5 Tips Mendapatkan Alat Bantu Dengar Gratis Yang Bisa Anda Coba

By | Oktober 3, 2019

Kali ini penulis membagikan artikel tentang tips mendapatkan alat bantu dengar gratis. Khususnya bagi orang yang mengalami hambatan pendengaran atau tunarungu yang dalam hal ini tidak mampu (miskin) sehingga kesulitan untuk mendapatkan alat tersebut. Lalu, bagaimana cara mendapatkan alat bantu dengar secara percuma?

alat bantu dengar via hearingyourbest.com

Berikut 5 tips yang wajib Anda ketahui untuk mendapatkan alat bantu dengar gratis bagi saudara tunarungu yang membutuhkan bantuan.

1. Daftarkan diri terlebih dahulu

Lewat kemajuan internet, penyandang tunarungu bisa mendaftarkan diri ke Starkey Hearing Foundation dan masukkan semua data yang dibutuhkan seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, NIK, nomor telepon, dan info lain. Nanti Anda akan menerima pesan mengenai kapan, tempat dan apa yang dibutuhkan dalam pemasangan alat bantu dengar.

2. Pastikan untuk membawa data lengkap dan kartu identitas saat pemeriksaan telinga

Sebelum pemasangan alat bantu dengar gratis, penyandang akan melakukan tes pemeriksaan telinga. Ada baiknya membersihkan dan merawat telinga dengan baik agar ABD bisa berfungsi secara maksimal. Pemasangan ABD bisa saja tertunda kalau telinga kotor dan mengalami masalah pendengaran serius. penyandang bisa saja dirujuk ke dokter THT untuk mendapatkan perawatan lebih dulu.

3. Proses pemasangan ABD

Jika penyandang tunarungu merupakan anak-anak, sebaiknya selalu ditemani oleh orangtua atau pendamping. Pemasangan ABD bisa saja menyebabkan masalah kurang nyaman pada awal pemakaian. Namun, seiring waktu berlalu, penderita tunarungu akan merasa nyaman dan bisa mengenali suara. Pemasangan ABD berdasarkan dengan kebutuhan atau derajat ketulian yang diderita.

4. Konseling

Untuk mendapatkan alat bantu dengar gratis, penyandang tunarungu wajib mengikuti konseling setelah pemasangan ABD. Fungsi konseling berguna untuk menjelaskan cara pemakaian, perawatan dan hal-hal penting seputar ABD.

Baca Juga  Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan Pengembangannya

5. Pastikan mengantri lebih pagi dan mendapatkan pelayanan aftercare

Setelah proses konseling, maka rangkaian pengajuan ABD sejak pendaftaran hingga pemasangan sudah selesai. Ada baiknya penyandang disabilitas untuk mengantri sejak pagi dan membawa makanan atau sarapan lebih dulu. Alat bantu dengar diberikan secara gratis pada penderita tunarungu. Pastikan untuk mengetahui pelayanan aftercare atau perawatan ABD setelah dipakai nanti.

ABD diberikan secara gratis bahkan bisa diganti dengan alat bantu dengar yang baru kalau produk lama mengalami kerusakan. Anda wajib tahu bahwa pemberian ABD gratis setiap tahun sehingga bisa diberitahukan kepada para penderita tunarungu di Indonesia.

Beberapa tips mendapatkan alat bantu dengar di atas bisa Anda informasikan kepada saudara atau orang yang membutuhkan donasi ABD. Penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk menikmati hidup lebih baik. Yuk, bantu lebih banyak orang yang kurang beruntung mendapatkan fasilitas gratis ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *