Panduan Lengkap Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

By | Maret 31, 2022

Sekarang ini semakin banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan jenjang kuliah di luar negeri. Bahkan banyak pula diantaranya yang sudah mempertimbangkan untuk sekolah di luar negeri sejak masuk jenjang SMA. Nah, apakah mungkin Kamu juga salah satu dari sekian banyak yang bercita-cita untuk kuliah di luar negeri? Jika iya, maka Kamu harus tahu bagaimana cara daftar kuliah di luar negeri.

Lebih lengkapnya, Kamu bisa membaca panduan lengkap cara daftar kuliah di luar negeri yang sudah Kami ringkaskan dibawah ini.

Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri
Ilustrasi perkuliahan di luar negeri

Keuntungan kuliah di luar negeri

Jika Kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, tentu saja ini beralasan bukan? Ya, memutuskan kuliah di luar negeri memang sebuah keputusan besar karena harus meninggalkan tempat tinggal dalam jarak dan jangkauan waktu yang lama. Selain itu bagi mereka yang tidak menggunakan beasiswa, tentu saja harus merogoh kocek yang agak dalam untuk bisa bersekolah disana. Meski begitu 3 keuntungan dibawah ini jelas mampu menutup beberapa hal diatas.

1. Pengalaman baru

Kuliah akan membuat kita memiliki pengalaman baru dan ini akan membuat pemikiran kita jadi lebih terbuka terhadap banyak hal, khususnya ketika kuliah di luar negeri. Jadi tak sekedar akademik saja, namun dengan kuliah Kamu akan tumbuh menjadi seorang yang lebih bijak dan lebih dewasa ketika memandang kehidupan.

2. Pendidikan yang berkualitas

Kita tidak bisa memungkiri jika banyak negara memiliki system dan teknologi pendidikan yang lebih maju dan mumpuni, khususnya untuk universitas ternama. Selain itu dengan belajar di luar negeri, Kamu juga akan belajar dengan kurikulum Internasional yang artinya system evaluasinya juga bertaraf internasional.

3. Prospek karir lebih cerah

Biasanya lulusan luar negeri memiliki nilai lebih dan tentu saja lebih menjual sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan rate yang tinggi pun bisa lebih mudah. Tak hanya itu, kesempatan untuk mendapat pekerjaan juga lebih luas karena tak hanya didalam negeri namun juga di luar negeri.

Cara memilih negara tujuan kuliah

Memilih negara tujuan kuliah tidaklah boleh sembarangan. Beberapa hal berikut ini harus dijadikan pertimbangan:

1. Sistem pendidikan

Pilihlah unversitas dengan system pendidikan yang maju dan yang didukung oleh sumber daya serta teknologi yang mumpuni.

2. Program studi

Sama halnya dengan universitas di Indonesia, di luar negeripun Kamu juga harus tetap menentukan program studi yang Kamu inginkan. Untuk menentukan yang terbaik, jangan lupa untuk melihat rangking jurusan pilihanmu di universitas yang hendak dituju. Usahakan memiliki beberapa opsi universitas sebelum akhirnya memilih satu.

3. Universitas favorit

Siapa yang tidak ingin mendapatkan gelar sarjana dari universitas ternama? Ya, di luar negeripun ada banyak universitas yang bisa dijadikan pilihan, namun tentu saja Kamu juga mempertimbangkan kualitas dari universitas pilihanmu.

Baca Juga  5 Cara Cepat Menyusun Skripsi (Ketahui Trik Ini)

4. Biaya kuliah dan biaya hidup

Tak bisa dipungkiri jika dua hal ini tentu lebih mahal dari kuliah dalam negeri. Karena itu ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu berapa biaya kuliah rata-rata dan berapa biaya hidup rata-rata di suatu negara. Tujuannya agar nantinya budget pendidikan bisa sesuai dengan kemampuan, khususnya bagi Kamu yang kuliah tanpa beasiswa.

5. Bahasa pengantar kuliah

Perbedaan bahasa bisa menjadikan ilmu tidak terserap dengan baik. Oleh karena itu disarankan untuk menempuh pendidikan di universitas yang menggunakan bahasa asing sesuai dengan kemampuanmu.

bannerartikel

Negara favorit pelajar Indonesia

Salah satu kampus di luar negeri
Monash university, salah satu kampus di luar negeri

Berdasarkan data statistic dari UNESCO setiap tahunnya jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri terus meningkat. Dan berikut ini beberapa negara yang sering dijadikan sebagai tujuan favorit para pelajar Indonesia:

1. Australia

2. Amerika Serikat

3. Malaysia

4. Inggris

5. Jepang

6. Mesir

7. Jerman

8. Arab Saudi

9. Kanada

10. Korea Selatan

Baca Juga: Kampus untuk kuliah manajemen di luar negeri

Beasiswa Pemerintah ke Luar Negeri Terpopuler

Ada beberapa cara daftar kuliah di luar negeri, dan jika Kamu tidak menempuh jalur mandiri, maka Kamu bisa lewat jalur beasiswa. Saat ini kian banyak beasiswa luar negeri yang disediakan bagi para pelajar baik itu yang sengaja disediakan oleh pemerintah, ataupun dari instansi-instansi tertentu. Dan berikut tiga diantaranya:

1. LPDP

Beasiswa ini diberikan oleh LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Dalam LPDP ini ada 5 jenis beasiswa yang bisa dijadikan pilihan.

