6 Bukti Bahwa Negara Indonesia Semakin Ramah Terhadap Disabilitas

By | Maret 27, 2019

Berkembangnya suatu negara tidak terlepas dari kemudahan warga negara memperoleh berbagai akses, baik kemudahan akses akan pendidikan, pekerjaan, ataupun akses lainnya. Kesemuanya harus dapat dinikmati oleh semua orang baik kaya, miskin, orang dengan berbagai latar belakang, termasuk pula penyandang disabilitas atau difabel.

Tahukan anda bahwa negera kita Indonesia semakin ramah terhadap disabilitas, difabel, atau orang dengan kebutuhan khusus. Untuk membuktikanya simak artikel berikut ini:

1. Toilet khusus bagi disabilitas semakin banyak

Ilustrasi toilet ramah disabilitas via kompasiana.com

Saat ini toilet khusus bagi penyandang disabilitas merupakan suatu hal yang wajib. Di kawasan wisata ataupun fasilitas umum memang toilet khusus sangat diperlukan, supaya orang dengan kursi roda dapat mengakses dengan mudah. Kita bisa melihat saat ini di kota-kota sudah mulai ada toilet bagi disabilitas walaupun belum merata.

2. Guiding block di banyak trotoar

Ilustrasi Guiding block bagi tunanetra via tribunnews.com

Guiding block merupakan tegel khusus yang dipasang untuk mempermudah penyandang tunanetra melakukan mobilitas. Kita melihat saat ini di banyak trotoar pinggir jalan sudah banyak dipasang guiding block. Utamanya di tempat-tempat fasilitas umum maupun kawasan wisata seperti di daerah dimana penulis tinggal yakni di Yogyakarta.

3. Jalur khusus bagi disabilitas pada rekrutmen pekerjaan

Ilustrasi Peluang kerja bagi disabilitas semakin baik via bg.usembassy.gov

Apabila kita lihat saat ini rekrutmen pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah sudah menyediakan jalur khusus bagi penyandang disabilitas. Contohnya saja jalur khusus rekrutmen yang dibuka misal pada CPNS (calon pegawai negeri sipil) dan lowongan rekrutmen bersama BUMN.

Hal tersebut tentu memberi kesempatan disabilitas untuk bersaing dan menduduki pekerjaan sesuai formasi yang dibuka. Oleh sebab itu maka dapat dikatakan pemerintah memang menaruh perhatian bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.Tanjakan kursi roda semakin banyak di bangunan fasilitas umum

Baca Juga  5 Penyandang Tunanetra Berprestasi dan Menginspirasi di Indonesia

4. Tanjakan kursi roda semakin banyak di bangunan fasilitas umum

Ilustrasi tanjakan kursi roda di KRL via krl.co.id

Di tempat umum semakin banyak tanjakan bagi kursi roda. Misalnya saja kita lihat di sekolah-sekolah, kantor-kantor pemerintahan dan fasilitas umum lainnya.

Tanjakan yang landai sangat bermanfaat agar memudahkan orang yang menggunakan kursi roda, selain itu memudahkan pula para lansia dibandingkan dengan menaiki anak tangga.

5. Penerjemah bahasa isyarat pada berita di televisi.

Ilustrasi penerjemah bahasa isyarat via nakita.grid.id

Penerjemah bahasa isyarat di program berita di televisi sangat mempermudah penyandang tunarungu dalam memahami informasi. Hambatan pendengaran yang dialami tunarungu membuat penyandangnya tidak atau kesulitan mendengar sehingga kesulitan dalam menerima informasi.

Dorongan dari pemerintah sangatlah penting agar di era keterbukaan informasi ini, sebuah informasi dapat dinikmati semua orang dari berbagai latar belakang apapun.

6. Tempat duduk khusus bagi disabilitas di transportasi umum.

Ilustrasi layanan bagi disabilitas di dalam bus via foto.tempo.co

Saat ini transportasi umum sudah mulai dijumpai tempat yang digunakan khusus bagi kursi roda contohnya saja bus di kota solo seperti gambar diatas.

Segala kemajuan yang ada memang belum merata dan dapat dirasakan oleh penyandang disabilitas di seluruh negara kita tercinta. Tetapi kita patut bangga karena aksesibilitas bagi orang dengan kebutuhan khusus semakin baik. Semoga kedepat segala fasilitas tersebut semakin merata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *