5 Keterampilan modern zaman sekarang yang wajib dimiliki anak muda

By | Oktober 10, 2020

Keterampilan modern zaman sekarang sangat penting untuk dikuasai oleh anak muda yang hidup pada era saat ini. Dengan berkembangnya teknologi internet telah merubah banyak kebiasaan baru dimana berbagai hal bisa dilakukan dengan efisien dan efektif. Sehingga dapat dikatakan teknologi hadir mempermudah segala aktivitas manusia.

Pesatnya perkembangan zaman saat ini telah menghilangkan beberapa jenis pekerjaan namun sangat banyak lahir pekerjaan baru yang bisa dilakukan. Hal tersebut adalah contoh kecilnya dan masih banyak lagi contoh lainnya. Oleh karena ini pesatnya perkembangan zaman, anak muda perlu mempersiapkan diri untuk menguasai keterampilan modern zaman sekarang agar dapat bertahan dalam era yang sangat dinamis ini.

Keterampilan modern zaman sekarang
ilustrasi anak muda melakukan kerja tim via roberthalf.com

Lalu apa saja keterampilan yang wajib dikuasai oleh anak muda saat ini, berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda:

Keterampilan modern zaman sekarang yang wajib dimiliki anak muda:

1. Keterampilan Berdagang

Berdagang adalah keterampilan dasar yang perlu dimiliki anak muda saat ini. Kita bisa menjual dengan membuat lapak yang berupa fisik, maupun lapak secara online atau bisa disebut juga berjualan online, dan bahkan menggabungkan keduanya.

Dengan hadirnya sosial media juga mempermudah kita untuk melakukan kegiatan promosi secara gratis. Dengan keterampilan berdaganag atau berjualan kita bisa mendapatkan penghasilan secara instan atau cepat.

Baca Juga: Cara menemukan passion anak

2. Keterampilan Investasi

Berinvestasi merupakan keterampilan yang sangat penting pada era sekarang. Konsepnya adalah menaruh uang kita ke perusaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada berbagai cara investasi misalnya melalui reksadana, atau membeli saham secara langsung lewat sekuritas.

Hal ini penting bagi anak muda daripada menghabiskan uang untuk membeli barang yang sebetulnya tidak menjadi kebutuhan utama. Konsep investasi adalah menunda kesenangan saat ini untuk masa depan. Untuk teknis lebih dalamnya silahkan anda pelajari sendiri di internet.

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Motorik Halus Menurut Para Ahli

3. Keterampilan Mengelola stres

Sekarang ini berbagai hal berjalan secara dinamis, sering kali kita dituntuk melaksanakan pekerjaan secara cepat yang mana berdampak pada tingkat stres seseorang. Terlebih lagi pada anak yang tinggal di lingkungan perkotaan dengan kondisi jalan yang macet tentu akan membuat tidak nyaman.

Oleh karena itu keterampilan penting yang perlu dikuasai adalah keterampilan mengelola stres. Ada banyak cara orang untuk mengelola tingkat stres contohnya traveling, pergi ke gunung, bermain game, dan cara lainnya.

4. Keterampilan Berbahasa inggris

Berkembangnya teknologi internet membawa dampak positif salah satunya adalah kita bisa bergaul dengan orang dengan berbagai latar belakang bangsa manapun. Bagaimana tidak, kita bisa ngobrol atau berkenalan dengan misalnya negara di eropa hanya melalui smartphone.

Untuk itu kita wajib menguasai keterampilan bahasa Inggris karena bahasa tersebut merupakan bahasa internasional yang diakui. Dengan menguasai bahasa Inggris kita bisa kemanapun di seluruh dunia dan bahkan menjalin relasi bisnis mungkin yang tentunya peluang bagi anak muda.

5. Keterampilan Kerja tim

Keterampilan modern zaman sekarang yang amat penting saat ini adalah kemampuan kerja tim atau (teamwork). Sehingga bisa dikatakan saat ini adalah eranya kolabrasi. Biasanya suatu projek dikerjakan oleh berbagai orang dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda, untuk itulah mereka bekerja sama agar apa yang ingin diciptakan dapat selesai dengan hasil terbaik dan maksimal, itulah pentingnya kerja tim.

Baca Juga: Cara mengembangkan motorik halus anak

Itu tadi adalah keterampilan modern zaman sekarang yang wajib dikuasai anak muda. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca, terima kasih.

Baca Juga  Contoh Rapor Peserta Didik Sekolah Luar Biasa (SLB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *