7 Cara Agar Anak Betah Di Rumah: Mencegah Nongkrong Tidak Jelas

By | Mei 28, 2021

Agar anak betah di rumah penting dilakukan oleh orang tua supaya mencegah pada hal-hal yang tidak bermanfaat, salah satunya seperti kegiatan nongkrong yang tidak jelas. Kegiatan nongkrong tidak jelas sangat umum di lakukan anak muda saat ini.

Bukannya mengarah hal yang produktif, kegiatan nongkrong seringkali malah mengarah pada hal negatif seperti tawuran, minum-minuman keras, atau ngobrol sampai larut malam bahkan pagi yang berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Kegiatan nongkrong tidak jelas tadi bisa terjadi karena berbagai hal namun yang mendasar dikarenakan anak tidak merasa betah di rumah. Penyebabnya bisa jadi karena anak sering dimarahi orang tua, ditekan, tidak mendapat kasih sayang, suasana rumah yang tidak kondusif yang mana membuat anak tidak nyaman di rumah.

agar anak betah di rumah
Ilustrasi anak sedang bermain dengan orang tua via healthwaymedical.com

Hal yang demikian bila berlanjut terus menerus akan berdampak tidak baik pada anak seperti hubungan orang tua dan anak yang tidak dekat. Oleh karena itu sejak anak masih kecil orang tua harus mengupayakan agar anak betah di rumah, melalui cara-cara, kiat, atau tips berikut ini.

Cara Agar Anak Betah Di Rumah

1. Ciptakan suasana rumah yang hangat

Suasana keluarga yang hangat di rumah
Suasana keluarga yang hangat di rumah via jayfeitlinger.com

Cara agar anak merasa nyaman dan betah di rumah yang pertama adalah menciptakan suasana rumah yang hangat. Hal ini bisa dimulai orang tua sejak anak masih kecil diantaranya mengasuh dengan kasih sayang dan penuh cinta, kemudian memberi perhatian kepada anak.

Orang tua juga perlu membangun komunikasi yang baik dengan anak dengan mengajak diskusi yang sifatnya serius hingga bercanda. Dengan begitu anak akan nyaman untuk cerita segala yang dialami kepada orang tua.

Baca Juga: Game literasi terbaik untuk anak yang bisa diterapkan di rumah

Baca Juga  7 Penyebab Yang Bisa Membuat Anak Gagal Di Sekolah

2. Beri Anak Ruang Privasi

agar anak betah di rumah berikan ruang privasi anak
Kamar tidur anak via designcafe.com

Kadang tidak semua paham mengenai pentingnya ruang privasi bagi anak. Ruang privasi bagi anak sangat penting karena ada kalanya anak ingin sendiri dan tidak ingin diganggu. Contoh ruang privasi ini adalah kamar tidur khusus untuk anak.

Orang tua tentu perlu memahami bahwa tidak bisa masuk seenaknya di ruang privasi anak, orang tua harus meminta ijin kepada anak misalnya mengetuk pintu terlebih dahulu. Dengan menghargai ruang privasi anak, dikemudian hari anak juga akan lebih bisa menghargai orang lain.

3. Buat aktivitas bersama yang menyenangkan

keluarga sedang menonton
Keluarga sedang menonton via express.co.uk

Aktivitas bersama yang menyenangkan perlu dilakukan orang tua dan anak di rumah. Seringkali yang terjadi bila orang tua di rumah bersama anak, orang tua sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai di kantor, membersihkan rumah, mencuci motor, memotong rumput yang mana menyuruh anak untuk membantu.

Hal tersebut baik untuk membiasakan anak membantu orang lain, namun bila hanya seperti itu terus menerus dapat membuat anak malas berada di rumah. Sebaiknya orang tua secara rutin melakukan aktivitas bersama anak yang sifatnya menyenangkan seperti bermain, menonton tv atau film, bermain game, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Buat fasilitas yang mendukung di rumah

fasilitas yang mendukung di rumah
fasilitas yang mendukung di rumah via archdaily.com

Cara efektif supaya anak betah di rumah bisa dengan memberikan fasilitas yang mendukung di rumah. Adanya wifi sebagai contohnya, bisa membuat anak betah berada di rumah karena anak bisa mengakses internet dengan mudah baik untuk keperluan sekolah maupun mengisi waktu luang. Seringkali anak harus pergi ke café atau tempat tertentu hanya untuk mencari akses wifi.

Fasilitas lain juga bisa dihadirkan di rumah misalnya saja studio atau ruang kecil yang bisa dimanfaatkan anak untuk bisa berkarya dan lebih produktif, langganan streaming film, hingga fasilitas lainnya yang dapat membuat anak merasa betah berada di rumah.

Baca Juga  7 Pengertian Populasi Menurut Pendapat Para Ahli

5. Dekor rumah supaya nyaman dan menarik

agar anak betah di rumah yakni Dekor rumah supaya nyaman dan menarik
Dinding rumah yang menarik via thetilecurator.com

Mendekor rumah semenarik mungkin juga bisa dilakukan supaya anak betah di rumah. Orang tua bisa mendekor rumah dengan melibatkan anak. Bisa dengan menghias tembok dengan gambar-gambar ataupun menyediakan ruangan untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Suasana rumah yang nyaman akan membuat penghuni didalamnya merasa betah.

6. Mengundang teman ke rumah

remaja karaoke di rumah
Remaja karaoke di rumah via momjunction.com

Bila anak ingin berkumpul dengan teman-temannya, orang tua bisa menawarkan inisiatif dengan meminta anak mengundang teman-temannya di rumah. Selain bisa tetap berkumpul dengan teman-temannya, hal ini juga bisa mencegah anak nongkrong di tempat yang tidak jelas atau di tempat yang terlalu ramai mengingat sekarang ini masih dalam situasi pandemi.

Baca Juga: Hal yang wajib orang tua tahu dalam mendidik anak di jaman modern

7. Sediakan makanan yang sehat serta disukai anak

memasak di rumah
memasak bersama via thesimpledollar.com

Orang tua perlu menyediakan makanan atau cemilan yang sehat supaya anak nyaman di rumah. Sesekali orang tua juga bisa melibatkan anak untuk memasak cemilan yang disukai. Selain bisa berlatih memasak, memasak di rumah juga cenderung lebih murah dan menyehatkan.

Demikian tadi beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak betah di rumah sehingga menghindarkan anak pergi nongkrong ke tempat yang tidak jelas. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan untuk menjangkau lebih banyak pembaca yang membutuhkan, terima kasih.