5 Contoh Media Pembelajaran Autis Yang Bermanfaat

By | Februari 23, 2021

Media pembelajaran autis sangat perlu digunakan dalam mengajar anak yang mengalami hambatan interaksi tersebut. Autis atau autisme merupakan seseorang yang mengalami hambatan interaksi komunikasi yang mana juga disertai juga permasalahan perilaku. Dengan layanan pendidikan khusus yang dilakukan sejak dini, mereka mampu berkembang mandiri sesuai dengan potensinya.

Media Pembelajaran Autis
ilustrasi anak autis via otsimo.com

Anak autis biasnya sejak kecil sudah disekolahkan di sekolah luar biasa (SLB) baik umum maupun sekolah autis yang khusus menerima anak tersebut. Cara pembelajarannya tentunya juga berbeda dengan anak umum dimana pembelajaran kearah akademik fungsional. Kemudian dalam pembelajarannya digunakan media pembelajaran yang bisa mempercepat dalam anak menangkap materi. Lalu apa saja contoh media pembelajaran autis? Berikut ini adalah ulasannya:

Media pembelajaran autis yang bisa dipakai di rumah dan sekolah

1. Benda asli

Ilustrasi miniatur kadal

Media pembelajaran autis yang pertama adalah benda asli atau nyata. Media ini digunakan untuk mengajarkan bisa nama-nama benda misalnya memperkenalkan kursi, meja, tas, pensil, penghapus sehingga anak dengan mudah mengetahui nama-nama benda yang dimaksud. Hal tersebut akan lebih baik dibanding dengan menjelaskan secara teori misal meja itu berkaki empat, terbuat dari kayu tanpa ada bendanya.

2. Gambar

Ilustrasi media gambar

Media gambar bisa dibilang sangat populer untuk mengajarkan sesuatu dimana anak bisa langsung melihat sehingga terdapat pengalaman visual yang dimiliki anak. Media ini bisa menjadi solusi dalam mengajar anak autis mengenai nama benda yang tidak bisa diterangkan dengan benda langsung misalnya gambar gunung atau bentang alam lainnya.

3. Video

ilustrasi anak menonton tablet

Video bisa dibilang menjadi media yang sangat efektif dalam mengajarkan sesuatu karena merupakan perpaduan audio dan visual dimana bisa mempermudah anak menangkap materi. Kita bisa menggunakan video untuk mengajarkan contohnya peristiwa alam seperti proses atau tahapan terjadinya hujan.

Baca Juga  8 Latihan Yang Dapat Meningkatkan Koordinasi Sensomotorik

4. Kalender interaktif

kalender interaktif

Autis biasanya memiliki tingkat inisiatif yang sangat rendah sehigga diperlukan media belajar yang bisa mengatasi hal tersebut dengan salah satunya dibuatkan jadwal aktivitas rutinitas harian, nah salah satunya dengan kalender interaktif dimana bisa diiisi harian oleh anak dan dikerjakan. Media ini sangat bermanfaat agar setiap hari ada aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan anak di rumah.

5. Kartu terapi wicara

Media Pembelajaran Autis
Kartu terapi wicara autis

Kartu terapi wicara ini bisa digunakan untuk melatih anak berbicara karena kita tau anak autis mengalami hambatan berkomunikasi dan interaksi sosial sehingga bisa dilatih dengan media ini secara bertahap dan konsisten.

Demikianlah media pembelajaran autis yang bisa untuk membantu belajar baik di sekolah maupun di rumah. Semoga bermanfaat, prinsipnya dalam mengajar anak autis perlu adanya konsistensi dan kesabaran.