Kegiatan Sederhana Mengembangkan Motorik Kasar Anak

By | Oktober 3, 2020

Gerakan motorik kasar merupakan aktivitas yang melibatkan otot-otot besar pada tubuh manusia. Adapun gerakannya bisa lokomotor, non lokomotor, maupun gerak manipulatif. Gerakan motorik kasar ini dilalui anak sebelum pengembangan kemampuan motorik halus yang tentunya lebih sulit.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai kegiatan atau aktivitas sederhana untuk mengembangkan motorik kasar anak. Pengembangan motorik kasar ini sangat penting sebagai pijakan untuk selanjutnya mengembangkan kemampuan motorik halus yang melibatkan otot-otot kecil yang sebih sulit dan memerlukan konsentrasi.

mengembangkan motorik kasar anak
mengembangkan motorik kasar anak via ptdradio.com

Lalu apa saja kegiatan sederhana untuk mengembangkan motorik kasar anak? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Kegiatan sederhana mengembangkan motorik kasar anak:

Merangkak

Merangkak merupakan gerakan motorik kasar yang sangat awal dikuasai anak ketika balita. Kemampuan ini bisa dilatih dengan memberikan stimulus berupa benda yang bisa membuat anak tertarik untuk mengambil atau menjangkau.

Berjalan

Kemampuan berlajan anak bisa dilatih ketika anak sudah memasuki usia-usia setelah anak mampu berdiri dan berlatih keseimbangan. Latih dengan meminta anak mengambil sesuatu dari jarak yang dekat hingga menjauh.

Melompat

Kemampuan motorik kasar melompat bisa dilatih dengan meminta anak meraih sesuatu yang lebih tinggi dari ukuran badan anak misalnya saja memetik buah jambu, atau memetik buah lainnya yang mengharuskan anak untuk melompat.

Berlari

Berlari merupakan aktivitas yang mengasah motorik kasar anak. Kegiatan ini bisa dipadukan dengan permainan-permainan yang melibatkan berlari seperti permainan kucing dan tikus yang tentunya dijamin menyenangkan.

Baca juga: Contoh kegiatan latihan sensomotorik pada anak

Menendang Bola

Menendang bola merupakan kegiatan yang melibatkan koordinasi motorik kasar kaki dan mata dimana ayunan kaki mengenai bola dengan tepat. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil bermain sepak bola yang biasanya disukai anak.

Baca Juga  Ulasan Film Miracle Worker: Kisah Hidup Disabilitas Bernama Helen Keller Yang Menginspirasi

Melempar Bola

Bila menendang bola menggunakan kaki, maka dalam aktivitas melempar bola yang digunakan adalah tangan. Kegiatan ini bisa dipadukan dengan misalnya melempar bola mengenai target yang menarik bagi anak.

Bersepeda

Kemampuan bersepeda tidak mudah dikuasai anak, sehingga perlu dilatihkan secara sabar dan berulang-ulang. Mengingat kegiatan ini melibatkan berbagai anggota tubuh yang tentunya cukup sulit. Selain itu juga anak dituntut menjaga keseimbangan.

Menari

Menari merupakan kegiatan yang melibatkan kemampuan motorik kasar banyak anggota tubuh. Dalam menari diperlukan koordinasi antara gerakan tangan dan kaki mengikuti irama lagu atau musik. Kemampuan menari dapat dikembangkan dalam sekolah maupun di luar sekolah seperti sanggar tari.

Baca juga: cara sederhana menemukan passion anak

Demikianlah kegiatan sederhana mengembangkan motorik kasar anak, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Silahkan membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca, serta baca juga artikel lainnya tentang dunia pendidikan di situs ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *