5 Cara Menemukan Bakat ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

By | Juni 1, 2022

Menemukan bakat ABK atau anak berkebutuhan khusus merupakan tantangan bagi guru pengajar sekolah khusus atau orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Bakat sendiri merupakan kemampuan yang melekat pada diri seseorang yang bisa dipakai pada hal tertentu dengan lebih baik dibandingkan dengan orang biasa.

Menemukan bakat pada anak berkebutuhan khusus sangat penting supaya kita tahu letak keunggulan anak dan dari keuanggulan tersebut dapat terus dilatih agar semakin terasah. Namun demikian dalam menemukan bakat tidaklah mudah. Adapun cara menemukan bakat ABK akan kita ulas disini.

Cara menemukan bakat ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Menemukan Bakat ABK
bakat anak adalah kunci via skipprichard.com

1. Lihat apa yang disukai anak

Langkah menemukan bakat ABK yang pertama yaitu melihat aktivitas keseharian anak yakni apa yang ia sukai. Ada banyak hal yang bisa disukai anak misalnya saja pada kegiatan yang berkaitan dengan fisik seperti olahraga, menyusun lego, menari, mewarnai, melukis, memasak, menggambar atau kegiatan lainnya.

2. Lihat aktivitas yang membuat anak betah berlama-lama

Pada topik ini ada bisa melihat aktivitas atau kegiatan apa yang biasa dilakukan pada jangka waktu yang lama. Kebiasaan anak melakukan aktivitas tertentu dalam jangka waktu lama juga merupakan indikator bahwa anak menyukai aktivitas tersebut.

bannerartikel

Apabila anak jarang melakukan kegiatan, maka orang tua bisa memancing dengan memberikan berbagai kegiatan dan lihat kegiatan apa yang betah dilakukan anak berkebutuhan khusus.

3. Lihat keterampilan yang cepat dikuasai anak

Ketika anak dirumah sebaiknya orang tua memberikan kegiatan-kegiatan yang perlu dikerjakan anak. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi anak supaya anak menjadi lebih mandiri.

Bila anak masik kecil, tidak perlu pada aktivitas atau kegiatan yang membantu orang lain tetapi paling tidak berikan aktivitas untuk diri anak sendiri misalnya mengancingkan baju, mandi, sikat gigi, atau kegiatan sederhana lainnya. Dari situ nanti akan terlihat misal anak lebih cepat menguasai kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan motorik, komunikasi, indera, maupun aspek lainnya.

Baca Juga  Konsep Dasar Program Pengembangan Diri Bagi Anak Tunagrahita

4. Lihat aktivitas yang membuat anak sering bertanya lebih dalam

Tanda apabila anak menyukai hal tertentu salah satu cirinya yakni anak memiliki rasa ingin tahu pada bidang tersebut. Contohnya misal anak menyukai tentang olahraga sepak bola, si anak sering bertanya mengenai permainan sepak bola misalnya saja bertanya soal teknik bermain hingga klub bola.

Contoh lain apabila anak menyukai hal-hal tentang fashion dimana iya sering bertanya mengenai pakain hingga bahan untuk membuat pakaian maka bisa jadi memang bakat anak berada di bidang tersebut.

5. Lihat aktivitas yang membuat anak mengerjakan dengan tenang walaupun tidak diawasi

Cara untuk mengetahui bakat anak selanjutnya adalah dengan melihat aktivitas apa yang dikerjakan anak dengan tenang walaupun tidak diawasi. Hal tersebut juga menjadi indikator mengenai apa yang anak suka. Sehingga dari situ orang tua dapat mengembangkan kemampuan anak.

Demikianlah langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk menemukan bakat pada anak berkebutuhan khusus. Bakat memang tidak menentukan bahwa anak akan sukses. Tetapi bakat menjadi modal berharga orang tua untuk mengembangkan anak supaya anak menjadi cakap pada suatu bidang tertentu. 

Cara ini bisa diterapkan baik di rumah maupun disekolah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi. Apabila anda memiliki tips yang lainnya silahkan isikan dalam kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar