7 Tips Agar Anda Sukses Menghadapi Ujian Nasional ( UN )

By | Desember 21, 2017

Ujian nasional ( UN ) merupakan ujian serentak yang dilaksanakan sekolah-sekolah secara nasional seluruh Indonesia baik tingkat SMP dan SMA kelas 3 untuk mengetahui capaian belajar siswa.

Walaupun sekarang bukan satu-satunya penentu kelulusan, UN sangat penting untuk siswa untuk mencapai nilai yang baik, yang kedepannya dapat digunakan untuk mendaftar di sekolah lanjutan ataupun universitas favorit.

Sukses Ujian Nasional

Sukses Ujian Nasional via surveyyourself.files.wordpress.com

Berikut ini adalah 7 kunci sukses menghadapi ujian nasional. Semoga dapat membantu teman-teman dalam mempersiapkan dan melaksanakan ujian.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dalam Metode Drill: Kegiatan Latihan Berulang
  1. Pelajari kisi-kisi ujian

Mempelajari kisi-kisi ujian sangat penting agar teman-teman tidak sia-sia dalam belajar. Apa gunanya kita mempelajari banyak materi yang tidak keluar di UN. Jadi pastikan teman-teman mengacu kisi-kisi yang akan diujikan yang tentunya telah dipelajari selama sekolah, atau bila masih binggung dapat ditanyakan pada guru teman-teman.

  1. Cari dan pilih gaya belajar yang tepat

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada orang memiliki gaya belajar  visul yang cenderung memahami sesuatu karena melihat misal peragaan, tetapi orang dengan gaya belajar tersebut cenderung sulit menangkap materi secara lisan. Ada juga orang dengan gaya belajar auditori, orang dengan gaya belajar ini mengandalkan pendengaran untuk menangkap materi yang disampaikan. Gaya belajar yang terakhir adalah gaya belajar kinestetik, orang dengan gaya belajar ini lebih mampu menangkap materi ketika memegang sesuatu benda, misal seseorang belajar sambil menggambar. Maka carilah tipe gaya belajarmu agar dapat menyerap materi yang kamu pelajari dengan baik, misal belajar sambil mendengarkan musik.

  1. Tingkatkan persiapan dengan simulasi

Lakukan persiapan simulasi ketika anda ujian. Teruslah berlatih dan mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian yang sesunggungnya. Teman-teman dapat melakukan simulasi dengan membeli latihan soal simulai UN yang banyak dijual baik di pasar maupun toko buku tertentu di dekat tempat tinggalmu. Lakukan simulasi dengan sungguh-sungguh dan jangan melihat ulasan di kunci jawaban terlebih dahulu. Setelah selesai latihan mengerjakan, baru kalian menghitung berapa soal yang salah dijawab, dari soal yang salah tersebut teman-teman cermati ulasannya dan perhatikan cara mengerjakannya pada kunci jawaban.

  1. Tetap rileks dan jangan khawatir berlebihan

Tenang dan rileks sangat penting ketika teman-teman menghadapi ujian nasional. Kondisikan badan teman-teman agar rileks dan tenang. Hal tersebut dapat diperoleh ketika teman-teman tidak belajar semalam suntuk sebelum menghadapi ujian. Teman-teman tidak perlu belajar terlalu keras hingga lupa beristirahat. Selain itu refresing di tempat tertentu tidak perlu jauh juga dapat merileks kan teman-teman sebelum menghadapi ujian.

  1. Siapkan identitas diri lengkap dan perhatikan petunjuk pengerjaan soal

Ketika akan melaksanakan ujian nasional, teman-teman jangan pernah meremehkan hal kecil, antara lain adalah identitas diri. Pastikan sebelum berangkat, dirumah teman-teman sudah membawa identitas diri berupa kartu ujian, karena biasanya pengawas akan langsung memeriksa kartu tanda ujian untuk memastikan peserta ujian adalah siswa yang tepat. Tidak lupa pula untuk memperhatikan petunjuk pengerjaan soal, cermati dengan teliti satu persatu perintah pengerjaan soal dengan baik.

  1. Membuat prioritas soal yang harus di jawab

Teman-teman dapat mengerjakan soal tentang materi-materi yang telah dikuasai. Misal teman-teman menguasai integral, nah fokus pada soal-soal tentang integral lalu selesaikan soal dengan cepat. Kemudian beranjaklah pada soal tentang materi lain yang dikuasai misal turunan, kerjakan soal-soal tentang turunan dengan cepat. Selanjutnya beranjak ke soal soal yang agar kurang dikuasai. Hal tersebut dilakukan agar teman-teman tidak membuang waktu hanya pada satu soal.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game
  1. Berdoa Memohon Tuhan TME.

Berdoa kepada Tuhan untuk mengawali setiap kegiatan sangat penting agar teman-teman mendapatkan yang terbaik dalam segala hal. Selain itu berdoa juga akan membuat teman-teman lebih rileks dan tenang dalam mengerjakan soal.

Dan sebagai tambahan penulis merekomendasikan kepada kalian untuk belajar menggunakan Quipper Video untuk persiapan menghadapi UN. Di Quipper video terdapat soal-soal UN mulai dari tahun 2010-2016, selain itu terdapat bank soal dan ribuan video pembelajaran. Berlangganan Quipper Video juga cukup terjangakau, apalagi jika kalian menggunakan Kode Promosi Quipper Video maka kalian akan mendapatkan potongan harga.

Satu lagi nih, penulis membagikan tips pamungkas yaitu belajar online bersama ruang guru. Disana teman-teman akan dapat kemudahan-kemudaan dalam belajar untuk mempersiapkan ujian. Makannya yuk buruan gabung aja melalui kode diskon ruang guru ini.

Demikian adalah 7 kunci sukses menghadapi ujian nasional, semoga teman-teman sukses mengerjakan ujian dan mendapat nilai yang sesuai harapan teman-teman. Tetap semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *