7 Kampus Untuk Kuliah Keguruan Terbaik di Jogja

By | September 1, 2022

Kampus untuk kuliah keguruan di Jogja ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan seperti PGSD, PGPAUD, PLB, BK, maupun jurusan keguruan lainnya.

Ada berbagai pertimbangan mengapa banyak calon mahasiswa ingin berkuliah di Jogja. Alasan tersebut diantaranya seperti kualitas kampus atau universitas yang baik, selain itu biaya hidup di Jogja relatif lebih murah dibandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia.

Kampus Untuk Kuliah Keguruan Terbaik di Jogja
Seorang guru mengajar di depan kelas via unsplash

Lalu dimana saja kampus untuk kuliah keguruan terbaik di Jogja?. Berikut ini daftarnya untuk anda. Namun perlu diketahui tidak semua kampus yang ada dibawah ini memiliki jurusan keguruan yang lengkap. Kamu harus juga melihat di situsnya untuk lebih tahu apakah jurusan yang ingin kamu masuki ada atau tidak.

Kampus untuk kuliah keguruan terbaik di Jogja

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY merupakan kampus Negeri yang terkenal tidak hanya di Jogja namun juga di Indonesia. Dahulu kampus ini bernama IKIP Yogyakarta sehingga tidak heran kampus ini memiliki banyak sekali jurusan atau program studi keguruan.

Letak kampus UNY berada di Sleman tepat berada di samping UGM. Untuk mencapai kampus ini dari pusat kota Jogja dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Situs: uny.ac.id

2. Sanata Dharma (USD)

Sanata Dharma merupakan salah satu kampus swasta yang ada di Yogyakarta. Kampus ini berada bersebelahan dengan UNY. Di Kampus ini kamu bisa belajar untuk menjadi seorang guru dengan masuk beberapa jurusan keguruan yang ada. USD adalah kampus swasta terkenal di Jogja sehingga tidak heran banyak mahasiswa dari berbagai daerah kuliah di kampus ini.

bannerartikel

Situs: usd.ac.id

3. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa atau disingkat UST merupakan kampus swasta yang ada di Kota Yogyakarta. Disini kamu bisa belajar mengenai keguruan apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang guru.

Baca Juga  20 Jurusan Yang Menjanjikan Buat Kamu Yang Ingin Kuliah

Situs: ust.ac.id

4. Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)

UPY merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja yang membuka banyak sekali jurusan termasuk keguruan. Kampus yang berada di Kabupaten Bantul ini bisa menjadi salah satu pilihan anda yang ingin menjadi seorang guru. Untuk mencapai kampus ini dari pusat kota Jogja diperlukan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Situs: upy.ac.id

5. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia belajar di tempat ini. Di kampus ini terdapat banyak sekali jurusan, termasuk jurusan kependidikan. Bagi kamu yang berminat maka kampus ini bisa menjadi pilihan. UMY sangat mudah diakses dikarenakan lokasinya yang strategis yakni berada di samping jalan Ring road Yogyakarta.

Situs: umy.ac.id

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Kampus untuk kuliah keguruan selanjutnya adalah UAD. UAD atau Universitas Ahmad Dahlan merupakan universitas swasta yang ada di Yogyakarta. Kampus ini saat ini terus berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan jaman.

Di kampus ini juga terdapat banyak sekali jurusan-jurusan yang memungkinkan kamu untuk menjadi seorang guru. Kampus utama UAD berlokasi di Ring road selatan Yogyakarta.

Situs: uad.ac.id

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII merupakan salah satu kampus swasta populer di Jogja. Kampus ini berada di Jalan Kaliurang. Untuk mencapai UII dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit dari Kota Jogja. Di kampus ini kamu bisa menemukan banyak jurusan termasuk jurusan keguruan.

Situs: uii.ac.id

Demikianlah beberapa kampus untuk kuliah keguruan di Jogja. Semoga artikel ini bisa menambah referensi anda yang ingin menjadi seorang guru.

Baca Juga  21 Universitas Terbaik di Amerika Serikat Tahun 2022

Sebetulnya masih ada lagi kampus lainnya yang membuka jurusan keguruan di Jogja, untuk itu silahkan anda tambahkan di kolom komentar, terima kasih.

Tinggalkan Komentar