2. Dikti

Beasiswa dari DIKTI ini terdiri dari 6 jenis beasiswa baik dalam ataupun luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3.

3. Beasiswa unggulan

Beasiswa ini juga diberikan untuk jenjang S1, S2, dan S3 baik dalam ataupun luar negeri. Ada 4 jenis beasiswa yang disediakan disini.

Cara Daftar Kuliah Di Luar Negeri

Ilustrasi seseorang sedang mempersiapkan dokumen
Ilustrasi seseorang sedang mempersiapkan dokumen

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait kuliah di luar negeri, maka sekarang caranya kita untuk tahu bagaimana cara daftar kuliah di luar negeri. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan jurusan – universitas – dan negara tujuan

Tak hanya sebagai dasar yang mempengaruhi peluang untuk Kamu diterima, namun tiga hal ini juga berpengaruh untuk kedepannya. Nah, dalam pemilihan jurusan pun usahakan untuk tak hanya menuliskan satu pilihan jurusan saja di sebuah universitas.

2. Perhatikan dengan teliti semua syarat dan ketentuan yang diberlakukan

Setelah menentukan jurusan apa serta dimana Kamu akan kuliah, selanjutnya yang harus dilakukan yakni mempelajari dan memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ada. Biasanya informasi terkait syarat dan ketentuan ini dipublikasikan lewat website resmi universitas.

Baca Juga  10 Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Nah, perlu diketahui jika adanya perbedaan kurikulum membuat beberapa sekolah di luar negeri tidak bisa menerima ijazah dari SMA berkurikulum nasional. Jadi jika Kamu sekolah di SMA dengan kurikulum nasional, disarankan untuk mengambil program Pathway atau Foundation.

3. Siapkan IELTS dan TOEFL

Ada baiknya jika sebelum mendaftar ke universitas untuk melakukan tes ujian IELTS/TOEFL. Hal ini dikarenakan mayoritas universitas di luar negeri meminta sertifikasi bahasa Inggris dalam prasyaratnya. Selain itu pastikan untuk mendapatkan skor sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. Biasanya skor yang dibutuhkan untuk IELTS sekitar 6,5 dan TOEFL minimal skor 80.

4. Dana pendidikan

Kuliah di luar negeri jelas lebih mahal, apalagi biaya hidupnya juga. Karena itu jika Kamu berharap untuk bisa kuliah di luar negeri dengan biaya minimalis, maka Kamu bisa coba mendaftar beasiswa dari lembaga atau dari institusi yang hendak dituju.

Banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk para pelajar dari luar negeri, untuk itu, carilah tahu sebanyak mungkin terkait dengan beasiswa ini sebelum mendaftar.

5. Motivation Letter

Salah satu cara daftar kuliah di luar negeri yakni dengan membuat motivation letter sebagai pemenuhan persyaratan. Tulislah sebaik mungkin dengan penyampaian yang kuat serta berkesan.

6. Terjemahkan dokumen

Syarat administrasi ini dinilai sebagai salah satu cara daftar kuliah di luar negeri yang lumayan ribet. Salah satu syaratnya yakni beberapa dokumen yang harus di terjemahkan. Nah, jika tidak ingin ribet dengan persyaratan penerjemahan dokumen ini, Kamu bisa memanfaatkan jasa penerjemah tersumpah. Layanan jasa ini tak hanya sekedar menerjemahkan saja, namun juga ikut menjamin keaslian dan pastinya bebas dari penyalahgunaan.

7. Ikuti alur pendaftaran sesuai ketentuan negara tujuan

Beberapa negara memiliki alur pendaftaran yang cukup ribet. Untuk itu Kamu perlu untuk mempelajarinya. Misalnya saja ketika Kamu ingin kuliah di Inggris, maka sebelumnya Kamu harus mendaftar dulu lewat UCAS dan disinilah Kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan program studi.

Nah, dengan membaca panduan cara daftar kuliah di luar negeri diatas, tentu saja Kamu sedikit banyak sudah memiliki gambarannya bukan? Proses pendaftaran bisa cepat bisa juga panjang dan melelahkan. Jika tidak ingin ribet, Kamu bisa memanfaatkan jasa konsultan pendidikan yang siap membantumu untuk melampaui segala prosesnya.

One thought on “Panduan Lengkap Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

  1. Pingback: 15 Universitas Yang Membuka Jurusan ilmu komunikasi di Indonesia

Tinggalkan Komentar