7 Tips Mendidik Anak Laki-Laki Agar Berkembang Dengan Baik

By | Desember 31, 2020

Memiliki seorang anak menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, sama seperti dengan mempunyai anak laki-laki. Sebagia orang tua yang mempunyai anak laki-laki tentunya merasa sangat senang sekaligus bangga karena mereka mempunya anak yang nantinya bisa bertanggung jawab serta memiliki jiwa kepemimpinan dimasa depan.

mendidik anak laki-laki
mendidik anak laki-laki via thenewageparents.com

Berikut ini beberapa tips mendidik anak laki-laki agar berkembang dengan baik.

1. Membiakan dia untuk mengakui kesalahannya

Tips mendidik anak laki-laki yang pertama adalah membiasakan mereka untuk mengakui setiap kesalahan yang mungkin ia perbuat. Sedari dini sebaiknya orang tua mengajarkan untuk selalu mengakui setiap perbuatan yang dilakukan, bahkan jika itu sebuah kesalahan.

Dengan demikian ia akan terbiasa ketika sudah dewasa. Apabila ia mengaku bersalah serta minta maaf, ajarkan pada mereka untuk tidak mengulanginya lagi kedepannya.

Baca Juga: Keterampilan modern untuk anak di jaman sekarang

2. Jangan melibatkan kekerasan

Sebagian orang tua biasanya tidak segan untuk mencubit sang anak atau bakan memukul mereka apabila anka tersebut melakukan kesalahan atau nakal. Sebaiknya sedari sekarang Anda tidak melakukan hal itu, usahakan untuk tidak melibatkan kekerasan pada anak walaupun mereka bersalah.

Hal tersebut dapat mengakibatkan sang anak menjadi trauma di masa depan. Apabila sang buah hati nakal Anda bisa memarahinya atau memberikan nasehat dengan tegas agar sang anak kelak tidak akan berani untuk mengulangi hal tersebut.

3. Ajari anak untuk mengambil keputusan

Seorang pemimpin diharuskan untuk mengambil keputuasan, hal ini pun berlaku bagi Anda laki-laki yang merupakan calon pemimpin dalam rumah tangga mereka atau mungkin dalam jabatan mereka nantinya. Anda bisa mengajarkan kepada sang anak sedari kecil untuk mengambul keputusan dengan bijak.

Baca Juga  16 Kegiatan Sederhana Untuk Melatih Motorik Kasar Pada Anak

Tidak perlu dengan contoh yang besar untuk mendidik anak laki-laki dengan baik, Anda bisa mengajarinya untuk mengambil keputusan sejak kecil misalnya mengenai menu makanan yang sebaiknya dimakan untuk besok.

4. Menghargai pendapat mereka

Tips mendidik anak laki-laki berikutnya adalah dengan menghargai pendapat sang buah hati. Misalny saja jika ia lebih suka untuk mengikuti ekstra renang dari pada basket, maka Anda harus menghargai pilihan mereka meskipun dalam diri Anda tidak begitu suka. Anda harus tetap menghargai pilihan mereka selama hal tersebut positif.

5. Ajari untuk mengalah

Menjadi seorang pemipin tidak boleh bersikap egois dan mementingkan diri sendiri. Ajari sang anak untuk bisa mengalah dan mendahulukan kepentingan orang lain yang mungkin sedang butuh. Contohnya saat ia bermain dengan sang adik, Anda bisa mengajarkan kepada mereka untuk mengalah dan membiarkan adiknya meminjam barangnya.

6. Ajari anak laki-laki untuk hormat dan sayang pada ibunya

Seorang pemimpin terlebih seorang pria harus menghormati dan menghargai kaum hawa. Sedari kecil usahakan untuk mengajari anak untuk menyayangi dan menghormati sang ibu. Beritahu pada mereka jika sang ibu telah mengandung dan membesarkannya sampai sekarang.

Baca Juga: cara menemukan passion anak

7. Ajari anak untuk tidak menunda waktu

Tips mendidik anak laki-laki berikutnya adalah dengan mengajari mereka supaya tidak menunda-nunda wakti. Seorang pemimpin yang baik tentunya tidak akan pernah menunda waktu untuk mengerjakan sesuatu.

Anda bisa mengajarkan kepada sang anak untuk segera mengerjakan PR apabila ada tugas dari sekolah. Jangan pernah membiarkan mereka untuk menundanya dengan alasan seperti main game atau lainnya. Ajarkan pada mereka untuk melakukan hal-hal yang lebih penting dahulu baru setelah itu boleh bersenang-senang.

Baca Juga  Kajian Teori: 9 Pengertian Metode Role Playing Menurut Ahli

Demikian 7 tips mendidik anak laki-laki agar berkembang dengan baik. Seorang anak laki-laki setidaknya akan menjadi seorang pemimpin dalam rumah tangga mereka, oleh sebab itu ajarkan mereka untuk menjadi pemimpin yang baik bagi kehidupan mereka kelak.