Berbagi Pengalaman: 7 Tips Lulus UKMPPG

By | Maret 24, 2019

Kali ini penulis sedikit berbagi pengalaman lulus UTN UKMPPG (Uji Kopetensi Nasional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru), namun sebelumnya penulis akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu UTN UKMPPG bagi anda yang mungkin belum mengetahui. UTN UKMPPG secara singkat merupakan ujian kopetensi bagi guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

 Pada saat ini salah satu bukti bahwa seorang guru dikatakan profesional yakni dengan sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG). Namun untuk dapat mengikuti ujian tersebut seseorang harus terlebih dahulu menempuh Pendidikan Profesi Guru selama dua semester atau satu tahun, saat itu penulis mengikuti PPG jalur pasca SM-3T.

Ilustrasi mahasiswa sedang melaksanakan ujian via medium.com

Pengalaman penulis sendiri mengikuti UTN UKMPPG sudah sebanyak dua kali. Pada ujian yang pertama belum lulus, sehingga penulis mendaftar kembali untuk mengikuti ujian kedua. Puji Tuhan pada ujian kedua penulis bisa lulus dan saat ini bisa membagikan sedikit pengalaman yakni 7 tips lulus UTN UKMPPG sebagai berikut:

1. Pelajari materi sesuai kisi-kisi

Mempelajari kisi-kisi sangat penting agar kita fokus pada topik yang akan keluar pada ujian. Pengalaman penulis kemarin yakni bersama-sama dengan teman-teman ketika menempuh pendidikan profesi guru secara bersama-sama membedah kisi-kisi.

Dengan cara membagi sub topik,  masing-masing mendapat satu untuk dipelajari dan dibuat ringkasan dan contoh soal. Kemudian yang menguasai subtopik tersebut menjelaskan kepada teman-teman secara bergantian untuk selanjutnya dijadikan satu modul untuk dipelajari.

2. Persiapan dengan belajar jauh-jauh hari

Kita tahu bahwa persiapan jauh-jauh hari wajib dilakukan begitu pula yang penulis rasakan. Persiapan dengan belajar jauh-jauh hari berguna agar materi dapat diingat secara lebih baik. Hindari belajar semalam suntuk karena hanya akan membuat kita lelah. Waktu itu penulis masih ingat H-1 sebelum ujian, penulis gunakan banyak waktu untuk tidur dan mengistirahatkan badan.

Baca Juga  6 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Agar Tegak dan Percaya Diri

3. Perbanyak latihan soal

Gunakan waktu luang untuk berlatih soal agar kita semakin terbiasa menghadapi kemungkinan-kemungkinan soal yang muncul. Banyak soal yang bisa dipelajari di internet atau bisa juga menanyakan soal-soal yang mungkin keluar pada senior atau kakak kelas yang anda tahu sudah pernah mengikuti ujian profesi guru.

4. Berdoa sebelum mengerjakan soal

Dalam berbagai hal kita banyak melakukan persiapan teknis, namun perlu diketahui jangan melupakan persiapan non teknis seperti doa. Dalam melakukan sesuatu doa menjadi sangat penting agar kita mendapat petunjuk dari Tuhan, semakin dimudahkan, dan mendapat hasil terbaik. Selain itu doa juga membuat kita menjadi lebih tenang dalam menghadapi sesuatu termasuk ujian seperti yang penulis rasakan.

5. Teliti dalam mencermati soal

Soal UKMPPG berbeda dengan soal yang kita temukan waktu SMA misalnya. Soal UKMPPG membutuhkan daya analisis yang tinggi, aplikatif, lebih banyak pada kasus, kemudian pilihan jawaban pada soal juga hampir mirip jadi bila diamati secara sekilas tidak ada jawaban yang salah, hanya kita dituntut untuk jeli dan teliti memilih jawaban.

6. Tandai Soal pada jawaban yang dirasa masih ragu

Berdasarkan pengalaman penulis ketika itu melaksanakan ujian dengan komputer secara online. Cara pengisian jawaban sangat sederhana dan mudah digunakan hanya tingga klik dengan mouse pada jawaban yang diyakini.

Namun bisa juga ditandai ragu-ragu pada soal yang belum anda yakini jawabannya. Untuk kemudian dicermati lagi jawaban yang anda yakini benar. Bisa juga dilewati agar anda tidak membuang banyak waktu hanya pada soal tertentu.

7. Cek kembali apabila masih ada sisa waktu

Apabila masih ada waktu perlu untuk mengecek kembali apakah ada soal yang belum dikerjakan dan untuk memantabkan jawaban pada soal yang masih ragu.

Baca Juga  5 Pengertian Motorik Kasar Menurut Pendapat Para Ahli

Demikianlah tips agar supaya lulus UKMPPG, semoga bermanfaat dan sukses bagi anda yang ingin segera memperoleh sertifikat pendidik. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan membagikan artikel ini. Terima Kasih.

One thought on “Berbagi Pengalaman: 7 Tips Lulus UKMPPG

  1. Pingback: 5 Tantangan Dalam Menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *