5 Youtuber Disabilitas Yang Populer Dan Menginspirasi

By | Maret 12, 2020

Youtuber disabilitas merupakan seseorang yang memiliki hambatan fisik maupun sensori yang berkarya membuat konten di youtube. Beberapa orang memiliki fisik kurang sempurna karena memang sudah kehendak Nya. Kekurangan fisik maupun hambatan sensori yang dialami oleh seseorang dapat disebabkan oleh hal tertentu.

Akibatnya rasa percaya diri untuk tampil di depan umum menjadi berkurang. Sebagian orang kekurangan fisik maupun sensori (disabilitas) memilih untuk tetap semangat dan menggalih kreatifitasnya sebagai youtuber disabilitas. 

Youtuber Disabilitas yang Terkenal dan Menginspirasi

Dalam sebuah tayangan youtube, Anda pasti pernah melihat suatu konten yang dibuat oleh seorang disabilitas. Pernahkah Anda berpikir bahwa, youtuber disabilitas memiliki semangat tinggi dalam membuat konten. Tanpa malu karena kekurangan fisik, mereka berusaha percaya diri menebarkan kreatifitasnya dan memberikan semangat kepada sesama disabilitas untuk percaya diri. 

Berikut merupakan beberapa youtuber disabilitas yang menginspirasi dan patut untuk diketahui. 

1. Laninka Siamiyono

youtuber disabilitas : laninka
laninka via mediaindonesia.com

Youtuber disabilitas Laninka Siamiyono mengidap Rheumatoid Arthritis atau biasa disebut dengan autoimun. Penyakit ini memberikan efek peradangan sendi sehingga menyebabkan anggota gerak tubuh seperti kaki dan tangan terasa kaku.

Selama menjalankan aktivitasntya, Laninka menggunakan kursi roda. Pemilik akun youtube “the wheelchair girl” tersebut dikenal oleh masyarakat. Konten yang dibuat Laninka seputar tutorial make up dan dunia disabilitas. 

2. Adalia Rose

youtuber disabilitas : adalia rose
Adalia Rose via mommiesdaily.com

Adalia Rose mengidap sindrom progeria hutchinson giford, sindrom tersebut menyebabkan penuaan dini sehingga tampilan fisik Adalia Rose tampak tua.

Walaupun usianya masih 11 tahun, penampilannya kelihatan sangat tua. Tampilan tidak membuatnya sedih, Adalia bahkan selalu cerita. Hal itu terlihat jelas pada video youtube yang di unggahnya ketika membuat konten bersama ibundanya. 

3. Marimar Quiroa

Marimar via grid.id

Sejak lahir Marimar quiroa terkena tumor cystic hygroma yang menyerang bagian leher dan mulut. Tumor menyebabkan tampilan wajah Marimar tampak berbeda dari lainnya, sehingga Marimar merasa malu dan sempat berusaha menutupi wajahnya. 

Baca Juga  7 Hal Yang Tidak Banyak Orang Tahu Mengenai Jurusan PLB

Sekarang Marimar sudah berbeda, meskipun belum sembuh namun Marimar percaya diri atas kekurangan fisiknya. Di usia 25 tahun Marimar menyebarkan kebaikan dan membuat youtube “MakeupArtistGorda66”. Pengikut channel youtube Marimar cukup banyak yakni mencapai 536.000 subscriber. 

4. Michaela Davert

youtuber disabilitas : Michaela Davert
Michaela Davert via netralnews.com

Youtuber disabilitas yang keempat ada Michaela Davert. Seorang Michaela harus bertahan hidup dari penyakit osteogenesis imperfecta. Akibat penyakit yang dideritanya, Michaela harus melakukan operasi dalam jumlah besar karena tulang di tubuhnya rapuh serta mudah patah.

Michaela tidak patah semangat, kini dirinya menjadi beauty vlogger terkenal di youtube. Akun channel youtubenya diberi nama funsizedstyle. Melalui channel youtubenya, dirinya mempromosikan produk jualan “fashion line” miliknya yang menjual berbagai macam produk seperti totebag, hoodie, bantal, kaos dan lainnya. 

5. Amanda Farliany Faishal

Amanda Farliany Faishal via metropolitan.id

Amanda Farliany Faishal merupakan pemilik akun youtube bahasa isyarat Indonesia atau sering disebut dengan Bisindo. Channel youtube Amanda memiliki pengikut kurang lebih 47 ribu subcriber. Alasan Amanda mendirikan channel youtube tersebut berawal dari kekurangan fisiknya yakni tidak dapat mendengar (tunarungu).

Sebagai seorang tunarungu, Amanda tidak hanya diam saja namun dirinya berusaha kreatif untuk membuat akun youtube yang berisi semangat ditujukan kepada penyandang disabilitas lainnya. 

youtuber disabilitas

Itulah beberapa youtuber disabilitas yang selalu semangat menebarkan konten positif bagi penontonnya walau kondisi fisiknya tidak sempurna. Youtuber disabilitas di atas merasa percaya diri dengan apa yang dimilikinya sekarang. Tentunya Anda sebagai manusia yang memiliki fisik sempurna juga harus mencontoh percaya diri tinggi yang dimiliki youtuber disabilitas. Semoga youtuber disabilitas menjadi inspirasi semangat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *