4 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penyandang Autis

By | Agustus 9, 2018

Autis merupakan kondisi gangguan perkembangan komplek yang mencakup kemampuan interaksi sosial dan komunikasi sehingga membutuhkan penanganan dan layanan khusus untuk mengembangkan potensinya.

Kondisi anak dapat diminimalisir dengan berbagai cara salah satunya dari segi asupan gizi. Pada artikel ini akan dijelaskan makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar tidak memperburuk kondisi mereka.

ilustrasi anak autis via ivint.org

Baca Juga  Belajar Menulis dan Membaca Huruf Braille Tunanetra

1. GULA

Ilustrasi gambar gula via guardian.ng

Gula dapat menjadi sumber energi bagi orang yang berperan sebagai tenaga bagi kegiatan sehari harinya. Namun bagi autis, asupan gula harus dikendalikan karena asupan gula yang tidak terkendali anak membuat perilaku mereka menjadi tidak terkendali.

Menghindari gula dan karbohidrat olahan secara siqknifikan dapat meningkatkan konsentrasi, serta mengurangi impulsif.

2. GLUTEN

Makanan yang mengandung gluten via news.yale.edu

Gluten adalah salah satu jenis protein yang terkandung pada gandum. Makanan yang mengandung gluten sebaiknya dihindari karena membuat anak autis akan menjadi lebih aktif dan sulit diatur

3. DAIRY

Produk-produk olahan berbahan dasar susu via inlifehealthcare.com

Mungkin beberapa dari anda masih bingung dan mengenal apa itu istilah dairy. Dairy merupakan berbagai bahan makanan terbuat dari bahan dasar susu misalnya antara lain: cream, butter, keju, maupun susu itu sendiri.

Anak autis sebaiknya menghindari produk-produk yang bebahan dasar susu karena ketika kasein yang merupakan salah satu protein yang terdapat dalam susu bercampur dengan asam lambung, makan akan menghasilkan exorphin. Exorphins dapat menyebabkan beberapa masalah masalah salah satunya seperti kesulitan untuk berkonsentrasi.

Berdasarkan pengalaman sebuah klinik bernama Amen Clinics yang berada di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa bila orang dengan autis makan dari makanan yang tidak mengandung susu, maka hiperaktifitas mereka berkurang, mulai berbicara lebih banyak, dan masalah usus terselesaikan.

Baca Juga  Jalur Masuk Kuliah S1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

4. BAHAN BUATAN

Ilustrasi bahan-bahan buatan via thechalkboardmag.com

Anak autis sebaiknya menghindari berbagai makanan yang mengandung seperti: pewarna dan warna buatan, pengawet, pemanis buatan dan perasa buatan, karena dapat memicu hiperaktif.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

amenclinics.com

mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *