dari berbagai aktivitas sederhana lainnya.

melatih keseimbangan anak
melatih keseimbangan anak via adam-mila.com

Melatih keseimbangan anak sangatlah penting dilakukan sejak dini karena supaya otot anak menjadi lebih kuat, baik untuk metabolism tubuh, mengembangkan kemampuan gerak, maupun menjadikan tubuh lebih bugar.

Nah berikut ini adalah beberapa mainan yang bisa dipakai untuk mengembangkan kemampuan keseimbangan buah hati anda di rumah.

Mainan untuk melatih keseimbangan

1. Sepeda Keseimbangan (balance bike)

melatih keseimbangan anak dengan balance bike
balance bike via sepeda.me

Sepeda keseimbangan digunakan anak yang masih kecil untuk melatih keseimbangan dan kekuatan kaki. Kalau sepeda pada umumnya terdapat rantai dan pengayuh, berbeda dengan sepeda jenis ini yang mana digunakan dengan cara kaki mengayuh menapak tanah.

2. Pogo Ball

melatih keseimbangan anak dengan pogo ball
mainan pogo ball via reddit.com

Pogo ball adalah mainan yang bermanfaat dimana memiliki bentuk seperti pesawat UFO. Alat ini digunakan untuk melatih keseimbangan dimana anak berusaha berdiri menginjak piringan yang melekat melingkari bola.

3. Batu Loncat Keseimbangan

batu keseimbangan
mainan batu keseimbangan via orami.co.id

Walaupun dinamapak batu loncat keseimbangan, tetapi sebetulnya banyak yang terbuat dari bahan yang lebih aman untuk anak. Konsepnya adalah anak melompat ke antar batu satu demi satu. Aktivitas ini melatih keseimbangan anak, kemudian tingkat konsentrasi, serta kekuatan kaki melalui kegiatan melompat.

4. Papan Titian Keseimbangan

Papan titian keseimbangan
Papan titian keseimbangan via popmama.com

Papan Titian tentunya sering kita jumpai di PAUD atau TK. Bentuknya berupa seperti kursi panjang dimana anak diminta meniti dari sudut satu ke sudut lainnya. Untuk awalnya anak bisa dilatih dengan digandeng orang tua kemudian melepaskan sedikit demi sedikit hingga mandiri. Kemudian untuk lebih aman bisa digunakan garis di lantai untuk anak yang masih sangat kecil.

Baca Juga  Konsep Dasar Program Pengembangan Diri Bagi Anak Tunagrahita

5. Panggung Sepatu Walker

Panggung Sepatu Walker
Panggung Sepatu Walker via aliexpress.com

Mainan panggung sepatu walker sebetulnya sering kita jumpai karena konsepnya sama dengan mainan tradisional egrang dengan menggunakan tempurung kelapa. Mainan ini bermanfaat melatih keseimbangan dan koordinasi tangan dan kaki pada anak.

6. Kayu Papan Keseimbangan

Kayu Papan Keseimbangan
Kayu Papan Keseimbangan via bukalapak.com

Mainan kayu papan keseimbangan berbentu melengkung dimana anak bisa bermain diatasnya dan berusaha untuk tetap seimbang. Alat ini bisa didapatkan di berbagai toko anak ataupun toko online kepercayaan anda.

7. Engklek

melatih keseimbangan anak dengan engklek
Engklek via inibaru.id

Engklek merupakan termasuk permainan tradisional yang sering dimainkan anak. Permainan tersebut menggunakan satu kaki tumpuan untuk melewati petak-petak yang sudah ditentukan. Selain melatih keseimbangan permainan ini juga mengasah kemampuan bersosialisasi karena umumnya dimainkan lebih dari satu anak.

Demikian tadi mainan yang bisa digunakan untuk melatih keseimbangan pada buah hati. Baca juga artikel lainnya mengenai kegiatan melatih motorik kasar anak. Jangan lupa juga untuk membagikan kepada orang lain agar menjangkau lebih banyak pembaca, terima kasih.