7 Tips Meningkatkan Produktivitas Anak di Rumah

By | Januari 16, 2021

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi lebih produktif saat di rumah. Terlebih untuk masalah belajar biasanya anak-anak cenderung menjadi malas belajar saat di rumah dibandingkan di sekolah karena berbagai faktor.

Dimana faktor tersebut antara lain banyaknya godaan untuk bermain dibanding belajar, kondisi fisik yang lelah hingga tayangan televisi atau gadget. Supaya anak-anak lebih produktif saat di rumah maka para orang tua perlu memahami hal-hal yang bisa meningkatkan produktivitas anak.

Meningkatkan Produktivitas Anak
meningkatkan produktivitas anak via thriveglobal.com

Tips Meningkatkan Produktivitas Anak

Anak-anak yang dibiarkan memiliki kebiasaan tidak produktif saat di rumah maka kemungkinan mereka akan memiliki sifat yang malas. Untuk mencegah hal tersebut maka orang tua memiliki peran yang besar dalam mendorong buah hatinya agar lebih produktif saat di rumah.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips meningkatkan produktivitas anak di rumah yang perlu diketahui oleh para orang tua:

1. Menyusun Jadwal Kegiatan Harian

Tips meningkatkan produktivitas anak yang pertama yaitu dengan menyusun jadwal kegiatan harian. Orang tua bisa mendampingi buah hatinya untuk menyusun jadwal kegiatan harian mulai dari bangun tidur, bermain, belajar hingga tidur kembali.

Tentukan juga durasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan tersebut. Tips ini sangat membantu anak-anak dalam membagi waktu secara lebih efektif sehingga membuat mereka lebih produktif untuk belajar maupun melakukan kegiatan lainnya saat di rumah.

Baca Juga: tips mendidik anak perempuan

2. Ciptakan Area Belajar yang Nyaman

Supaya anak-anak lebih produktif maka Anda bisa menciptakan area belajar yang nyaman. Pastikan area belajar tersebut jauh dari kebisingan yang bisa menggangu daya konsentrasi anak.

Hindari belajar di dekat tempat tidur karena bisa membuat anak menjadi malas dan ingin tiduran saja. selain itu, perhatikan juga pencahayaan area belajar tersebut supaya anak-anak lebih fokus.

Baca Juga  9 Tips Guru Muda Yang Baru Bekerja Agar Disukai Rekan Kerja Di Kantor

3. Ajak Menari Sambil Bernyanyi

Tips meningkatkan produktivitas anak yang berikutnya yaitu dengan mengajak anak menari sambil bernyanyi. Sebab aktivitas fisik adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan anak baik secara fisik maupun psikilogis. Bernyanyi dan menari adalah kegiatan yang disukai anak-anak, apalagi dilakukan dengan diriingi lagu-lagu riang.

4. Olahraga Bersama

Untuk meningkatkan produktivitas anak saat di rumah maka orang tua bisa mengajak buah hati mereka untuk berolahraga bersama. Pastikan anak-anak menyukai jenis olahraga yang akan dilakukan bersama sehingga mereka akan semakin bersemangat. Kebiasaan berolahraga secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus membuat anak-anak lebih produktif dan terhindar dari rasa malas.

5. Menghias Kue dan Memasak

Belajar tidak hanya di depan buku saja tetapi juga bisa berupa menghias kue atau memasak. Anda bisa mengajak buah hati untuk memasak atau menghias kue agar keterampilan mereka semakin terasah. Kegiatan ini tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas anak tetapi juga membantu orang tua mengetahui bakat anak dalam memasak atau berkreasi menghias kue.

6. Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai juga sangat disarankan untuk dilakukan oleh anak-anak saat di rumah. Sebab kegiatan tersebut bisa membantu para orang tua untuk mengetahui sifat-sifat anak yang selama ini mungkin belum diketahui. Selain itu, menggambar dan mewarnai membuat anak-anak lebih kreatif dan produktif untuk menghasilkan suatu karya yang mereka sukai.

Baca Juga: tips mendidik anak laki-laki

7. Membuat Kompetisi

Tips meningkatkan produktivitas anak bisa juga Anda lakukan dengan membuat kompetisi yang melibatkan orang tua dan anak. Tips ini bisa Anda terapkan untuk mengatasi kejenuhan yang bisa membuat anak menjadi tidak produktif.

Baca Juga  4 Pengertian Pendekatan BCCT Menurut Para Ahli

Adapun jenis kompetisi yang bisa Anda lakukan yaitu kompetisi menghias kue, kompetisi makan sayur, kompetisi menghafal angka atau hitungan dan sebagainya.

Berbagai tips meningkatkan produktivitas anak seperti di atas bisa menjadi solusi untuk mencegah anak-anak menjadi malas dan tidak disiplin saat di rumah. Ketika anak-anak menunjukan perubahan menjadi lebih produktif maka jangan lupa memberikan penghargaan agar mereka semakin bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas selama di rumah.