5 Tips Memilih Alat Bantu Dengar Untuk Tunarungu

By | Agustus 18, 2019

Apakah Anda memiliki permasalahan dengan pendengaran? Atau memang Anda mengalami tunarungu? Jika memang demikian, kini saatnya Anda harus memanfaatkan alat bantu dengar tunarungu yang nantinya akan membantu Anda dalam berkomunikasi. Bayangkan saja jika Anda memiliki gangguan pendengaran, bisa jadi Anda akan mengalami kesalahpahaman dalam berkomunikasi. 

alat bantu dengar tunarungu
Ilustrasi orang menggunakan alat bantu dengar via webmd.com

Saat ini, banyak sekali alat bantu dengar tunarungu yang ditawarkan di berbagai toko kesehatan. bahkan, beberapa praktisi kesehatan juga memberikan rekomendasi terbaik dalam mengatasi permasalahan pendengaran Anda dengan memilih alat bantu dengar yang sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang membutuhkan alat bantu dengar, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Jangan lupa berkonsultasi dengan ahli audiologi

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih alat bantu dengar tungarungu adalah dengan mengkonsultasikannya kepada audiologist. Dalam hal ini, sebelum pihak audiologist tersebut memberikan rekomendasi alat bantu dengar yang sesuai, mereka akan melakukan pengecekan secara mendetail sehingga alat bantu dengar tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

2. Pilih jenis alat bantu dengar yang sesuai

Selanjutnya, dalam alat bantu dengar tungarungu Anda harus memilih sesuai dengan jenis, fitur dan ukuran. Secara umum, alat bantu dengar tersebut terbagi menjadi beberapa jenis yang diantaranya adalah in the canal, in the ear, behind the ear dan receiver in the ear. Semua jenis tersebut memiliki berbagai fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3. Pastikan alat bantu dengar tersebut menawarkan garansi

Tidak kalah penting lagi, pastikan dalam membeli alat bantu dengar tunarungu selalu menanyakan kaitannya dengan garansi yang ditawarkan. dengan adanya garansi tersebut, ke depannya akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam waktu dekat setelah pembelian. Dengan cara ini, Anda bisa mengklaim tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

Baca Juga  12 Tips Berkomunikasi Dengan Penyandang Tunarungu

4. Pilih alat bantu dengar yang dapat disesuaikan

Ketika Anda membeli alat bantu dengar tunarungu, pastikan Anda juga menanyakan apakah alat bantu dengar tersebut ke depannya bisa ditingkatkan fungsinya. Hal ini dilakukan demi mengatisipasi adanya peningkatan atas keparahan dari permasalahan pendengaran Anda di masa yang akan datang. 

5. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dalam pemakaian

Dalam hal ini, Anda yang membeli alat bantu dengar tunarungu harus memastikan untuk melakukan uji coba. Caranya dengan memasangkan alat bantu dengar pada telinga dan Anda bisa mencoba mendengarkan apapun yang ada di lingkungan sekitar. Jika Anda merasa nyaman dan cocok, Anda bisa menjadikan alat bantu dengar ini sebagai rekomendasi dan sebaliknya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih alat bantu dengar tunarungu untuk membantu Anda dalam berkomunikasi. Dengan membelinya di tempat yang resmi dan sesuai dengan rekomendasi dokter, ke depannya Anda tidak akan mengalami permasalahan dalam pendengaran. Kini Anda bebas untuk berkomunikasi dengan siapapun itu.

One thought on “5 Tips Memilih Alat Bantu Dengar Untuk Tunarungu

  1. Pingback: 5 Toko Yang Menjual Alat Bantu Dengar Di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *