6 Pengertian Penelitian Sejarah Menurut Ahli

By | September 4, 2022

Pengertian penelitian sejarah atau penelitian historis merupakan suatu kegiatan yang sistematis untuk mengungkap peristiwa masa lalu atau lampau lewat penyelidikan berbagai sumber seperti dokumen masa lalu maupun bukti-bukti sehingga dihasilkan pengertian dan penafsiran yang tepat.
Berikut beberapa pengertian lainnya dari penelitian sejarah yang diuraikan oleh pendapat para ahli, semoga bermanfaat.

Pengertian Penelitian Sejarah Menurut Ahli

pengertian penelitian sejarah
Penelitian sejarah via unsplash.com

Borg dan Gall dalam (Djamal, 2015:103) Menguraikan Penelitian sejarah adalah suatu kegiatan sistematis untuk menyelidiki dokumen serta berbagai sumber lainnya yang mengandung fakta mengenai pertanyaan-pertanyaan sejarawan di masa lalu.

Wiersman dalam (Djamal, 2015:103) mengemukakan pendapat mengenai pengertian penelitian sejarah yaitu suatu proses menyelidiki dengan kritis mengenai suatu peristiwa di masa lampau dengan tujuan menghasilkan deskripsi serta penafsiran yang benar dan tepat mengenai peristiwa-peristiwa tersebut

Djamal (2015:17) menjelaskan pengertian sejarah yakni cerita perubahan, peristiwa, maupun sebuah kejadian di waktu dulu yang mana sudah diberikan tafsir maupun alasan yang dikaitkan sehingga menciptakan pengertian yang lengkap.

bannerartikel

Jack. R. Fraenkel & Norman E. Wallen (dalam Yatim Riyanto, 1996: 22), penelitian sejarah merupakan penelitian memfokuskan pada kejadian masa lampau. Penelitian sejarah mencoba merenkonstruksi apa yang terjadi di masa lampau selengkap serta seakurat mungkin, dan umumnya menjabarkan mengapa kejadian tersebut terjadi.

Donald Ary dkk (Yatim Riyanto, 1996: 22) memaparkan definisi dari penelitian sejarah yakni untuk menetapkan fakta dan mencapai kesimpulan tentang kejadian di masa lalu, yang mana dilakukan dengan runut atau sistematis dan objektif oleh ahli sejarah untuk mencari, mengevaluasi serta menafsirkan bukti-bukti untuk mempelajari masalah baru tersebut.

Wasino & Endah Sri Hertatik (2018: 5), Penelitian sejarah yakni suatu proses penelitian yang memiliki ciri khusus yang mana berbeda dengan penelitian-penelitian sosial-humaniora lainnya. Objek kajian pada penelitian sejarah yakni fenomena sosial yang telah terjadi di waktu lampau yang memiliki jarak waktu, kecuali sejarah kontemporer sangat jauh dengan waktu tempat hidup penelitinya.

Baca Juga  Biaya kuliah farmasi kampus swasta di Indonesia, Simak Rinciannya

Demikianlah pengertian penelitian sejarah menurut ahli. Silahkan bagikan artikel ini apabila anda rasa bermanfaat. Anda bisa mengutip pengertian dalam artikel ini namun jangan lupa untuk menuliskan sumbernya, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Wasino & Endah Sri Hertatik. 2018. Metode penelitian sejarah. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta

Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Riyanto, Yatim, 1996. Metodologi Penelitian Suatu Tindakan Dasar, Surabaya: Sie. Surabaya.

Tinggalkan Komentar