Prospek Kerja Jurusan PLB Kedepan: Cerah Ataukah Suram?

By | Februari 26, 2021

Prospek kerja jurusan PLB ini bisa menjadi referensi atau bahan pertimbangan untuk anda yang tertarik masuk jurusan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus tersebut. Dalam artikel ini penulis menulis dalam dua sudut pandang yakni dari sudut pandang prospek masih cerah, dan prospek suram.

Sebelum masuk pada inti, kita perlu mengenal terlebih dahulu mengenai Jurusan PLB atau pendidikan luar biasa (pendidikan khusus). Jadi PLB merupakan salah satu jurusan atau prodi yang biasanya berada di Fakultas Ilmu Pendidikan atau keguruan yang mana mempersiapkan tenaga terampil dan professional dalam bidang layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK)/disabilitas.

Umumnya para lulusan jurusan PLB bekerja menjadi seorang pendidik atau guru di Sekolah Luar Biasa (SLB), guru pembimbing khusus (GPK) dan ada juga yang bekerja di luar bidang pendidikan seperti menjadi terapis maupun pekerjaan lainnya.

Prospek Kerja Jurusan PLB
Ilustrasi guru SLB via theirworld.org

Lalu bagaimana prospek kerja jurusan PLB kedepan? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Prospek kerja jurusan PLB kedepan

Cerah

Prospek jurusan PLB termasuk cerah karena peluang kerja yang masih sangat terbuka lebar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan semakin banyaknya SLB baik negeri maupun swasta maka juga membutuhkan semakin banyak guru juga. Kemudian lulusan jurusan ini bisa menjadi guru pembimbing khusus di sekolah inklusi. Selanjutnya bila anda ingin tambahan penghasilan juga bisa membuka jasa les untuk anak berkebutuhan khusus di sekitar lingkungan tempat tinggal anda.

Suram

Bila anda ingin masuk jurusan PLB dan bercita-cita menjadi PNS guru SLB, hal tersebut sangat sulit. Mengapa demikian, karena formasi CPNS PLB sendiri tidak banyak, sekolah luar biasa (SLB) yang berstatus negeri di suatu Kabupaten umumnya hanya ada satu sekolah, dan masing-masing sekolah hanya membutuhkan satu sampai dua guru saja, anda yang sampai empat tetapi sangat jarang.

Baca Juga  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Tunagrahita Di SLB

Terlebih lagi semakin banyak pula Universitas yang membuka jurusan PLB yang membuat lulusannya juga banyak. Oleh karena itu bila anda tetap ingin menjadi guru SLB yang berstatus PNS tentunya harus mengikuti seleksi CPNS yang ketat serta anda harus siap untuk bersaing dengan banyak orang.

Demikianlah prospek kerja jurusan PLB kedepan dilihat dari dua sudut pandang. Disini penulis tidak menyuruh untuk masuk atau menghindari jurusan ini ya. Penulis hanya memberi gambaran yang didasarkan pada pengalaman yang ada karena penulis juga merupakan alumni jurusan ini, untuk keputusan tetap berada di tangan anda.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat. Silahkan baca artikel lainnya tentang dunia pendidikan di situs ini, terima kasih.