5 Penemu Sukses Yang Dulunya Anak Berkebutuhan Khusus

By | Februari 27, 2021

Siapa sangka penemu sukses dalam artikel ini ternyata  dulunya merupakan anak berkebutuhan khusus.   Mungkin anda baru mengetahui setelah membaca artikel ini, tetapi memang benar bahwa saat kecil tokoh-tokoh ini mengalami hambatan tidak seperti anak pada umumnya.

Anak berkebutuhan khusus adalah seseorang anak yang memiliki hambatan tertentu antara lain tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, anak berkesulitan belajar spesifik, maupun kekhususan lainnya, walaupun memiliki hambatan, dengan layanan khusus mereka dapat berkembang sesuai potensinya.

Tokoh penemu sukses dalam artikel ini sungguh luar biasa dimana hasil dari karya yang mereka ciptakan dapat digunakan atau diterapkan di seluruh dunia hingga saat ini dan bisa mempermudah dalam proses kehidupan manusia.

Lalu siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah penemu sukses yang ternyata dahulu anak berkebutuhan khusus (ABK) atau disabilitas.

Penemu sukses yang ternyata dulunya anak berkebutuhan khusus

1. Albert Einstein

Siapa tak kenal dengan tokoh satu ini, ya Albert Einstein merupakan salah satu fisikawan jenius dengan teori relativitasnya. Tokoh yang mendapatkan nobel ini merupakan salah satu ilmuan terbesar pada abad 20. Namun tahukah anda dibalik prestasinya tersebut ternyata Einstein mengidap sindrom Asperger yang masuk ke dalam gangguan autisme.

2. Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison merupakan tokoh berpengaruh dunia yang cemerlang. Berkebangsaan Amerika Serikat, ia adalah penemu yang menemukan banyak sekali penemuan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia seperti contohnya adalah lampu listrik. Dibalik berbagai penemuannya ternyata Thomas Alva Edison dulunya mengalami gangguan konsentrasi belajar sehingga kesulitan dalam membaca atau disleksia.

Penemu sukses
Penemu sukses

3. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven merupakan tokoh dunia berkebangsaan Jerman yang lahir di kota Bonn. Ia merupakan salah satu komponis besar dunia yang sangat berpengaruh, dan dia terkenal karena karnyanya yakni simfoni kelima dan kesembilan, serta lagu piano fur elise. Dengan kejeniusannya ternyata Ludwig van Beethoven mengalami hambatan pendengaran atau tunarungu.

Baca Juga  10 Soal Agama Kristen SLB Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

4. Isaac Newton

Isaac Newton adalah seorang ilmuan yang sangat terkenal yang berasal dari Inggris. Ia adalah penemu teori Newton yang masih digunakan hingga saat ini dan mungkin anda pernah juga mempelajarinya. Tetapi dengan kecerdasannya ternyata ia mengalami kondisi atau hambatan autisme.

5. Steve Jobs

Steve Jobs merupakan tokoh yang populer di era saat ini, dimana dia telah menciptakan sebuat produk bernama Apple. Hingga saat ini produk elektronik seperti hp, tablet, maupun laptop Apple dipandang sebagai produk yang elit dan berkualitas sehingga tidak heran harganya cukup mahal dibandingkan dengan merk lainnya.  Ternyata dibalik kecerdasannya ternyata dahulu ia mengalami kesulitas belajar spesifik yakni membaca atau disleksia.

Baca Juga: Penyandang disabilitas berprestasi di Indonesia

Demikian tadi penemu sukses yang ternyata dahulu adalah anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut membuktikan bahwa anak berkebutuhan khusus ternyata juga bisa menjadi orang berpengaruh dan sekaligus tokoh dunia.