9 Tips Guru Muda Yang Baru Bekerja Agar Disukai Rekan Kerja Di Kantor

By | Maret 1, 2021

Tips guru muda berikut ini bisa anda gunakan ketika pertama kali mengajar maupun beradaptasi di lingkungan kerja baru. Dimana kita tidak bisa berperilaku semau kita sendiri, terlebih lagi guru merupakan profesi yang dipandang mulia yakni mencerdaskan bangsa.

Guru merupakan profesi dimana memiliki tugas yakni mempersipkan, melaksanakan kegiatan mengajar, dan mengevaluasi pembelajaran. Seorang guru sesuai aturan biasanya telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 keguruan dengan jurusan tertentu.

Bagi anda yang baru saja lulus kuliah, maka tentunya langkah selanjutnya adalah bisa melamar pekerjaan dan mengajar untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari semasa di bangku perkuliahan. Melalui artikel ini penulis membagikan tis guru muda yang baru saja bekerja agar anda disukai rekan kerja di kantor, sehingga anda bisa bekerja dengan tenang dan pekerjaan bisa berjalan lancar.

tips guru muda
ilustrasi guru muda via freepik.com

Tips guru muda agar disukai rekan kerja

1. Berbicara santun

Umumnya dalam tempat kerja atau kantor tentunya ada guru baik yang masih muda maupun senior sehingga kita harus berbicara dengan santun. Pastikan pada awal berbicara dengan menggunakan Bahasa yang formal dikarenakan kita belum mengenal rekan kerja kita. Seiring dengan jalannya waktu ketika kita sudah benar-benar akrab pada rekan kerja bisa saja menggunakan Bahasa yang lebih santai

2. Perperilaku sopan

Bila santun lebih mengarah kepada tutur kata, maka sopan berkaitan dengan tingkah laku kita. Tips guru muda tentunya harus berlaku sopan kepada rekan kerja yang mana biasanya juga sudah ditanamkan oleh orang tua kita dari kecil. Kemudian kita harus pandai menempatkan diri dimana kita berada supaya disenangi rekan kerja di kantor.

3. Ramah kepada rekan kerja

Biasakan ketika dimanapun untuk bersikap ramah seperti antara lain menyapa rekan kerja. Dengan begitu rekan akan merasa dihargai yang mana hukum tabur tuai berlaku, bila kita menghargai orang pasti orang lain juga akan menghargai kita.

Baca Juga  7 Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Berkembang Dengan Baik

4. Senang membantu

Ketika kita bekerja nanti pasti aka nada rekan kerja yang meminta bantuin yang mana biasanya ketika kita menjadi guru, ada guru senior yang sudah berumur yang mengalami kesulitan-kesulitan dalam hal penguasaan IT (teknologi), maka dari itu luangkan waktu untuk membantu rekan yang kesulitan.

5. Sesekali menawarkan makanan

Cara ini juga bisa dilakukan agar disukai rekan kerja yakni dengan sesekali membawa makanan. Tidak perlu setiap hari atau seminggu sekali, bisa saja satu bulan atau beberapa bulan sekali. Membawa makanan atau cemilan kemudian dimakan bersama bisa membuat suasana kantor menjadi lebih menyenangkan dan semakin akrab.

6. Suka belajar

Ketika berada di lingkungan kerja yang baru sebaiknya kita memposisikan diri sebagi seorang yang masih memiliki sedikit pengalaman sehingga kita akan selalu mau untuk terus belajar. Sikap tersebut juga bisa membuat orang lain senang terhadap kita karena sikap tadi akan menghindarkan kita pada perilaku yang suka menggurui rekan kerja.

7. Jangan suka membicarakan hal buruk rekan kerja di belakang

Membicarakan hal buruk rekan kerja dari belakang biasanya adalah awal sebuah konflik di kantor, maka dari itu hindarkan perilaku tersebut. Ketika kita membicarakan keburukan orang lain dari belakang tentunya pasti aka nada rekan kerja lain yang menandai kita atau menyimpulkan bahwa kita suka membicarakan keburukan orang lain yang bisa berdampak kita dijauhi.

8. Bagikan energi positif

Selalu bagikan energi positif dan sebarkan optimisme ketika banyak orang berbicara pesimisme. Biasanya orang yang selalu berperilaku positif akan memancarkan energi yang juga positif yang mana menarik orang lain untuk mendekat dan disenangi.

9. Memberikan hasil kerja yang optimal

Tips guru muda terakhir supaya disenangi atau disukai rekan kerja di kantor adalah memberikan hasil kerja yang optimal. Pastikan apa saja pekerjaan yang ditugaskan oleh kita dari Kepala Sekolah bisa kita kerjakan dan selesaikan dengan baik, mulai dari pekerjaan kecil hingga pekerjaan yang menuntut tanggung jawab besar. Kita harus menjadi seseorang yang bisa diberi kepercayaan.

Baca Juga  5 Pengertian Motorik Kasar Menurut Pendapat Para Ahli

Demikianlah tips guru muda untuk anda para pendidik yang baru saja memulai mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Silahkan bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat, terima kasih.