7 Pengertian Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Menurut Para Ahli

By | Februari 11, 2021

Pengertian metode tutor sebaya (peer teaching) merupakan salah satu metode pembelajaran dimana seorang guru memilih seorang atau sekelompok peserta didik yang memiliki prestasi yang lebih tinggi dan menguasai materi untuk membantu peserta didik lainnya yang belum menguasai materi sehingga nantinya bisa menguasai materi.

Untuk lebih jelasnya mengenai metode tersebut, berikut ini adalah beberapa pengertian metode tutor sebaya (peer teaching) yang diuraikan oleh beberapa ahli sehingga bisa menambah wawasan dan sudut pandang mengenai metode tersebut.

Pengertian Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Menurut Para Ahli

metode tutor sebaya
ilustrasi metode tutor sebaya (peer teaching) via simplemost.com

Arikunto (1986: 62), menjelaskan bahwa metode tutor sebaya adalah seseorang
ataupun beberapa siswa yang telah menguasai materi dan dipilih guru untuk membantu membimbing teman satu kelas untuk melaksanakan program perbaikan. Dengan metode ini diharapkan dapat mampu membantu siswa yang belum bisa menguasai pelajaran dari guru.

Benny. A (2011: 44), mengemukakan pendapat bahwa metode tutor sebaya bisa dimaknai
sebagai penyajian informasi, konsep serta prinsip yang melibatkan peran serta peserta didik secara aktif di dalam pembelajaran.

Mulyadi (2010: 85) berpendapat bahwa tutor sebaya merupakan seorang peserta didik yang dipilih dan ditugaskan oleh guru untuk membantu murid tertentu yang mengalami
kesulitan belajar ataupun belum menguasai materi.

Ridwan, (2016: 198), pengertian metode tutor sebaya (Peer tutoring) atau tutor teman sejawat adalah sebuah metode pembelajaran dengan bantuan seorang siswa yang kompeten dalam hal ini menguasai materi untuk mengajar siswa lainnya yang belum menguasai.

Suherman (2003: 34) mengartikan tutor sebaya merupakan sekelompok siswa yang
sudah tuntas terhadap bahan pelajaran, sehingga dipilih atau ditunjuk oleh guru untuk memberikan bantuan kepada siswa lain yang memiliki kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang dipelajarinya.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

Semiawan (Suherman dkk, 2001: 233) menjelaskan pengertian tutor sebaya (peer teaching) merupakan siswa yang pintar dapat memberi bantuan belajar terhadap siswa yang belum menguasai pembelajaran supaya nantinya siswa tersebut bisa menguasai materi.

Supriyadi (dalam Suherman dkk,2001: 233) mengemukakan, bahwa tutor sebaya adalah seorang peserta didik atau beberapa orang dimana mereka dipilih oleh guru dan ditugaskan untuk membantu peserta didik lainnya yang memiliki kesulitan belajar. Tutor yang dipilih tersebut tentunya diambil dari kelompok yang memiliki prestasinya lebih tinggi.

Daftar Pustaka

A., Benny. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran, cet. ke-3. Jakarta: Dian Rakyat

Arikunto, S. (1986). Pengelolaan Siswa dan Kelas Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV. Rajawali.

Abdullah Sani, Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Suherman, Erman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.