Jaman Berubah, 5 Hal Yang Orang Tua Wajib Tahu Dalam Mendidik Anak

By | Mei 24, 2021

Orang tua wajib tahu beberapa hal ini ketika mendidik anak. Terlebih lagi di jaman modern saat ini sangat penting bagi orang tua untuk terus mengikuti perkembangan jaman dan tetap relevan. Sehingga harapannya kedepan anak dapat berkembang optimal dan menemukan kiat-kiat yang dapat mendukung anak dalam menghadapi kehidupan yang dinamis.

Lalu apa saja hal yang orang tua wajib tahu dalam mendidik anak di era modern saat ini?. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda.

Hal Yang Orang Tua Wajib Tahu Dalam Mendidik Anak

Orang Tua Wajib Tahu Dalam Mendidik
Ilustrasi orang tua modern via theconversation.com

Anak Bukan Ambisi Orang Tua, Biarkan Anak Mengejar Cita-citanya

Anak bukan salinan (copy) orang tua, tetapi orang tua dan anak tentu berbeda. Walaupun memang dilahirkan dari orang tua, anak sangat mungkin memiliki kesenangan dan sifat yang berbeda. Bukan berarti bila orang tua sukses misalnya katakanlah menjadi seorang guru maka anak harus menjadi guru seperti keinginan orang tua. Bisa saja orang tua memaksakan tapi bisa jadi pada akhirnya anak tidak merasa nyaman pada pekerjaannya.

Maka yang perlu dipahami adalah bahwa anak bukan ambisi orang tua. Biarkan anak menjadi dirinya sendiri, biarkan tumbuh mengejar cita-cita yang ia inginkan. Akan sangat menyenangkan bila anak bekerja pada bidang yang menjadi passionnya. Tugas orang tua modern adalah menemukan passion anak, memfasilitasi dan mendukung anak dalam mencapai keinginan dan harapan positifnya.

Bukan Dibentak, Ajak Anak Diskusi Dari Hati Ke Hati

Di jaman sekarang memarahi anak dengan berteriak-teriak dan membentak bukan cara yang baik. Bukannya anak berubah, tapi anak bisa malah takut atau bahkan orang tua malah tidak didengarkan dan dianggap seperti angin lalu.

Anak adalah manusia, mereka punya perasaan. Anak akan lebih baik bila diberi pengertian secara pelan-pelan dan diajak diskusi dari hati ke hati. Dengan demikian akan akan menjadi lebih dewasa dalam bersikap disamping lebih bisa menghargai orang lain.

Baca Juga  5 Pengertian Metode Pembelajaran Diskusi Menurut Ahli

Banyak Pekerjaan Baru Bermunculan, Biarkan Anak Memilih

Kemajuan teknologi telah berdampak pada berbagai sisi. Hadirnya internet telah mempermudah berbagai aktivitas mulai dari percakapan jarak jauh, membeli barang tanpa pergi keluar rumah, hingga berbagai kemudahan lainnya. Tidak hanya itu, disamping ada pekerjaan yang hilang, kemajuan jaman memunculan pekerjaan-pekerjaan baru yang mungkin tidak terfikirkan oleh orang tua pada saat ini.

Perlu diketahui bahwa saat ini pekerjaan tidak hanya tentang menjadi PNS, Polisi, TNI, Dokter, Arsitek, maupun pekerjaan mainstream lainnya. Orang tua juga perlu mengetahui bahwa jaman sekarang ada pekerjaan seperti fotografer, desainer, data analis, youtuber, programer, penulis, treveler dll yang bila ditekuni juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Jadi bila anak membuat video atau memfoto sesuatu yang mana menurut sebagian orang tua menganggap kurang kerjaan atau tidak jelas, maka bisa saja suatu saat anak tersebut memperoleh penghasilan dari bidang tersebut.

Tidak Dikekang, Beri Kesempatan Anak Berekspresi Seluas-luasnya

Anak jaman sekarang tidak suka dikekang. Anak yang cenderung dikekang malah akan bisa berontak. Maka dari itu orang tua modern memberi kesempatan pada anak untuk mengeluarkan segala kreatifitasnya dan biarkan untuk berekspresi seluas-luasnya.

Hal demikian bisa berdampat positif karena selain membuat anak lebih produktif, tetapi bisa juga dapat membantu kesehatan jiwa anak, terlebih lagi di era internet dan sosial media saat ini anak muda cenderung lebih mudah terkena masalah jiwa seperti galau, kecemasan, dll.

Sekolah Tinggi Tidak Menjamin Kesuksesan

Poin penulis pada kalimat “sekolah tinggi tidak menjamin kesuksesan”, disini penulis bukan mengajak untuk tidak sekolah tinggi ya. Sekolah setinggi-tingginya sangat baik sebagai bekal kehidupan kedepan melalui pengetahuan yang telah diperoleh semasa sekolah.

Baca Juga  5 Tips Parenting Untuk Hindari Paksaan Terhadap Anak

Orang tua perlu mengetahui bahwa dijaman sekarang ini perusahaan-perusahaan atau tempat kerja mulai tidak menaruh latar belakang pendidikan dan gelar sebagai syarat utama dalam merekrut karyawan. Perusahaan akan lebih melihat langsung keterampilan (skill) dan pengalaman seseorang pada suatu bidang. Sehingga mengajarkan keterampilan modern yang tidak diajarkan di sekolah pada anak sejak kecil bisa mendukung pada kehidupan mendatang misalnya bermusik, bahasa asing, berjualan dll.

 Namun memang hal tersebut tidak berlaku bagi semua pekerjaan, karena pada pekerjaan tertentu memang membutuhkan kualifikasi dan gelar pendidikan tinggi untuk bekerja di bidang tertentu, misalnya saja dokter, guru, perawat, psikolog, dll.

Itulah tadi beberapa poin yang orang tua wajib tahu dalam mendidik anak di jaman modern seperti sekarang. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang tua lainnya supaya lebih banyak lagi orang tua yang tercerahkan. Terima kasih.