Berlatih Bahasa Isyarat I Love You, Untuk Mengatakan Ke Orang Tercinta

By | Maret 1, 2021

Bahasa Isyarat I love you bisa kita gunakan bila kita ingin menunjukkan kecintaan kita kepada seseorang dengan isyarat tangan dan tanpa mengungkapkannya secara lisan atau verbal. Kalimat i love you berasal dari bahasa inggris yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti aku cinta kamu.

Bahasa isyarat ini umum digunakan oleh penyandang tunarungu. Tunarungu adalah seseorang yang mengalami hambatan pendengaran yang berdampak pada hambatan wicara sehingga menggunakan isyarat tangan untuk saling berkomunikasi. Masyarakat pada umumnya lebih mengenal istilah tunarungu dengan istilah sebutan tuli.

Sebelum ke Bahasa isyaratnya, kata cinta dalam hal ini jangan dimaknai dalam arti yang sempit ya. Cinta tidak hanya sebatas pada pacar atau kekasih, namun lebih dari itu, ungkapan cinta bisa ditunjukkan pada orang yang menyayangi kita seperti keluarga seperti ke ayah, ibu, adik, kakak, ataupun orang spesial lainnya.

Mari berlatih

Mengenal isyarat huruf

Langkah awal kita mengenal terlebih dahulu isyarat huruf dari A-Z, dalam hal ini penulis menggunakan sistem isyarat SIBI.

Isyarat angka versi SIBI
Isyarat huruf versi SIBI

Isyarat I love you

Langsung saja yuk kita berlatih dengan menggunakan tangan masing-masing tentunya ya, hehe. Oh iya sebelumnya penulis jelaskan terlebih dahulu dalam isyarat I love you bisa kita tunjukkan seluruh huruf lengkap dengan satu tangan secara bergantian yakni I L-O-V-E Y-O-U.

i love you
i love you

Atau kita bisa juga menggunakan isyarat yang disingkat sehingga lebih simpel, lebih populer, dan terkesan lebih gaul juga yakni I-L-Y.

ILY
Isyarat ILY via lingvano.com

Anda juga harus bisa membedakan antara isyarat I-L-Y dan isyarat tanduk setan yang bermakna negatif, walaupun mirip namun berbeda dan memiliki arti yang sangat berbeda juga sehingga harus jeli dalam menggunakannya. Gambar dibawah ini adalah letak perbedaannya.

Perbedaan i love you dan tanduk
kalimat i love you ada di sebelah kiri ya! via unusualverse.com

Demikianlah Bahasa isyarat i love you yang bisa anda terapkan untuk menyatakan cinta kepada orang yang anda sayangi. Anda juga bisa membaca artikel lainnya mengenai belajar Bahasa isyarat. Bila artikel ini anda rasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini supaya bisa menjangkau lebih banyak lagi pembaca. Terima kasih, Salam pendidikan.

Baca Juga  Prospek Kerja Jurusan PLB Kedepan: Cerah Ataukah Suram?