5 Penyebab Tidak Lulus Seleksi PPPK Guru: No 4 Sering Terjadi

By | Oktober 22, 2021

Beberapa penyebab tidak lulus seleksi PPPK guru berikut ini sering terjadi sehingga harus memupus harapan seseorang untuk meraih mimpi menjadi guru ASN. Oleh karena itu jangan sampai hal tersebut terjadi pada anda yang sedang mempersipkan diri. Memang apa saja sih yang menjadi penyebabnya? Untuk lebih tahu silahkan simak pada artikel ini.

Penyebab Tidak Lulus Ujian Seleksi PPPK Guru

Penyebab Tidak Lulus Seleksi PPPK Guru
ilustrasi guru ASN via tirto.id

1. Terlambat datang ke lokasi ujian

Pada kasus yang pertama adalah peserta terlambat memasuki atau datang ke tempat ujian. Hal ini terjadi karena berbagai hal misalnya saja terlambat bangun, tidak jeli dalam melihat jadwal ujian, hingga kendala di perjalanan seperti ban bocor. Oleh sebab itu perlu adanya persiapan yang matang dan datang lebih awal dari jam dimulainya ujian.

2. Pakaian tidak sesuai peraturan

Dalam pelaksanaan ujian seleksi sudah diatur sedemikian rupa untuk kepentingan bersama. Salah satu yang diatur adalah dalam hal berpakain. Kita wajib mengikuti ketentuan yang ada dan jangan sampai memiliki inisiatif sendiri atau membuat aturan sendiri. Konsekuensi bagi anda yang tidak mengenakan pakaian yang sesuai bisa tidak diijinkan masuk ke ruang ujian.

3. Lupa membawa salah satu dokumen

Penyebab tidak lulus seleksi PPPK guru yang sering terjadi adalah lupa membawa salah satu dokumen saat ujian. Kasus ini pernah terjadi pada teman penulis belum lama ini, karena dia tidak membawa dokumen fisik secara lengkap sehingga tidak bisa mengikuti ujian. Terlebih saat pandemi ada tambahan dokumen yang harus dibawa.

Baca Juga: Tips Lulus Seleksi PPPK Guru

4. Tidak memenuhi PG terutama dalam soal ujian teknis

Dalam seleksi PPPK guru tahun ini banyak yang tidak lulus pada ujian teknis atau bidang. Hal ini juga terjadi pada teman penulis yang lain dimana ia tidak memenuhi PG yang ditentukan. Sehingga ia harus mengulang lagi mendaftar gelombang berikutnya. Oleh karena itu perlu persiapan sungguh-sungguh dengan cara belajar dan berlatih soal.

Baca Juga  4 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Ahli

5. Manajemen waktu yang buruk saat mengerjakan ujian

Ketika mengerjakan soal ujian pastikan mengerjakan dengan efektif dan efisien. Bila mengerjakan dengan manajemen waktu yang buruk bisa jadi akan banyak soal-soal yang belum terjawab karena kehabisan waktu. Kalau sudah begitu pastinya kita akan menyesal dikemudian hari karena membuang-buang waktu.

Demikian tadi beberapa penyebab tidak lulus seleksi semoga bisa menambah referensi anda agar bisa lebih percaya diri dalam menghadapi ujian. Semoga apa yang menjadi cita-cita anda terwujud…amin.