Melatih Berhemat Sejak Dini: 10 Cara Agar Anak Anda Tidak Jajan Boros

By | Juni 17, 2017

Membiasakan anak tidak boros dengan kegiatan menabung via everydayme.co.id

Disebutkan dalam bukunya, bahwa menurut Dara Duguay yang notabene merupakan penulis Please Send Money! A Financial Survival Guide for Young Adults on Their Own menyatakan bahwa tidak ada batasan usia terlalu muda untuk mengajarkan keuangan kepada buah hati. Di lain sisi, dikatakan bahwa akan lebih baik lagi Anda mengajarkan untuk tidak jajan boros pada buah hati ketika dia minta uang untuk pertama kalinya.

Sebagai langkah jitu kaitannya akan hal tersebut berikut ini tips agar buah hati bisa belajar berhemat.

Tips Agar Buah Hati Bisa Belajar Berhemat

Ajak memilih celengan yang disukai
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih berhemat sejak dini adalah dengan membelikan celengan yang memiliki bentuk kesukaan dia. Cobalah meminta dia menyisakan sebagian uang untuk ditabung.

Baca Juga  Literasi: Mengenal Konsep Dasar dan 6 Komponennya

Ajak berbelanja
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak buah hati pergi berbelanja. Dengan membiarkan dia memilih barang dan mengenalkan padanya atas harga suatu barang, maka hal ini akan melatih buah hati dalam berhemat.

Cobalah untuk tegas
Akan jauh lebih baik dalam mengajarkan berhemat sejak dini pada buah hati melalui pembatasan pada pemberian uang. Jangan berikan dia uang ketika hanya digunakan untuk membeli permen hingga habis.

Ajak untuk bertukar mainan
Sering kali anak jenuh dengan satu permainan. Jika hal ini terjadi, untuk mengajarkan berhemat, maka ajaklah untuk menukarkan mainan dengan kepemilikan temannya. Cara ini akan melatih untuk tidak selalu membelanjakan uang.

Jadilah sosok yang dianut
Akan jauh lebih baik jika Anda juga menjadi sosok yang dianut. Dalam hal ini, ajaklah sesekali pergi ke bank untuk menabung, sehingga buah hati akan belajar untuk tidak jajan boros dan kembali menabung.

Berikan uang jatah
Meskipun Anda mengajarkan cara berhemat, tidak ada salahnya jika Anda memberikan uang jatah setiap minggu atau bulan. Dengan cara ini, maka buah hati akan belajar bagaimana mengatur keuangan mereka sendiri.

Buatlah suatu tujuan
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan agar tidak jajan boros adalah dengan menentukan tujuan. dalam hal ini, ketertarikan menabung bisa divisualisasikan dengan gambar barang yang akan dibeli, sehingga buah hati semangat dalam menabung.

Buka buku tabungan
Akan lebih menyenangkan ketika Anda mengenalkan buku tabungan kepada buah hati. dalam hal ini, ajarkan kegiatan menabung dan ceritakan bagaimana senangnya ketika mendapati tabungan terus bertambah banyak. Cara ini akan membuat buah hati giat menabung.

Ajaklah berbicara tentang uang
Untuk mengenalkan hidup hemat, maka akan sangat tepat jika Anda mengajak anak untuk duduk bareng dan membicarakan tentang uang. Ceritakan tentang hal ringan terkait memiliki uang yang banyak di masa depan.

Baca Juga  Pengembangan Bahasa: Pelaksanaan Asesmen dan Pembinaan Artikulasi

Ceritakan perihal tentang keuangan
Dikatakan bahwa akan lebih baik jika Anda selalu menceritakan perihal keuangan dengan topic ringan. Hal ini bisa saja tenggang kartu kredit Anda, bagaimana cara menggunakananya dan lain sebagainya.

Untuk mengajarkan buah hati kaitannya dengan berhemat sejak dini, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips tersebut di atas. Melalui cara yang sederhana dan nyata, maka buah hati akan tertarik untuk menabung. Dengan cara ini pula, maka ke depannya dia akan pandai dalam memanajemen uangnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *