5 Fakta Kejuaraan Balap Kursi Roda Disabilitas Yang Mengejutkan

By | Februari 12, 2021

Balap kursi roda merupakan salah satu kejuaraan yang bias diikuti orang berkebutuhan khusus atau disabilitas dengan kriteria tertentu dimana mereka berlomba untuk mengayuh kursi roda dengan menggunakan tangan dan yang paling cepat sampai garis finis adalah pemenangnya. Olahraga ini dipertandingkan dari kejuaraan disabilitas antar sekolah hingga tingkat dunia.

Pada tingkat sekolah biasanya diikuti oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) dimana dipertandingkan antar sekolah dalam Kabupaten, dalam Provinsi, Nasional, maupun Internasional antar negara-negara yang diikuti oleh tunadaksa (hambatan fisik) dengan kriteria tertentu.

Namun tahukah anda bahwa olahraga tersebut bukanlah hanya soal mencapai garis finish dengan cepat lho. Tahukah anda bahwa terdapat fakta-fakta mengejutkan di kejuaraan kursi roda. Apa saja fakta tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang bisa menambah wawasan kita semua.

Fakta Kejuaraan Balap Kursi Roda

Balap kursi roda adalah salah satu cabang yang dipertandingkan di paralimpic

balap kursi roda
Ilustrasi atlet paralympic via npr.org

Kejuaraan terbesar balap kursi roda adalah Paralympic. Ajang kejuaraan tersebut mempertandingkan olahraga bagi disabilitas dengan berbagai cabor salah satunya balap kursi roda di tingkat dunia, sehingga mempertandingkan negara-negara di seluruh dunia. Tidak main-main para atlet terbaik yang mewakili negara menjadi satu dan bersaing untuk memperebutkan juara.

Kursi roda yang dipakai khusus dan bukan kursi roda biasa

kursi roda khusus balap
kursi roda khusus balap via williamkidstonphotography.com

Fakta menarik lainnya tentang olahraga tersebut adalah kursi roda yang dipakai bukanlah kursi roda yang biasa kita lihat. Bila pada umumnya kursi roda terlihat seperti kursi umum namun terdapat roda, maka kursi roda yang digunakan untuk kejuaraan berbentuk memanjang dimana di bagian depan terdapat satu roda. Kemudian dari segi rodanya apabila dilihat dari atas tidak lurus tapi agak miring.

Baca Juga  Pengalaman Menjadi Pendamping Di Jambore Pramuka SLB

Harga kursi roda bisa mencapai ratusan juta

kursi roda ratusan
kursi roda ratusan juta via ifworlddesignguide.com

Tidak tanggung-tanggung harga kursi roda untuk kejuaraan bisa sangat mahal, terlebih untuk pertandingan tingkat dunia. Harga benda tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah. Lalu apa yang membuatnya mahal? Tentunya desain dan bahan yang digunakan berbeda dimana menggunakan bahan yang kuat namun sangat ringan yang membuat harganya mahal.

fakta tentang kejuaraan balap kursi roda
fakta tentang kejuaraan balap kursi roda

Kecepatan atlet kejuaraan kursi roda bisa sangat cepat

kursi roda bisa sangat cepat
kursi roda bisa sangat cepat via wired.com

Walaupun dikayuh menggunakan tangan, namun faktanya kecepatan kursi roda yang dikayuh bisa mencapai 36 km/jam lho. Tetapi hal tersebut wajar karena kemampuan atlet yang didapat dengan usaha dan latihan yang tidak kenal lelah sehingga bisa mencapai tahap tersebut.

Untuk mengikuti kejuaraan melalui seleksi yang berlapis-lapis

seleksi kejuaraan sulit
seleksi kejuaraan yang sulit via ministryofsport.com.au

Untuk menjadi atlet cabang olahraga ini tidak mudah utamanya untuk tingkat Provinsi terlebih lagi tingkat dunia. Perlu mengikuti seleksi ataupun penjaringan dari lingkup terkecil seperti sekolah, kemudian naik ke Kabupaten, hingga Provinsi yang mana tentunya tidaklah mudah.

alat bantu tunadaksa

Demikian fakta mengenai kejuaraan kursi roda, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan ada, terima kasih.