7 Pengalaman Menyenangkan Menjadi Guru SLB yang Tidak Ditemui di Profesi Lain

By | Desember 9, 2018

Terkadang banyakorang yang tidak mau mengambil kesempatan menjadi seorang guru SLB. Bisadikatakan kalau guru SLB merupakan pilihan profesi ketiga. Padahal, ada banyakhal yang bisa Anda dapatkan jika menjadi guru anak kebutuhan khusus lho!

Ilustrasi Guru SLB sedang mengajar di kelas via therapiastaffing.com

Yuk,simak 7 pengalaman menjadi guru sekolah khusus yang tidak akan Anda temukan diprofesi lain berikut.

1. Memiliki rasa syukur

Ya, pilihan mengabdi sebagai seorang guru SLB merupakan contoh pengabdianpada pendidikan yang patut diapresiasi. Setidaknya mengajar ABK akan membantuAnda memiliki rasa syukur yang tinggi. Nikmat Tuhan mana yang hendakdidustakan?

2. Menjadi pribadi yang lebih sabar

ABK terkadang kesulitan mengontrol emosi karena belum memahamiperbuatan salah dan benar. Seorang guru sekolah khusus biasanya melakukanpendekatan dan pengertian. Sikap yang ekstra sabar ini bisa memberikan dampakpositif bagi kehidupan sang guru. Dalam hal apapun, sang guru tentu mampumengontrol emosi dengan baik dibanding orang lain.

3. Memiliki keyakinan saat orang lain diliputi keraguan

Pengalaman seru menjadi seorang guru sekolah khusus adalah Andabakal menjadi pribadi yang lebih baik. Anda memiliki keyakinan untuk menjadikananak-anak memiliki keterampilan yang berguna. Menjadi seorang guru sekolahkhusus mengajarkan pada diri sendiri tentang makna peduli dan berbagi atasdasar kemanusiaan.

4. Memiliki semangat juang tinggi

Tidak ada seorang guru SLB yang menyerah dan memupuskan harapananak-anak. Guru di sekolah khusus memiliki semangat tinggi mengenalkan apa sajapada ABK. Tekad dan niat tulus membuat para guru ini berani mengambil risikodan siap melibas tantangan apa saja. Tantangan mengajar anak kebutuhan khususjelas lebih besar, bukan?

5. Menemukan keunikan pada masing-masing orang

Tuhan tidak menciptakan makhluk yang memiliki kekurangan saja.Dibalik kekurangan, setiap orang memiliki kelebihan tersendiri. Hal itu pulayang akan dirasakan seorang guru sekolah khusus. Anda akan menemukan kebesaranTuhan pada setiap anak yang memiliki bakat atau minat tertentu dibalikkekurangan fisik mereka. Mendampingi ABK sampai menciptakan prestasi gemilanjelas kepuasan hati tersendiri.

Baca Juga  RPP ABK Tunadaksa SMPLB Tema Tata Surya Kelas VIII (8) di SLB

6. Mampu merangkap banyak tugas

Tak hanya mengajar saja, seorang guru SLB adalah motivator ulung,konsultan dan pembimbing yang akan berjuang membantu anak-anak kebutuhan khususmandiri. Mulia sekali, bukan?

7. Memiliki sikap kemanusiaan yang jauh lebih tinggi

Seorang guru kebutuhan khusus mengajar karena memiliki panggilanhati bukan sekadar gaji semata. Bahkan, banyak sekali guru SLB yang masihhonorer tetapi mereka memiliki tekad kuat untuk mengajar. Panggilan hati iniyang memberikan rasa cinta sehingga guru tidak pernah lelah memberikanpendidikan layak untuk ABK yang memiliki kesempatan khusus sama seperti anaknormal lain. Ingin memiliki jiwa yang bersih dan peduli terhadap orang lain?Cobalah menjadi seorang guru di sekolah khusus.

     Pengalamanseru menjadi seorang guru SLB di atas bisa menjadi bahan referensi dan renunganuntuk semua orang. Sebuah profesi yang akan mengajarkan rasa simpati, pedulidan bersyukur.

2 thoughts on “7 Pengalaman Menyenangkan Menjadi Guru SLB yang Tidak Ditemui di Profesi Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *