7 Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Berkembang Dengan Baik

By | Desember 30, 2020

Mendapatkan anugerah momongan baik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan tentunya akan sama-sama membanggakan sekaligus membahagiakan. Hanya saja, jika kita memiliki anak perempuan dibutuhkan strategi tersendiri dalam mendampingi tumbuh kembang mereka. Agar sang buah hati dapat tumbuh menjadi seorang wanita dewasa yang berkepribadian baik dan tangguh.

mendidik anak perempuan
mendidik anak perempuan via smartparents.sg

Berikut tips mendidik anak perempuan untuk dijadikan referensi:

1. Menunjukkan kasih sayang

Semua orang tua tentunya akan selalu menyayangi buah hati mereka, namun mengekspresikan rasa sayang tersebut kepada buah hati juga sangat penting agar mereka bisa mengetahuinya. Oleh sebab itu, jangan enggan untuk mencium, memeluk dan membuka percakapan akrab dengan sang anak.

Baca Juga: cara mengembangkan motorik halus anak

2. Menanamkan pendidikan agama dan moral sedari dini

Bekal agama dan juga moral yan ditanamkan sejak dini bisa menumbuhkan kesadaran untuk bertingkah laku dengan benar. Untuk menanamkan kedua unsur penting tersebut bisa dengan membiasakan mereka untuk berdoa saat mereka menginjak umur 2 tahun atau sebelumnya.

Saat sudah bertambah usia, anda bisa mengajarkan ilmu lain misalnya mengajarkan ibadah, cara bersikap dan berhubungan baik dengan orang lain sebagai tips mendidik anak perempuan yang baik.

3. Menjadi panutan untuk anak

Anak merupakan peniru yang baik, oleh sebab itu pastikan bahwa mereka memperoleh teladan yang sempurna dari orang tua. Bagaimana cara untuk bertingkah laku dengan baik, bersikap, cara memperlakukan orang, hingga penampilan sehari-hari.Usahakan agar sang buah hati selalu melihat sisi baik anda karena anda adalah panutan bagi mereka.

4. Menempatkan buah hati pada lingkungan yang baik

Ketika memilih sekolah, ekstrakurikuler ataupun lembaga bimbel sebaiknya orang tua harus selektif. Hal ini bertujuan agar putri anda bisa berada dalam lingkungan yang memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhannya. Sekolah yang direkomendasikan misalnya sekolah dengan basis agama yang bagus serta guru-guru yang profesional.

Baca Juga  20 Permainan Sederhana Untuk Melatih Motorik Halus Anak

5. Memonitor pergaulan sang buah hati

Tips mendidik anak perempuan berikutnya adalah dengan memonitor pergaulan mereka. Paling tidak sebaiknya anda mengenal teman-teman mereka khususnya yang terdekat beserta orang tuanya. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk memberikan masukan tentang pergaulan bersama lawan jenis.

Cara mendidik anak perempuan yang menginjak remaja harus dilakukan secara matang dan smart untuk mencegah adanya konflik yang bisa merenggangkan hubungan orang tua dengan buah hati.

Mungkin kita sering mendengar kasus-kasus mengenai kenakalan remaja karena terpengaruh oleh pergaulan yang tidak sehat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kita harus mengawasi pergaulan sang buah hari untuk menjadi sebuah langkah antisipasi terbaik.

6. Membangun sikap percaya diri

Setiap manusia dianugerahi oleh bakat serta kemampuan yang berbeda. Sebagai orang tua kita perlu mendukung potensi yang dimiliki oleh anak secara maksimal. Misalnya saja putri anda sejak kecil menunjukkan ketertarikan dalam bidang musik.

Akan lebih baik jika anda terus mengasah bakat tersebut dengan mendaftarkannya untuk mengikuti kursus vocal ataupun bermasin musik. Memiliki bakat yang tidak dimiliki oleh teman seusianya bisa membantu membangun kepercayaan diri sang buah hati.

Baca Juga: Cara mengembangkan motorik kasar anak

7. Membentuk menjadi pribadi yang mandiri

Tips mendidik anak perempuan selanjutnya adalah membentuknya supaya menjadi pribadi mandiri karena pada umumnya sifat seorang perempuan lebih manja dan mengandalkan orang lain. Salah satu contoh strategi yang bisa anda coba adalah mengajarkan pada mereka mengenai tanggung jawab sedari dini dengan memberikan tugas rumah berdasarkan usia mereka.

Selain itu, anda juga bisa membiasakan anak untuk mengurus kebutuhan mereka sendiri seperti pakaian, mandi, makan, dan mempersiapkan keperluan sekolah.

Baca Juga  6 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Agar Tegak dan Percaya Diri

Nah itulah 7 tips mendidik anak perempuan agar berkembang dengan baik. Memiliki anak perempuan tentunya identik dengan kelembutan dan kasih sayang. Ajarkan hal yang baik pada mereka sehingga sang buah hati dapat tumbuh dewasa dengan kepribadian yang sempurna.