Mengenal Jurusan A, B, C, D, E, G, Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB)

By | Januari 29, 2019

Sekolah Luar Biasa (SLB) atau istilah bahasa inggris yakni special education school merupakan sekolah yang bertujuan membekali pengetahuan maupun keterampilan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Sehingga nantinya anak menjadi mandiri dapat mengurus diri, mampu bekerja, maupun melanjutkan ke perguruan tinggi bagi anak berkebutuhan khusus tertentu yang mampu.

Anak berkebutuhan khusus via adoptuskids.org

SLB sendiri berdiri ada yang didalamnya terbagi dalam unit-unit jurusan (kekhususan) dari tunanetra hingga tunalaras. Maupun SLB yang memang khusus mendidik ABK dengan kekhususan tertentu misal SLB khusus tunanetra, SLB khusus Tunarungu, SLB khusus Autis, dll.

Dalam menyebutkan jurusan/kekhususan tersebut terkadang orang hanya menyebutkan SLB A, B, C, D, dll. Bagi anda yang masih bingung berikut ini penjelasan lengkapnya:

Jurusan A (Tunanetra)

Tunanetra via societyfortheblind.org

Pada jurusan A fokus untuk mendidik siswa tunanetra, yakni siswa yang mengalami hambatan penglihatan baik low vision maupun total.

Jurusan B (Tunarungu)

Tunarungu via bt.com

Pada jurusan B fokus untuk mendidik siswa tunarungu, yakni siswa yang mengalami hambatan pendengaran baik kesulitan mendengar pada taraf tertentu maupun total.

Jurusan C (Tunagrahita)

Tunagrahita via mindainc.com.au

Pada jurusan C fokus untuk mendidik siswa tunagrahita, yakni siswa yang mengalami hambatan mental intelegensi baik ringan maupun sedang, (untuk yang berat biasanya masuk panti sosial).

Jurusan D (Tunadaksa)

Tunadaksa via berita.upi.edu

Pada jurusan D fokus untuk mendidik siswa tunadaksa, yakni siswa yang mengalami hambatan fisik, otot, tulang, dan sendi.

Jurusan E (Tunalaras)

Tunalaras via mossavi.wordpress.com

Pada jurusan E fokus untuk mendidik siswa tunalaras, yakni siswa yang mengalami hambatan sosial emosi.

Jurusan G (Tunaganda)

Tunaganda via kitabisa.com

Pada jurusan G fokus untuk mendidik siswa tunaganda, yakni siswa yang mengalami hambatan campuran semisal baik pada penglihatan maupun pendengaran.

Jurusan Autis

Autis via ajp.com.au

Pada jurusan autis fokus untuk mendidik siswa autis, yakni siswa yang mengalami hambatan autisme seperti hambatan interaksi sosial (anti sosial), sibuk dengan dunianya sendiri.

Baca Juga  5 Pengertian Cerebral Palsy (CP) Menurut Para Ahli

Demikian artikel mengenai kekhususan atau jurusan SLB (sekolah luar biasa) yang diuraikan secara singkat, semoga artikel bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima Kasih.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *