Beranda Dunia Kampus 20 Jurusan Yang Menjanjikan Buat Kamu Yang Ingin Kuliah

Memilih jurusan itu seperti memilih jodoh. Kalau keliru diawal bisa jadi nanti akan dijalanin dengan berat. Karena itu kita harus punya strategi karena taruhannya adalah masa depan. Nah, karena itu, buat Kamu yang saat ini masih bingung dan galau dalam memilih jurusan, simak daftar 20 jurusan yang menjanjikan untuk masa depanmu. Apa sajakah itu?

Jurusan yang Menjanjikan untuk Masa Depan

masa depan sukses
Ilustrasi sukses

Perlu diketahui, perubahan pola kerja tidak akan bisa diundur. Dengan kemajuan teknologi, tenaga kerja otomatisasi pun meningkat pesat. Bahkan dikatakan akan ada sekitar 97 pekerjaan baru yang muncul ketika revolusi robot.

Dan mayoritas pekerjaan yang muncul ini tentu saja dalam bidang internet, teknologi dan manajemen. Selain itu pekerjaan lain yang juga akan tetap ada yakni pekerjaan yang tidak tersentuh otomatisasi seperti pekerjaan sosial, pelatihan, kesehatan dan pendidikan.

Berdasarkan dari beberapa hal diatas, dibawah ini Kami kumpulkan 20 jurusan yang menjanjikan dari berbagai bidang yang mungkin bisa membuat kegalauanmu hilang. Pilihlah satu dan mantapkan dirimu di satu jurusan tersebut.

1. Teknik Informatika

Jurusan Yang Menjanjikan teknik informatika
Ilustrasi seseorang sedang mengajar komputer

Mahasiswa jurusan ini dibentuk untuk menghadapi dunia teknologi. Dalam jurusan ini Kamu juga akan diajari banyak hal terkait pemrograman hingga pembuatan aplikasi.

Nah, sebagaimana kita ketahui saat ini banyak orang yang berinteraksi dengan smartphonenya yang mana setiap hal membutuhkan pemrograman dan aplikasi. Jadi bisa dikatakan jika jurusan ini masuk kategori jurusan yang menjanjikan karena sesuai dengan kebutuhan dunia di masa mendatang.

2. Teknik elektro

jurusan yang menjanjikan teknisi listrik
teknisi listrik

Listrik saat ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam keseharian. Selain mempelajari tentang listrik, jurusan ini juga memelajari telekomunikasi. Karena itu lulusan dari jurusan ini sudah memiliki masa depan yang cerah.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

jurusan yang menjanjikan robotik
robot

Dari tahun ke tahun robotika dan kecerdasan buatan memiliki perkembangan yang sangat pesat. Di Indonesia sendiri jurusan ini masih tergolong baru karena baru muncul di Universitas Airlangga, tahun 2021 lalu. Meski begitu saat ini jurusan ini masuk kategori jurusan yang sangat menjanjikan.

4. Teknik mesin

jurusan yang menjanjikan teknik mesin
teknik mesin

Jurusan ini seringkali dihindari, namun tahukah Kamu bahwa ini termasuk jurusan yang menjanjikan? Jurusan teknik mesin tak sekedar jurusan yang berkutat pada mesin saja melainkan juga ke pembuatan dan bahkan pengoperasian robot. Jurusan ini sangat cocok bagi Kamu yang hobi sains, fisika, kimia dan matematika.

5. Teknik Biomedik

jurusan yang menjanjikan biomedik
orang sedang memeriksa obat

Jurusan teknik tak hanya familiar dengan elektro, informatika, atau mesin saja namun juga medis. Teknik biomedik merupakan gabungan antara ilmu kedokteran dan ilmu keteknikan yang didalamnya mempelajari perancangan alat mekanik dan elektronik yang digunakan pada dunia kesehatan. Intinya, jurusan ini hadir untuk peningkatan teknologi kesehatan untuk industri alat-alat medis.

6. Ilmu Komputer

jurusan yang menjanjikan teknisi komputer
teknisi komputer

Jurusan ini sepertinya sampai kapanpun akan tetap masuk kategori jurusan yang menjanjikan. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang kian pesat dari waktu ke waktu. Jurusan ini biasanya banyak diminati oleh anak-anak IPA. Nah, apakah Kamu juga hendak memilih jurusan ini?

7. Teknologi informasi

jurusan yang menjanjikan teknologi informasi
teknologi informasi

Pada dasarnya mahasiswa jurusan ini akan belajar semua hal terkait teknologi informasi seperti konsep dasar computing, pengelolaan sumber daya informasi, beserta evaluasinya. Nah, karena pembelajaran masa kini sangat erat dengan kebutuhan teknologi informasi, maka jelas jika jurusan ini memiliki masa depan yang cerah.

