7 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

By | Mei 6, 2021

Pengertian metode penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menjabarkan serta menganalisa baik fenomena, peristiwa, kegiatan sosial, pandangan, kepercayaan, maupun pemikiran dengan kata-kata maupun bahasa.

Lebih detail mengenai penelitian kualitatif silahkan simak pada artikel ini yang diuraikan oleh berbagai pandangan ahli yang kompeten dibidangnya.

Pengertian metode penelitian kualitatif
Ilustrasi anak sedang meneliti via searchenginejournal.com

Pengertian metode penelitian kualitatif

Bogdan & Biklen, s (1992: 21) mengemukakan pendapat bahwa penelitian kualitatif adalah langkah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan, serta perilaku orang yang diamati. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pemahaman yang bersifat umum terhadap kenyataan sosial dari sudut pandang partisipan.

Moloeng, (2007: 6) menjelaskan penelitian kualitatif adalah penelitian dengan tujuan untuk memahami fenomena mengenai apa yang dialami subyek penelitian secara menyeluruh dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata serta bahasa, pada konteks khusus yang dialami serta dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.

Nasution (2003: 5) menjelaskan penelitian kualitatif yakni mengamati orang dalam lingkungan, melakukan interaksi dengan mereka, serta menafsirkan pendapat mereka mengenai dunia disekelilingnya.

Nana Syaodih Sukmadinata (2005: 60) menjelaskan pengertian kualitatif yakni penelitian untuk menjabarkan serta menganalisa baik fenomena, kejadian, kegiatan sosial, sikap kepercayaan, pandangan, serta pemikiran oranf baik secara individu maupun kelompok.

Perreault dan McCarthy (2006: 176) menjelaskan penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi secara dalam dan terbuka pada berbagai tanggapan. Penelitian ini mencoba untuk orang untuk mengemukakan berbagai pikiran mereka tentang suatu topik tanpa memberikan banyak pedoman atau arahan pada mereka.

Baca juga: Pengertian metode penelitian kuantitatif menurut ahli

Strauss dan Corbin (Cresswell j, 1998: 24) menjelaskan penelitian kualitatif adalah jenis penelitian menghasilkan penemuan, dimana penemuan tersebut tidak dapat dicapai dengan langkah-langkah statistik atau cara lain dari kuantifikasi atau pengukuran. Jenis penelitian ini bisa dipakai untuk meneliti tentang kehidupan sosial, sejarah, perilaku, dll.

Baca Juga  Biasakan Anak Produktif Di Rumah Dengan 5 Kegiatan Sederhana Ini

Sugiono (2012: 9) mengemukakan pendapat mengenai metode kualitatif yakni suatu penelitian yang berdasarkan filsafat postpositivisme, yang mana digunakan untuk meneliti kondisi objek alamiah, disini posisi peneliti sebagai instrument kunci, kemudian teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian menekankan pada makna dibandingkan generalisasi.

Demikianlah pengertian metode penelitian kualitatif menurut ahli. Anda bisa menggunakan artikel ini namun yang terpenting jangan lupa untuk menyertakan sumbernya. Baca juga artikel lainnya mengenai pendidikan di situs ini, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Bogdan & Biklen, s. 1992: Qualitative Research For Education. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Cresswell J. 1998. Research Design: Qualitative & Quantitative Appproach. Thousand Oaks. CA: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Perreault, William D. and E. Jerome McCarthy. 2006. Essentials of Marketing: A Global-Managerial Approach, Tenth Edition, New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

3 thoughts on “7 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

  1. Pingback: 5 Rekomendasi Buku Metode Penelitian Untuk Menyusun Skripsi

  2. Pingback: Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian Hingga Perbedaanya

  3. Pingback: 7 Pengertian Populasi Menurut Pendapat Para Ahli

Comments are closed.