Kalender Interaktif: Solusi Pemberian Aktivitas Bagi ABK Lemah Inisiatif

By | Februari 24, 2021

Kalender interaktif berikut ini bisa menjadi solusi untuk memberikan aktivitas harian anak berkebutuhan khusus (ABK) baik anak tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, atau lainnya yang masih lemah bahkan tidak memiliki inisiatif, yang mana dengan media ini anak bisa belajar tentang aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Media ini bisa digunakan dengan cara bisa ditempel di dinding kemudian anak melingkari setiap hari seperti hari, tanggal, hingga aktivitas yang akan dilakukan. Nah aktivitas ini juga bisa ditentukan oleh orang tua yang kemudian nantinya dikerjakan anak. Dengan demikian anak dilatih untuk meningkatkan aktivitas sehingga jangan sampai anak dalam satu hari tidak memiliki aktivitas.

Lalu apa keunggulan media kalender interaktif ini? Berikut adalah ulasannya:

kalender interaktif anak berkebutuhan khusus
Kalender Interaktif

Kalender Interaktif rutinitas harian anak

1. Desain interaktif

Desain kalender ini didesain sedemikian rupa sehingga disukai anak dimana didalamnya terdapat gambar-gambar penuh warna warni. Kemudian juga bisa melatih berbagai aspek seperti motork halus, mengenal warna, dan banyak aspek lainnya. Media ini juga interaktif dimana anak bisa mengisi/melingkari secara langsung.

2. Bahan tahan air

Media ini dilapisi dengan plastik sehingga tahan terhadap tumpahan air minum. Maka tidak perlu khawatir bila anak mengisi media tersebut sambil membawa minum. Bila terkena air cukup dilap menggunakan kain atau tisu.

3. Mudah ditempel di manapun

Media ini mudah sekali untuk ditempel di berbagai tempat yang anak suka dan bisa dijangkau dengan mudah. Bisa diruang tamu, dapur, kamar tidur, maupun sekolah sekalipun.

4. Bisa digunakan berkali-kali

Kalender interaktif bisa diisi dengan menggunakan spidol, namun jangan khawatir karena bisa dihapus hanya dengan tisu ataupun kain sehingga bisa digunakan berkali-kali. Anak bisa mengisi pada siang hari kemudian berganti hari dihapus dan diisi lagi.

Baca Juga  KI-KD Kurikulum Tunagrahita SDLB K13 Revisi Kelas V

Demikianlah kalender interaktif untuk anak berkebutuhan khusus sebagai solusi terhadap anak yang mengalami lemah bahkan tidak memiliki inisiatif. Dengan media ini anak dilatih melakukan setiap hari sehingga nantinya menjadi sebuah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sehari-hari.

Silahkan baca juga artikel lainnya tentang informasi anak berkebutuhan khusus dan pendidikan luar biasa di situs ini, terima kasih.