8. Matematika

jurusan yang menjanjikan matematika
matematika

Ilmu matematika sampai kapanpun jelas akan dibutuhkan. Nah, adapun ilmu matematika ini sudah dibutuhkan semenjak sekolah dasar hingga pendidikan lanjut. Jadi jika Kamu memilih jurusan ini, bisa dipastikan Kamu akan memiliki masa depan yang cerah.

9. Statistika

statistika
statistika

Disebutkan jika salah satu profesi yang dibutuhkan dimasa mendatang adalah data scientist. Kenapa? Karena tugas dari jurusan statistika seperti mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menginterpretasikan hingga menyajikan data sangat dibutuhkan dimasa mendatang.

10. Ilmu ekonomi

Ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi

Jurusan ini disebut akan menjadi salah satu jurusan yang akan selalu dicari di masa mendatang. Yak, hal ini karena kebutuhan akan jurusan ekonomi tak hanya di perusahaan saja namun juga instansi pemerintahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perguruan tinggi untuk kuliah jurusan bisnis di Indonesia

11. Manajemen

Manajemen
Manajemen

Jurusan ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin berbisnis. Jurusan ini akan membantumu untuk belajar segala ilmu terkait dengan pengelolaan bisnis dimulai dari penyusunan strategi hingga pemasarannya. Tak hanya itu jurusan ini juga mempelajari ilmu pengantar teknologi informasi.

12. Akuntansi

jurusan anti mainstream
akuntansi

Jurusan akuntansi sudah menjadi salah satu jurusan favorit anak IPS. Jurusan akuntansi melatih mahasiswa untuk teliti dan terampil dalam menghitung detail keuangan. Meski jurusan ini begitu disukai oleh anak IPS, namun anak IPA juga bisa masuk ke jurusan ini lho.

13. Marketing

marketing
marketing

Bagi Kamu yang jago public speaking, sangat disarankan untuk masuk ke jurusan ini. Jurusan ini akan membahas secara lengkap segala hal mulai dari strategi periklanan hingga cara membuat iklan yang kekinian. Nah, dalam World Economic Forum, jurusan ini disebut sebagai salah satu jurusan yang menjanjikan.

14. Desain

desain
desain

Jurusan desain seperti jurusan DKV, Desain Produk dan Desain interior saat ini banyak dicari. Kemampuan dari para desainer ini sangat dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hanya saja, disini Kamu akan dituntut untuk selalu kreatif karena industri desain tentu saja membutuhkan kekreatifan tingkat tinggi.

15. Ilmu Komunikasi

komunikasi
komunikasi

Ini adalah jurusan untuk belajar tata cara penyampaian pesan agar bisa lebih tepat sasaran. Dalam prodi soshum, jurusan ini terbilang salah satu yang paling diminati. Hal yang wajar, mengingat jurusan ini memang cukup menjanjikan di masa mendatang.

16. Pendidikan

Guru
Guru

Guru sangatlah penting dalam perkembangan dunia. Nah, karena itulah guru atau tenaga pengajar akan selalu dibutuhkan. Jadi meskipun dunia sudah beralih ke segala hal yang otomatis, peran guru tetap tak tergantikan. Karena itu jurusan ini memiliki prospek yang bagus dimasa mendatang.

17. Kedokteran

dokter
dokter

Jurusan ini sudah pasti akan dibutuhkan selalu baik sekarang ataupun dimasa mendatang. Nah, biasanya jurusan ini sangat diincar oleh anak-anak IPA.

18. Keperawatan

perawat
perawat

Selain jurusan kedokteran, jurusan keperawatan juga sangat diminati. Jurusan dalam bidang kesehatan ini memang memiliki prospek yang cerah. Disini tugas keperawatan secara umum yakni membantu tugas dokter. Meski hanya membantu tugas dokter, namun peran tenaga keperawatan ini juga sangat penting dan tidak bisa dibandingkan dengan dokter.

19. Kesehatan masyarakat

kesehatan masyarakat
kesehatan masyarakat

Jurusan ini memelajari ilmu peningkatan mutu kesehatan masyarakat beserta pencegahan penyakit yang muncul di masyarakat. Jurusan dalam bidang kesehatan ini disinyalir juga sebagai salah satu dengan prospek yang menjanjikan.

20. Farmasi

Farmasi
Farmasi

Satu lagi dari bidang kesehatan, jurusan farmasi juga masuk kategori jurusan yang menjanjikan. Tugas mereka untuk mengidentifikasi, meracik dan menganalisis obat-obatan menjadi sangat dibutuhkan untuk kedepannya.

Nah, diatas merupakan 20 jurusan yang menjanjikan. Diantara ke 20 jurusan diatas, apakah Kamu sudah menentukan pilihan? jika belum, segera konsultasikan untuk menghilangkan kegalauanmu.

Baca Juga  5 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search