10 Trik Mencetak Anak Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

By | Juni 26, 2022

Mencetak anak berprestasi adalah keinginan hampir semua orang tua. Ada berbagai hal yang melandasi keinginan orang tua supaya anaknya berprestasi seperti pengakuan keberhasilan mendidik anak dari masyarakat. Selain itu dengan berprestasi akan membuat diri anak lebih percaya diri dalam bersosialisasi sebagai dampak dari pujian yang diberikan oleh orang lain.

Berprestasi sendiri merupakan lingkup yang luas. Ada seseorang yang berprestasi pada bidang akademik, olahraga, teknologi, maupun berbagai bidang lainnya. Pada bidang akademik contohnya adalah berhasil menjuarai olimpiade matematika, dll. Sedang di bidang olahraga seperti menjuarai lomba renang, dll. 

mencetak anak berprestasi
Anak berprestasi via istockphoto.com

Namun demikian untuk mencetak anak berprestasi tidaklah mudah. Sejak kecil orang tua harus membiasakan berbagai hal positif yang akhirnya membentuk anak menjadi berprestasi diantaranya sebagai berikut:

Cara atau Trik Mencetak Anak Berprestasi

1. Ciptakan suasana rumah penuh kasih sayang

Cara yang pertama dan merupakan fondasi yakni menciptakan suasana yang penuh cinta dan kasih saya di rumah. Suasana yang penuh dukungan dan perhatian akan membuat anak tumbuh dengan perasaan positif dan percaya diri.

2. Rutin membacakan cerita

Membacakan cerita pada anak secara rutin sangat baik untuk perkembangan anak. Dengan mendengar cerita akan melatih anak berimajinasi serta bisa termotivasi lewat pesan positif cerita yang disampaikan. Kebiasaan membacakan cerita pada anak juga dapat meningkatkan minat baca dan rasa ingin tahun anak.

3. Berikan nutrisi terbaik

Trik mencetak anak berprestasi yang ketiga adalah memberikan nutrisi terbaik. Nutrisi disini maksudnya adalah memberikan makanan yang bergizi dan dibutuhkan tubuh anak dalam masa perkembangan. Makanan bergizi akan membuat otak dan organ-organ tubuh lainnya berkembang dan bekerja dengan optimal.

bannerartikel

Orang tua juga harus paham bahwa makanan bernutrisi tidak sama dengan makanan mahal. Banyak kok makanan bergizi yang murah dan mudah didapatkan di sekitar kita.

Baca Juga  Guru Hebat Itu Seperti Apa? Lihat 5 Indikator Berikut

4. Temani anak saat mengerjakan PR

Menemani anak saat mengerjakan PR akan membuat anak merasa diperhatikan. Cara atau langkah mengerjakan yang salah bisa langsung dikoreksi oleh orang tua. Disini orang tua juga bisa lebih memahamkan anak mengenai materi yang dipelajari.

5. Jalin komunikasi dengan guru di sekolah

Menjalin hubungan baik dengan guru memiliki banyak keuntungan diantaranya dapat memantau perkembangan anak dan mengetahui masalah atau hambatan yang dihadapi anak di sekolah.

mencetak anak berprestasi
Orang tua dan guru

6. Masukkan anak dalam sekolah yang berkualitas

Standar yang tinggi pada suatu sekolah akan memacu anak untuk terus berkembang dan berprestasi lebih tinggi. Berada di sekolah berkualitas misal untuk masuk saja perlu seleksi tertentu akan menempatkan anak bersama anak-anak lain yang memang terpilih dan memiliki kualitas lebih dibanding anak pada umumnya.

7. Ciptakan suasana disiplin dan konsisten di rumah

Membentuk kebiasaan disiplin dan konsisten perlu ditanamkan pada anak sejak kecil. Menariknya adalah kunci utama kesuksesan seseorang bukan ditentukan pada kecerdasan, tetapi lebih dari itu kedisiplinan, konsistensi, dan tekad memegang peranan yang lebih besar dalam mencetak kesuksesan seseorang.

8. Beri kesempatan anak mengambil keputusan

Langkah selanjutnya adalah memberikan kesempatan anak untuk mengambil keputusan. Cara ini penting supaya anak berlatih lebih bijak, bisa menimbang untung rugi sebelum memutuskan sesuatu serta mengerti tentang apa itu konsekuensi.

9. Dengarkan pendapat anak

Seringkali orang tua tidak pernah memberi kesempatan pada anak untuk menyatakan pendapat karena anak dianggap masih kecil dan belum tahu apapun. Padahal memberi kesempatan anak berpendapat sangat penting supaya anak merasa dihargai. Walaupun pendapat anak masih tidak masuk akal, orang tua perlu untuk mendengarkan anak dan memancing anak berpendapat.

Baca Juga  9 Cara Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah

10. Beri kesempatan anak berkreasi dan berkarya seluas-luasnya

Hal penting terakhir yang dapat membuat anak berprestasi yaitu biarkan anak berkreasi dan berkarya seluas-luasnya. Berikan anak berbagai fasilitas baik benda ataupun lingkungan yang mendukung anak berkreasi dan menciptakan sesuatu.

kalender interaktif

Demikianlah trik mencetak anak berprestasi, semoga bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini apabila menurut anda bermanfaat supaya bisa menjangkau lebih banyak lagi pembaca, terima kasih.

Sumber:

Sari Yuanita. 2010. Tips Membuat Anak Suka Belajar dan Berprestasi. Yogyakarta: Genius Publisher

Tinggalkan Komentar