Berikut Ini 4 Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli

By | Maret 22, 2021

Metode Kuantitatif tentu mungkin sangat akrab di telinga para peneliti. Banyak penelitian tertentu yang yang dilakukan peneliti menggunakan metode ini untuk memecahkan suatu masalah. Namun sebetulnya apa sih pengertian metode kuantitatif? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli

Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli
Ilustrasi penelitian columbia.edu

Arikunto (2006: 12) mengemukakan tentang penelitian kuantitatif yakni pendekatan penelitian yang banyak menggunakan angka-angka, mulai dari mengumpulkan data, penafsiran terhadap data yang diperoleh, serta pemaparan hasilnya.

Creswell (2012: 13), menjelaskan penelitian kuantitatif mewajibkan seorang peneliti untuk menjelaskan bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel yang lainnya.

Sugiyono (2009: 14) menjelaskan bahwa metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang berbasis pada filsafat positivisme, yang mana digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, yang umumnya pengambilan sampelnya dilakukan secara random, dan data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian, lalu dianalisis secara kuantitatif/statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Emzir (2009:28), menjelaskan pengertian pendekatan kuantitatif adalah suatu pendekatan yang secara pokok menggunakan postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (seperti misalnya berkaitan sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis serta pertanyaan spesifik dengan pengukuran, pengamatan, serta uji teori), menggunakan strategi penelitian seperti survei dan eksperimen yang memerlukan data statistik.

Dari pengertian metode kuantitatif menurut para ahli tersebut. Maka dapat ditegakan bahwa metode kuantitatif adalah metode penelitian yang berkaitan dengan angka–angka yang dianalisi dengan teknik statistik untuk menganalisa hasilnya.

Demikian tadi pengertian metode kuantitatif menurut ahli semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi anda. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat silahkan juga untuk membagikan kepada orang lain supaya menjangkau lebih banyak lagi menjangkau pembaca.

Baca juga artikel lainnya tentang dunia pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan khusus di situs ini, terima kasih.

Baca Juga  Panduan Lengkap Mengakses Materi Belajar Persiapan Seleksi PPPK

Daftar Pustaka:

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

2 thoughts on “Berikut Ini 4 Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli

  1. Pingback: 7 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

  2. Pingback: 7 Pengertian Populasi Menurut Pendapat Para Ahli

Comments are closed.